Health

Ini Dia Manfaat Obat Domparidone Maleate, Dosis, dan Efek Sampingnya

Domperidone Maleate merupakan obat untuk meredakan gejala mual dan muntah. Obat ini bekerja mempercepat gerakan saluran pencernaan sehingga mual dan muntah dapat diminimalisir. Sebelum Anda menggunakan obat ini, kenali terlebih dahulu manfaat, dosis, dan efek samping yang ditimbulkan agar Anda tidak salah mengonsumsi.

Manfaat Obat Domperidone Maleate

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, obat ini bermanfaat untuk meredakan mual dan muntah. Domperidone juga bisa digunakan untuk mengatasi gangguan gerakan saluran pencernaan, yakni gastroparesis. Selain itu, obat ini juga biasanya dimanfaatkan untuk merangsang produksi ASI pada ibu hamil.

Pada beberapa kasus, Domparidone Maleate juga bisa digunakan untuk mengobati gejala penyakit parkinson. Parkinson merupakan gangguan progresif pada sistem saraf yang bisa memengaruhi kemampuan motorik seseorang. Misalnya, tangan terasa tremor kecil, otot kaku, dan lainnya.

Aturan Minum Obat Domperidone Maleate

Dosis dan aturan minum obat ini cukup beragam, bergantung pada kondisi yang ingin ditangani. Anda diharapkan selalu berkonsultasi kepada dokter Anda terlebih dahulu sebelum mengonsumsi obat ini. Dokter pribadi biasanya memiliki catatan tentang kondisi kesehatan pasiennya sehingga dapat menentukan dosis yang tepat berdasarkan kondisi setiap pasien. Secara umum, aturan pakai obat ini, yaitu:

1. Kondisi mual dan muntah biasa

  • Anak-anak ≤ 12 tahun atau dengan berat badan < 35 kg: dosisnya 250 mcg untuk 3 kali sehari. Dosis maksimal 750 mcg/kg berat badan.
  • Dewasa: 10 mg untuk 3 kali sehari

2. Kondisi mual dan muntah akibat radioterapi atau kemoterapi

  • Anak-anak: 0,2-0,4 mg/kgBB setiap 4-8 jam sekali dalam sehari

3. Kondisi untuk merangsang produksi ASI

  • Dosis awal yang bisa digunakan: 10 mg 3 kali sehari. Jika hasilnya belum optimal dalam kurun waktu 7 hari dapat dinaikkan menjadi 20 mg, 3 kali sehari.

Tips Mengonsumsi Domperidone

  1. Pastikan mengonsumsi Domperiodone Maleate sesuai dengan dosis yang dianjurkan oleh dokter. Jangan konsumsi obat ini melebihi dari apa yang diresepkan.
  2. Konsumsi obat ini 30 menit sebelum makan atau sebelum tidur.
  3. Jika mengonsumsi Domparidone dalam bentuk sirup, pastikan Anda menggunakan sendok takar yang telah disediakan, bukan dengan sendok makan biasa.
  4. Jika gejala mual atau muntah tidak kunjung mereda, segera konsultasikan pada dokter untuk penanganan lebih lanjut.

Efek Samping Domparidone Maleate

Sama seperti obat lainnya, obat Domparidone Maleate juga memiliki efek samping yang bisa dirasakan oleh beberapa orang, di antaranya yaitu:

  1. Mulut kering
  2. Nyeri pada payudara
  3. Bocor air susu dari payudara
  4. Mata merah
  5. Sakit kepala
  6. Pembengkakan payudara pada pria (ginekomastia)
  7. Gangguan menstruasi pada wanita (amenorea)
  8. Retensi urine

Selain beberapa efek samping di atas, ada pula beberapa efek lain yang jarang terjadi, tetapi pernah dialami oleh beberapa orang, yakni:

  1. Sulit bicara
  2. Diare
  3. Kram perut atau kram kaki
  4. Gelisah
  5. Sulit buang air kecil
  6. Mudah lelah
  7. Jantung berdebar
  8. Gugup
  9. Hilang keseimbangan
  10. Pingsan

Kontraindikasi Domparidone

Pada beberapa pasien dengan penyakit tertentu tidak disarankan mengonsumsi Domparidone. Beberapa kondisi penyakit tersebut yakni:

  1. Penyakit jantung
  2. Gangguan hati level sedang hingga berat
  3. Tumor hipofisis pelepas prolaktin
  4. Perdarahan saluran pencernaan
  5. Gangguan elektrolit

Itulah uraian lengkap tentang Domparidone Maleate yang kami rangkum untuk Anda. Pada dasarnya, obat ini merupakan obat keras yang memerlukan resep dokter. Jadi, berhati-hatilah dalam mengonsumsinya dan apabila terjadi efek samping yang tidak diinginkan dari penggunaan tersebut segera hubungi dokter terdekat.