Health

Perhatikan! Ini Sayuran yang Tidak Boleh Dimakan Penderita Asam Urat

By Admin |

Saat seseorang memiliki penyakit tertentu, menjaga makanan yang dikonsumsi dan masuk ke dalam tubuh merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan agar kondisi kesehatan yang dimiliki menjadi lebih baik atau bisa sembuh dan kembali ke kondisi yang lebih sehat. Termasuk juga bagi yang mengidap penyakit asam urat agar bisa menjaga konsumsi makanan dengan lebih baik dan menghindari berbagai jenis makanan yang bisa memicu kambuhnya dan bisa membuat siapa saja merasa tidak nyaman serta sakit. Simak apa saja daftar dari sayuran yang tidak boleh dimakan penderita asam urat agar bisa dihindari dengan efektif seperti yang akan dijelaskan artikel di bawah ini.

1. Sayur Bayam

Salah satu dari sayuran yang tidak boleh dimakan penderita asam urat yaitu sayur bayam dan cukup sudah banyak diketahui bahwa bayam sendiri menjadi pantangan karena memiliki kandungan vitamin C, beta karoten, luteins, dan flavonoid yang cukup tinggi di dalamnya. Kandungan yang membuat bayam sendiri menjadi bagian dari sayuran yang menjadi pantangan untuk para penderita asam urat yaitu berkaitan dengan kandungan purin yang ada di dalamnya. Bahkan, untuk 100 gram dari sayur bayam sendiri sudah ada kandungan sebanyak 57 gram dari purin  sehingga bukan menjadi sebuah hal yang baru lagi bahwa sayuran ini tidak direkomendasikan bagi penderita asam urat.

2. Sayur Asparagus

Bagian yang kedua dari sayuran yang tidak boleh dimakan penderita asam urat yaitu dengan asparagus karena di dalamnya yang mengandung bahan seperti folat dan kalsium yang tergolong cukup tinggi jika dibandingkan dengan jenis sayuran yang lainnya. Tidak hanya itu, asparagus sendiri sama seperti bayam yaitu bahwa di dalamnya juga mengandung purin yang bahkan untuk 100 gram dari asparagus sendi, terdapat 23 gram dari kandungan purin yang ada. Maka dari itu, akan lebih baik bagi para pengidap dari asam urat untuk menghindari konsumsi dari asparagus agar nantinya penyakit ini tidak akan kambuh atau membuat sendi tubuh terasa lebih sakit.

3. Sayur Brokoli

Untuk sayuran yang tidak boleh dimakan penderita asam urat yang ketiga yaitu terdapat brokoli yang juga akan lebih baik untuk tidak dikonsumsi karena kandungan di dalamnya yang kurang baik bagi pengidap dari penyakit ini. Pada dasarnya, kandungan yang dimiliki oleh brokoli sendiri terhadap purin tidak terlalu tinggi sehingga tergolong aman, akan tetapi besar atau banyaknya dari jumlah brokoli yang dikonsumsi juga perlu untuk diperhatikan dengan baik agar tidak berlebihan. Jika konsumsi yang dilakukan terlalu banyak, tentunya hal ini tidak menutup kemungkinan yang ada bahwa bisa saja asam urat yang dimiliki akan kembali kambuh dan membuat pengidapnya merasa kesakitan.

4. Sayur Kembang Kol

Selanjutnya dari sayuran yang tidak boleh dimakan penderita asam urat yang perlu untuk diperhatikan konsumsinya yaitu ada kembang kol yang didalamnya memiliki kandungan purin yang masih tergolong cukup tinggi. Bahkan, purin yang ada di dalam setiap 100 gram dari kembang kol sendiri mencapai 51 gram yang  bisa dikatakan cukup berbahaya dan kurang baik untuk dikonsumsi bagi yang mengidap penyakit asam urat itu sendiri. Namun, hal ini tidak perlu untuk menjadi sebuah hal yang dikhawatirkan karena pengidap dari asam urat masih bisa untuk mengkonsumsi jenis sayuran lainnya yang tidak memiliki kandungan purin yang tinggi dan aman untuk tubuh.

Share

Trending Article

Mengenai Nutrisi Whey Protein, Manfaat & Efek Samping untuk Kesehatan Tubuh

Mengenal Perbedaan Kasein dan Whey Protein untuk Kesehatan Otot

Apa Itu Bulking? Ini Definisi, Manfaat dan Cara Bulking yang Tepat

Apa Itu Cutting? Ini Penjelasan Pola Latihan Cutting dan Rekomendasi Suplemennya

Suplemen Pembentuk Otot: Jenis, Tips & Rekomendasi Suplemen Terbaik

Suplemen Gym: Jenis, Manfaat, & Rekomendasi Suplemen Terbaik

Article Category