Health

Inilah Penyebab dan Cara Mengatasi Sakit Perut Sebelah Kiri Dekat Pinggang

Sakit perut merupakan kondisi yang cukup sering terjadi, biasanya terjadi karena Anda mengonsumsi jenis makanan tertentu, seperti makanan yang terlalu asam atau terlalu pedas. Namun, terkadang sakit perut juga bisa terjadi karena disebabkan oleh faktor lain, bukan karena jenis makanan yang dikonsumsi, lalu apakah penyebabnya? Berikut penjelasan lebih lengkapnya.

Sakit Perut Sebelah Kiri

Terkadang, perut yang terasa sakit hanya terjadi di bagian-bagian tertentu saja, yang paling sering adalah sakit perut di bagian sebelah kiri bawah dekat pinggang. Pada umumnya, sakit perut yang terjadi di sebelah kiri berhubungan dengan saluran pencernaan. Hal tersebut terjadi karena pada perut sebelah kiri terletak usus besar.

Sakit perut sebelah kiri dekat pinggang biasanya terjadi karena Anda ingin buang air besar, selain itu, rasa nyeri yang muncul juga bisa ditimbulkan oleh gangguan saluran pencernaan seperti perut kembung, keracunan makanan, radang usus, obstruksi usus, dan dispepsia.

Akan tetapi pada perut sebelah kiri tidak hanya usus besar saja, pada perut perempuan sebelah kiri juga terletak ovarium yang berhubungan dengan sistem reproduksi, jadi jika terasa sakit bisa juga penyebabnya adalah pre menstrual syndrome (PMS), endomeyrosisi dan lainnya. Rasa sakit pada perut sebelah kiri juga bisa terjadi karena ada gangguan saluran kemih, penyebab rasa sakit ini bisa karena infeksi ginjal, sistitis, dan batu kandungan kemih.

Jika rasa sakit pada perut yang Anda rasakan cukup ringan, Anda tidak perlu khawatir, karena rasa sakit tersebut bisa hilang sendiri setelah satu atau dua hari. Akan tetapi, jika rasa sakit pada perut tidak tertahankan dan terjadi dalam waktu yang lama (lebih dari dua hari) sebaiknya Anda periksakan ke dokter untuk dievaluasi lebih lanjut karena khawatir ada gangguan berbahaya yang jika dibiarkan bisa berakibat fatal.

Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan lainnya jika diperlukan, seperti pemeriksaan darah, pemeriksaan urin, USG perut, pemeriksaan fungsi ginjal, dan jika diperlukan bisa juga dilakukan pemeriksaan Ct Scan.

Perawatan Sakit Perut Ringan

Sakit perut yang masih terasa ringan memang tidak seharusnya menimbulkan kekhawatiran berlebih, Anda bisa menanganinya secara mandiri di rumah. Beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk meringankan rasa sakit tersebut diantaranya adalah kompres dengan air hangat pada bagian perut yang paling terasa sakit, jangan suka menahan buang air karena perut Anda tidak akan terasa nyaman.

Selain itu, Anda juga bisa memperbanyak minum air putih, jangan sampai dehidrasi karena kekurangan minum air putih juga tidak baik, lebih rajin berolahraga, makan sedikit-sedikit tapi sering, jangan makan porsi banyak dalam sekali waktu, gunakan celana dan alas kaki yang nyaman dikenakan saat beraktivitas sehari-hari, batasi mengangkat benda yang terlalu berat, dan yang paling penting adalah Anda jangan terlalu panik.

Jika memang diperlukan untuk meminum obat, Anda bisa mengonsumsi paracetamol untuk mengatasi rasa nyeri yang timbul. Akan tetapi, jika rasa sakit perut ringan terjadi karena gangguan pada sistem pencernaan, lebih baik konsumsi obat dari Natural Farm seperti Natural Factor, Kyolic, dan Kyolic Kyo-Dophilicus Multi 9. Ketiga obat tersebut dari bahan alami dan sangat berguna untuk mengatasi rasa sakit yang terjadi karena gangguan pencernaan seperti kembung, kram perut, diare, dan sembelit.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda lakukan untuk mengatasi sakit perut sebelah kiri dekat pinggang baik yang menimbulkan rasa sakit ringan maupun rasa sakit yang tidak tertahankan. Tetap jaga kesehatan tubuh Anda.