Lifestyle

Jangan Asal Makan! Ketahui Buah untuk Penderita Diabetes yang Boleh dan Tidak Boleh Dimakan

By Admin |

Penderita diabetes harus lebih selektif dalam memilih makanan yang akan dikonsumsi, salah satunya adalah buah-buahan. Meskipun buah itu menyehatkan, tidak semua buah dapat dikonsumsi oleh penderita diabetes karena memiliki kadar gula yang tinggi. Berikut ini terdapat buah untuk penderita diabetes yang boleh dikonsumsi dan yang tidak boleh dikonsumsi.

Buah yang Boleh Dikonsumsi oleh Penderita Diabetes

1. Apel

Apel mengandung indeks glikemik rendah yang dapat mencegah peningkatan gula darah secara signifikan. Buah ini juga mengandung banyak nutrisi, seperti vitamin C, vitamin A, serat, dan zat besi. 

Kandungan serat pada buah apel ini dapat membuat Anda kenyang lebih lama, sehingga dapat memperlambat penyerapan gula ke dalam aliran darah. Sedikit saran, sebaiknya makanlah buah apel beserta kulitnya karena kulit apel mengandung banyak antioksidan.

2. Jambu biji

Salah satu jenis buah untuk penderita diabetes selanjutnya ialah jambu biji. Selain dapat menurunkan tekanan darah dan kolestrol, buah jambu juga mengandung banyak antioksidan serta serat yang dapat menurunkan kadar gula dalam darah.

3. Alpukat

Mungkin banyak orang mengira, buah alpukat justru dilarang untuk penderita diabetes karena kandungan lemaknya yang cukup tinggi. Namun, realitasnya buah ini justru dapat menciptakan rasa kenyang lebih lama serta mampu meningkatkan kinerja hormon insulin. 

Anda juga tidak perlu khawatir karena lemak dalam buah alpukat ini adalah lemak tak jenuh yang bagus untuk mengontrol gula darah.

4. Mangga

Mangga juga menjadi buah untuk penderita diabetes selanjutnya yang dapat Anda konsumsi. Buah ini kaya akan vitamin C dan vitamin A yang sangat baik untuk menjaga kekebalan tubuh penderita diabetes. Senyawa mangiferin di dalamnya juga dapat mengurangi kadar gula darah Anda.

5. Stroberi

Buah stroberi dapat menjadi buah pilihan yang aman dikonsumsi oleh penderita diabetes. Dalam satu cup stroberi hanya mengandung 46 kalori dan serat sebanyak 3 gram, sehingga dapat menjaga kadar gula darah tetap stabil.

Buah yang Dilarang Penderita Diabetes

1. Semangka

Buah yang memiliki kandungan air dan elektrolit tinggi ini menjadi salah satu pantangan bagi penderita diabetes. Sebab, dalam 100 gram semangka, mengandung indeks glikemik yang cukup tinggi yakni mencapai angka 72. Jadi, sebaiknya konsumsi semangka satu sampai dua potong ukuran sedang jika ingin memakannya.

2. Pisang

Pantangan buah untuk penderita diabetes selanjutnya ialah pisang. Pisang yang mengandung 23gram karbohidrat sebenarnya masih aman dimakan oleh penderita diabetes. Namun, jika memakannya dalam jumlah besar atau dalam frekuensi waktu yang cukup sering, maka dapat meningkatkan gula darah dalam tubuh. Jadi, sebaiknya konsumsi pisang setengah potong saja setiap Anda memakannya.

3. Buah tin

Buah tin menjadi pantangan bagi penderita diabetes karena memiliki kadar karbohidrat dan gula yang cukup tinggi. Setiap 100 gram buah tin mengandung 16,26 gram gula serta 19,18 gram karbohidrat. Jumlah ini tentu bukan jumlah yang sedikit, dan apabila dikonsumsi dalam jumlah banyak dapat meningkatkan kadar gula darah Anda.

4. Ceri

Buah kecil dan manis ini juga tidak boleh dikonsumsi terlalu banyak oleh penderita diabetes. Konsumsi buah untuk penderita diabetes ini harus dibatasi, karena dalam 100 gram buah ceri mengandung kadar gula 12,8 gram serta karbohidrat sebanyak 16 gram.

Itulah daftar buah untuk penderita diabetes yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan. Sedikit saran, usahakan jangan mengolah buah tersebut menjadi jus karena bisa menghancurkan struktur serat yang mengakibatkan gula darah melonjak dengan cepat.

Photo by Pixabay silviarita

Share

Trending Article

Mengenai Nutrisi Whey Protein, Manfaat & Efek Samping untuk Kesehatan Tubuh

Mengenal Perbedaan Kasein dan Whey Protein untuk Kesehatan Otot

Apa Itu Bulking? Ini Definisi, Manfaat dan Cara Bulking yang Tepat

Apa Itu Cutting? Ini Penjelasan Pola Latihan Cutting dan Rekomendasi Suplemennya

Suplemen Pembentuk Otot: Jenis, Tips & Rekomendasi Suplemen Terbaik

Suplemen Gym: Jenis, Manfaat, & Rekomendasi Suplemen Terbaik

Article Category