Health

Jangan Gegabah! Ini Olahan Sayuran Yang Tidak Boleh Dimakan Penderita Kolesterol

By Erwin |

Sayuran adalah salah satu sumber gizi yang bagus untuk tubuh. Namun, bagi penderita kolesterol ada beberapa sayuran yang tidak boleh dimakan penderita kolesterol. Untuk menjaga kadar kolesterol tetap rendah, ada baiknya anda menghindari beberapa olahan sayuran di bawah ini.

Sayuran yang pantang dikonsumsi penderita kolesterol

Kolesterol umumnya ditemukan pada produk-produk hewani. Buah, sayur mayur, biji-bijian, dan produk nabati lainnya tidak mengandung kadar kolesterol. Pengidap kolesterol tinggi biasanya akan direkomendasikan untuk mengonsumsi sayuran.

Lalu, mengapa ada sayuran yang tidak boleh dimakan penderita kolesterol? Apa yang dimaksud di sini adalah cara pengolahannya. Cara pengolahan sayur yang tidak tepat akan berpengaruh terhadap kadar kolesterol dalam tubuh.

Berikut ini olahan sayur yang tidak disarankan dikonsumsi oleh penderita kolesterol.

1. Sayur digoreng

Olahan sayuran yang digoreng menjadi penyebab utama naiknya kolesterol. Oleh sebab itu, anda sebaiknya menghindari olahan gorengan meskipun sayuran.

Contoh olahan sayuran goreng antara lain, kubis goreng, buncis goreng, kripik terong, keripik bayam, dan sebagainya. Meski memiliki rasa yang lezat, namun proses penggorengan dan tambahan tepung membuat sayuran memiliki kandungan lemak jenuh dan kolesterol yang tinggi.

Cara pengolahan sayur yang terbaik adalah dengan direbus, dikukus, atau dipanggang.

2. Sayuran dengan tambahan gula tinggi

Gula bisa menjadi penambah cita rasa dalam mengolah sayuran. Akan tetapi gula yang terlalu banyak pada olahan sayuran bisa menambah kadar kolesterol pada darah. Gula mengandung kalori. Hasilnya tubuh anda akan mengalami kenaikan berat badan, risiko diabetes, dan meningkatkan kadar kolesterol.

Saat mengonsumsi terlau banyak gula, organ hati akan memproduksi lebih banyak LDL. Zat tersebut adalah kolesterol jahat yang sebisa mungkin dihindari dalam darah.

Tingkat LDL yang tinggi akan menurunkan HDL (kolesterol baik). HDL berperan menarik LDL ke hati dan mengeluarkannya dari tubuh. HDL juga meminimalkan risiko penyakit jantung.

3. Makanan peningkat kolesterol lainnya

Selain cara pengolahannya, ada beberapa makanan yang sebaiknya dihindari oleh pengidap kolesterol. Karena makanan ini memiliki kadar kolesterol yang cukup tinggi.

Jeroan memiliki rasa yang lezat, kaya akan zat besi dan memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Namun, makanan ini adalah pantangan bagi pengidap kolesterol karena mengandung kadar kolesterol yang tinggi. Jadi, sebaiknya dihindari.

Daging olahan juga menjadi makanan yang harus dihindari sebab selain meningkatkan kadar kolesterol. Daging olahan juga meningkatkan risiko penyakit jantung. Sangat tidak disarankan untuk mengonsumsi daging olahan secara berlebihan.

Menjadi pengidap kolesterol bukan berarti anda harus menghindari olahan hewani seutuhnya. Anda bisa tetap mengonsumsinya dengan kadar dan cara pengolahan yang tepat. Selain itu, sayuran bisa menjadi alternatif karena sebenarnya tidak ada sayuran yang tidak boleh dimakan penderita kolesterol. Asalkan sayuran tersebut diolah dengan baik.

Share

Trending Article

Mengenai Nutrisi Whey Protein, Manfaat & Efek Samping untuk Kesehatan Tubuh

Mengenal Perbedaan Kasein dan Whey Protein untuk Kesehatan Otot

Apa Itu Bulking? Ini Definisi, Manfaat dan Cara Bulking yang Tepat

Apa Itu Cutting? Ini Penjelasan Pola Latihan Cutting dan Rekomendasi Suplemennya

Suplemen Pembentuk Otot: Jenis, Tips & Rekomendasi Suplemen Terbaik

Suplemen Gym: Jenis, Manfaat, & Rekomendasi Suplemen Terbaik

Article Category