Health

Berhubungan Intim Saat Hamil Bolehkah Dilakukan?

By Erwin |

Pasangan suami dan istri pada umumnya akan merasa sangat senang saat istrinya hamil. Namun, ada salah satu pertanyaan yang paling sering dilontarkan, seperti “apakah hamil muda boleh berhubungan?”

Salah satu yang dikhawatirkan ketika akan berhubungan intim dalam keadaan hamil muda bisa mengakibatkan keguguran. Lalu, apa efek yang bisa ditimbulkan ketika hamil muda berhubungan badan. 

Bolehkah Wanita Hamil Muda Berhubungan Intim?

Anda bukan satu-satunya pasangan yang akan bertanya tentang seks aman saat dimasa kehamilan. Menurut, ACOG (American College of Obstetricians and Gynecologists) pertanyaan tersebut memang umum ditanyakan ketika berada di masa kehamilan.

ACOG meyakinkan bahwa berhubungan intim selama di masa kehamilan itu cukup aman, kecuali bila dokter berkata yang sebaliknya. Namun, masih jarang dokter yang akan menyatakan seorang ibu hamil harus menghindari berhubungan badan ketika sedang hamil. 

Jika berada di kondisi tertentu memang bisa membantu untuk meningkatkan komplikasi bila tetap melakukan hubungan intim. Salah satunya, bila Anda memiliki masalah plasentra previa yang merupakan kondisi dimana plasenta sebagian maupun seluruhnya menutupi bagian serviks. 

Hal – hal yang Harus Diperhatikan Ketika Berhubungan Intim Saat Hamil Muda

Setelah Anda tahu tentang apakah hamil muda boleh berhubungan? Maka penting untuk tahu tentang beberapa hal yang harus diperhatikan saat akan berhubungan Intim ketika sedang dalam keadaan hamil muda, seperti:

1.Menciptakan suasana nyaman

Ibu yang sedang hamil muda umumnya akan memiliki gairah seks yang mengalami penurunan yang disebabkan oleh beberapa gejala serta perubahan yang terjadi ketika berada di trimester pertama. Oleh sebab itu, langkah awal yang harus dilakukan saat akan melakukan hubungan Intim adalah dengan menciptakan suasana nyaman. 

Pastikan kamar Anda memiliki suhu yang nyaman, terdapat alas yang nyaman untuk berbaring dan tidak ada aroma menyengat. Anda juga dapat menyalakan lilin aromaterapi maupun musik agar suasananya lebih terasa nyaman. 

2. Gunakan posisi yang aman 

Posisi seks memang akan mempunyai peranan penting saat berhubungan seks di usia kandungan yang masih muda. Hal tersebut karena ada janin dan juga perubahan tubuh selama masa kehamilan. Ibu yang sedang hamil dapat berhubungan Intim menggunakan posisi seks yang aman agar nantinya tidak terjadi efek hamil muda berhubungan intim yang fatal untuk janin maupun bayi. 

Contohnya, Anda dapat menggunakan posisi women on top atau berbaring menyamping. Hindari posisi yang nantinya bisa menekan perut ibu yang sedang hamil, contohnya pada posisi terlentang dan misionaris. 

3. Rileks di saat penetrasi

Supaya hubungan intim yang Anda lakukan saat hamil muda lebih terasa nyaman, maka jangan terburu-buru dan usahakan tetap rileks. Jika dibutuhkan bisa memakai pelumas vagina karena dapat membantu ibu hamil tidak merasa sakit saat penetrasi dilakukan. 

Jangan berhubungan intim bila mood memang sedang tidak baik. Tunggu hingga memiliki momen yang tepat baru menggunakan dua cara yang ada di atas. 

Terjawab sudah apakah hamil muda boleh berhubungan?. Walaupun boleh dilakukan dan cukup aman, tetapi sebaiknya Anda harus selalu berkonsultasi lebih dahulu dengan dokter kandungan. Jika nantinya terdapat keluhkan saat berhubungan intim, Anda tidak perlu panik dan cukup memeriksakannya ke dokter supaya bisa di tangani dengan tepat. 

Share

Trending Article

Mengenai Nutrisi Whey Protein, Manfaat & Efek Samping untuk Kesehatan Tubuh

Mengenal Perbedaan Kasein dan Whey Protein untuk Kesehatan Otot

Apa Itu Bulking? Ini Definisi, Manfaat dan Cara Bulking yang Tepat

Apa Itu Cutting? Ini Penjelasan Pola Latihan Cutting dan Rekomendasi Suplemennya

Suplemen Pembentuk Otot: Jenis, Tips & Rekomendasi Suplemen Terbaik

Suplemen Gym: Jenis, Manfaat, & Rekomendasi Suplemen Terbaik

Article Category