Health

Jangan Panik! Ini Alasan Test Pack Negatif Tapi Belum Haid

Kehamilan selalu ditunggu-tunggu oleh pasangan pengantin. Salah satu tkamu kehamilan yang mudah dikenali adalah telat haid. Tapi tak jarang terjadi Test Pack Negatif Tapi Belum Haid yang membuat calon ayah dan bunda menjadi harap-harap cemas. Pastinya akan terjadi kebingungan. Kira-kira apa penyebabnya apabila test pack negatif tapi bunda tidak kunjung haid. Daripada membuat spekulasi yang tidak pasti, berikut adalah penyebab-penyebab dari fenomena di atas:

Persentase hormon rendah

Apabila Kamu sedang menjalani program hamil, kabar baiknya mungkin saja Bunda sedang mengalami kehamilan. Hasil yang negatif dari test pack bukan menunjukkan hasil test pack tersebut palsu. 

Hal ini terjadi karena kadar hormon kehamilan, human chorionic gonadotropin (hCG) belum cukup tinggi sehingga tidak dapat terdeteksi oleh test pack. 

Bunda hanya perlu menunggu beberapa hari ke depan, lalu melakukan pengetesan ulang. Apabila Bunda telah mendapatkan hasil yang positif maka selamat, apabila hasil Test Pack Negatif Tapi Belum Haid, dianjurkan untuk berkonsultasi dengan bidan terdekat.

Kehamilan ektopik

Kehamilan ektopik adalah proses kehamilan yang terjadi di luar rahim. Fenomena kemungkinan terjadinya sangat kecil, namun bisa saja terjadi. Hasil test pack negatif yang Bunda pakai bisa jadi muncul karena hal ini.

Kehamilan ektopik terjadi apabila mengalami gejala di bawah ini:

  1. Sakit pada bagian bawah atau pada satu sisi
  2. Pusing atau sakit kepala yang tidak parah
  3. Bercak merah atau berdarah
  4. Mual dan muntah
  5. Stres meningkat

Apabila Bunda mengalami hal tersebut tetapi masih mendapatkan negatif, segera kunjungi bidan untuk mendapatkan bantuan medis. Ada beberapa faktor lain yang menyebabkan telatnya haid. Salah satunya adalah stres.

Stres berperan dalam siklus haid Bunda. Stres juga bisa berdampak kepada penurunan atau kenaikan berat badan berlebih. Apabila Bunda telah mengalami stres, silakan untuk bersikap lebih rileks dan mengubah gaya hidup.

Kondisi medis yang lain

Selain dua kondisi di atas, ada kondisi medis lain yang menyebabkan haid terlambat namun hasil test pack negatif. Misalnya seperti PCOS atau polycystic ovary syndrome yang membuat Bunda lebih banyak memproduksi hormon androgen layaknya laki-laki.

Kondisi lain yang bisa mempengaruhi adalah masalah tiroid yang membuat siklus haid perempuan menjadi tidak teratur. Beberapa perempuan mengalami periode haid yang ringan, beberapa yang lain merasa berat, sementara tidak sedikit perempuan yang melewatkan periode haid sama sekali.

Setelah Kamu menemukan gejala-gejala di atas tidak ada salahnya untuk mendukung program kehamilan dengan meminum suplemen seperti Nutriwell Folic Acid 60 Tablets yang mengandung vitamin B, Asam folat. Keduanya sangat diperlukan untuk menjaga bayi dalam kandungan.

Itu lah beberapa penyebab Test Pack Negatif Tapi Belum Haid. Beberapa faktor di atas bukan menjadi penyebab utama mengapa kamu mengalami telat haid. Sangat dianjurkan untuk menghubungi bantuan medis agar mendapatkan penanganan yang maksimal.