Health

Jangan salah Pilih, Ini Sarapan untuk Diet Pemula, yang Perlu Anda Ketahui

By Erwin |

Satu hal yang sebaiknya Anda para pemula lakukan, dalam menjalankan program diet, yaitu tetap melakukan sarapan. Jangan berpikir, bahwa seseorang yang sedang diet, sebaiknya menghindari sarapan. Justru yang sebaiknya dilakukan adalah mencari menu sarapan yang tidak mempunyai kandungan kalori tinggi. Berikut adalah beberapa rekomendasi sarapan untuk diet pemula, yang pastinya pas Anda coba konsumsi, seperti :   

1. Roti gandum

Menu pertama yang dapat Anda konsumsi, yaitu roti gandum. Termasuk salah satu menu yang sering dijadikan sebagai menu sarapan dan ternyata juga dapat Anda konsumsi, ketika menjalankan program diet.

Roti yang sebaiknya Anda pilih, yaitu roti gandum. Lantaran jenis roti yang satu ini, terbuat dari gandum utuh, serta mengandung serat yang dapat membuat perut Anda kenyang lebih lama.

Anda dapat membuatnya jadi roti lapis, dengan menambahkan beberapa jenis isian, seperti daging sapi, daging ayam, telur, atau bisa juga menambahkan selai kacang. Menambah isian sayuran, seperti tomat atau selada, tentu dapat Anda coba gunakan, agar memperbanyak serat yang diperoleh kelak.    

2. Telur

Selain roti, jenis sarapan praktis lain yang juga dapat Anda konsumsi ketika sedang diet, yaitu telur. Anda dapat membuatnya menjadi telur rebus, telur orak arik, omelet, telur mata sapi atau yang lainnya.

Konsumsi sebanyak beberapa butir, dan bukan hanya 1 butir saja. Tahukah Anda, bahwa ternyata telur mampu membantu menurunkan berat badan. Lantaran telur termasuk salah satu makanan yang mengandung protein tinggi, sedikit banyak, hal ini mampu mengurangi nafsu makan seseorang.

Selain mengandung protein, telur juga mengandung fosfor, selenium, Kolin, Vitamin B12 serta ada juga antioksidan, yang mampu membuat tubuh jadi lebih sehat. Tidak hanya itu putih telur juga termasuk salah satu makanan yang rendah kalori, serta mengandung lemak baik.   

3. Oatmeal

Oatmeal akan menjadi sarapan untuk diet pemula berikutnya yang akan dibahas. Seperti namanya, maka oatmeal sendiri terbuat dari biji oat, yang ternyata mengandung banyak nutrisi untuk tubuh. Adapun nutrisi yang dimaksud, antara lain, protein, karbohidrat, lemak, serat, mangan, fosfor, zat besi, magnesium, dan juga ada asam folat, yang baik untuk bayi.

Bagi beberapa orang oatmeal mempunyai rasa yang kurang enak, namun tidak banyak orang yang menyadari, bahwa ternyata jenis panganan ini pas untuk program diet.

Kandungan beta-glucan yang ada dalam oatmeal ternyata mampu meningkatkan produksi hormon rasa kenyang. Rasa kenyang tersebut, yang nantinya membantu tubuh, mengurangi asupan kalori, sera menurunkan resiko terjadinya obesitas.

Anda dapat mengkonsumsi oatmeal, yang dikombinasikan dengan susu rendah lemak, kacang kacangan, atau bisa juga dikombinasikan dengan buah buahan favorit Anda.   

4. Buah buahan

Mungkin bagi banyak orang, mengonsumsi buah di pagi hari dianggap kurang sehat. Namun ternyata kandungan seratnya yang tinggi, serta aneka nutrisi lain dalam buah buahan tersebut, ternyata jadi salah satu menu menarik, yang dapat Anda konsumsi saat sarapan, dalam ketika menjalankan program diet.

Adapun buah buahan yang dimaksud, seperti alpukat, pisang, dan juga apel. Pada buah apel dan pisang, dikenal sebagai buah rendah kalori, namun tinggi serat. Sedangkan alpukat, termasuk buah buahan yang kaya akan lemak baik, untuk tubuh.

5. Yoghurt

Siapa bilang yoghurt tidak bisa dijadikan sebagai menu sarapan. Ternyata makanan dengan rasa asam tersebut kaya akan berbagai macam nutrisi yang baik untuk kesehatan, dan pastinya baik untuk program diet Anda.

Produk dari olahan susu ini, ternyata mampu menurunkan keinginan Anda untuk makan secara berlebih. Hal tersebut dapat dilihat dari salah satu penelitian, yang menyebutkan bahwa ketika seseorang mengkonsumsi yogurt secara rutin, maka berat badan akan menurun secara perlahan namun pasti. Hal tersebut terjadi pada pada penderita diabetes tipe 2.    

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan, bahwa sebenarnya sarapan untuk diet pemula, tidak terlalu sulit untuk dicari. Bahkan makanan yang dimaksud, mungkin sudah Anda konsumsi setiap hari, terutama pada pagi hari.

Share

Trending Article

Mengenai Nutrisi Whey Protein, Manfaat & Efek Samping untuk Kesehatan Tubuh

Mengenal Perbedaan Kasein dan Whey Protein untuk Kesehatan Otot

Apa Itu Bulking? Ini Definisi, Manfaat dan Cara Bulking yang Tepat

Apa Itu Cutting? Ini Penjelasan Pola Latihan Cutting dan Rekomendasi Suplemennya

Suplemen Pembentuk Otot: Jenis, Tips & Rekomendasi Suplemen Terbaik

Suplemen Gym: Jenis, Manfaat, & Rekomendasi Suplemen Terbaik

Article Category