Health

Setelah Olahraga Sebaiknya Kita Melakukan Ini, Agar Tidak Merusak Tubuh!

By Erwin |

Melakukan olahraga tentunya penting, agar membuat tubuh tetap bugar, dan sehat. Tapi tahukah Anda bahwa ternyata setelah olahraga sebaiknya kita melakukan beberapa hal berikut.  Tujuannya agar tubuh tetap sehat, dan tidak cedera.

1. Melakukan pendinginan

Setelah Anda berolahraga, pastinya tubuh merasa lelah, namun sebaiknya jangan langsung beristirahat, sebaliknya, lakukan proses pendinginan. Misalnya jalan kaki selama 5 menit, hal tersebut dilakukan guna memberikan waktu bagi tubuh, agar kembali ke kondisi awal. Proses pendinginan setelah berolahraga, juga mampu menurunkan denyut jantung serta tekanan dara secara bertahap.  

2. Mandi dan mengganti pakaian  

Sejatinya, setelah berolahraga tubuh akan memproduksi keringat dalam jumlah yang banyak. Secara otomatis, pakaian Anda cenderung basah, dan Anda sebaiknya langsung menggantinya.

Karena jika tidak, maka keringat yang menempel pada tubuh, dan hal tersebut mampu meningkatkan resiko terjadinya infeksi jamur atau juga jerawat pada kulit tubuh. Jadi sebaiknya, yang Anda lakukan, tunggu selama beberapa menit, pasca berolahraga, agar tubuh jadi relaks, dan segera mandi, kemudian gunakan pakaian yang baru dan kering. Agar kelak Anda nyaman melakukan aktivitas lainya.   

3. Banyak mengkonsumsi cairan

Mengingat olahraga akan meningkatkan produksi keringat pada tubuh. Yang artinya tubuh membutuhkan cairan untuk mengganti cairan tubuh yang hilang, akibat keringat yang keluar dari tubuh.

Jadi setelah olahraga sebaiknya kita melakukan minum, untuk mencegah kondisi dehidrasi atau kekurangan cairan dalam tubuh. Jumlah cairan yang dibutuhkan oleh tubuh pada setiap orang tentunya berbeda beda. Umumnya setiap orang membutuhkan sekitar 2 liter sehari, atau Anda dapat menyesuaikannya dengan berat badan.   

Sedikit tips untuk Anda, untuk mengganti cairan tubuh yang hilang akibat berolahraga, sebaiknya konsumsi cairan yang sehat dan pastinya baik untuk tubuh. Hindari mengkonsumsi minuman yang mengandung gula tambahan yang cukup tinggi, karena hal tersebut, justru mengganggu proses pemulihan tubuh pasca olahraga.

Sebaiknya konsumsi air minum yang kaya oksigen, seperti air putih, namun bukan air dingin, serta jangan mengkonsumsi terlalu berlebih. Konsumsi 1 gelas terlebih dahulu, jika tubuh sudah dingin, baru kembali mengkonsumsi 1 gelas air.    

4. Isi perut

Setelah berolahraga, tubuh tentu akan mengalami haus dan lapar. Yang artinya setelah berolahraga, Anda sebaiknya mengisi perut dengan mengkonsumsi makanan berat. Beri jarak sekitar 20 hingga 30 menit, setelah berolahraga.

Kali ini penuhi kebutuhan nutrisi tubuh Anda, dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat, dan juga protein, guna membantu pemulihan otot tubuh. Anda dapat memilih menu seperti telur, daging ayam, ikan,bubur gandum, keju, atau bahkan yoghurt.

Tahukah Anda, bahwa makanan yang dikonsumsi setelah berolahraga, nantinya akan langsung diolah menjadi otot, dan buka jadi cadangan lemak.     

Agar terhindar dari rasa lapar yang berlebih, sebaiknya Anda makan 1 hingga 2 jam, sebelum berolahraga.    

5. Relaksasi

Hal lain yang sebaiknya Anda lakukan setelah berolahraga, yaitu relaksasi. Ada beberapa kegiatan yang dapat Anda lakukan, untuk proses relaksasi tersebut. Seperti melakukan sesi pijat, merebahkan diri, atau bahkan tidur.

Untuk melakukan proses relaksasi tersebut, sebaiknya dilakukan setelah 30 menit atau bahkan 1 jam setelah olahraga selesai dilakukan. Hal tersebut dilakukan untuk meregangkan otot tubuh.

Hindari melakukan beberapa kegiatan yang membuat otot jadi semakin tegang setelah berolahraga, seperti langsung melakukan berbagai pekerjaan berat, karena pada dasarnya tubuh terasa lelah setelah berolahraga. Jangan pula duduk bersila, karena hal tersebut, secara tidak langsung membuat aliran darah jadi sedikit terganggu, dan membuat otot dan saraf menjadi tegang.

Jadi setelah olahraga sebaiknya kita melakukan beberapa hal yang disebutkan di atas. Tujuannya tidak lain, untuk membuat tubuh tetap rileks, dan mengembalikan otot tubuh, setelah sebelumnya digerakan secara massif, pada saat berolahraga.

Share

Trending Article

Kalori Ayam Pada Setiap Bagian-Bagiannya

Pisang Berapa Kalori? Apa Saja Manfaatnya? Ini Jawabannya!

100 Gram Nasi Berapa Kalori? Ini Kebutuhan Asupan Kalori Harian

Jangan Sampai Salah! Inilah Manfaat Menghitung Kalori Kalkulator Setiap Harinya

Inilah Tips Diet Tetap Makan Bakso Berapa Kalori! Cek Selengkapnya Sekarang

Mengenal Diet Defisit Kalori: Kunci Sukses Menurunkan Berat Badan

Article Category