Health

Kadar Asam Urat normal dalam Tubuh Manusia

Asam urat sebenarnya adalah zat alami yang bisa dihasilkan oleh tubuh manusia untuk dapat mengurai zat purin. Zat purin ini adalah zat yang sangat penting bagi tubuh manusia. Namun jika Anda mengkonsumsi terlalu banyak makanan yang mengandung purin atau saat ginjal Anda bermasalah dan mengeluarkan terlalu banyak zat asam urat maka hal tersebut bisa menyebabkan asam urat mengkristal hingga mengakibatkan nyeri sendi yang parah. Hal ini jika dibiarkan bisa menjadikan komplikasi penyakit dalam tubuh. Maka kadar asam urat normal perlu dijaga agar Anda terhindar dari penyakit. 

Kadar Asam Urat Normal

Kadar asam urat normal biasanya berbeda antara laki-laki dan perempuan. Untuk mengetahui kadar asam urat pun juga bisa diketahui melalui tes darah dan tes urine. Untuk tes asam urat pada darah untuk perempuan biasanya antara 2,5 – 7,5 mg/dL dan untuk laki-laki biasanya kadarnya antara 4,0 – 8,5 mg/dL. Ketika Anda sering merasakan rasa nyeri pada bagian sendi-sendi Anda, maka sebaiknya Anda menjaga kadar asam urat normal yang 6 mg/dL. Sedangkan untuk kadar asam urat normal yang ada dalam urine biasanya sekitar 250 – 750 miligram. Namun jika Anda mendapati kadar asam urat Anda melebihi angka tersebut, maka Anda harus memeriksakan diri ke dokter untuk mengecek kesehatan ginjal Anda.

Cara Menjaga Kadar Asam Urat Normal

Anda sebaiknya senantiasa menjaga kadar asam urat normal, agar Anda tidak mengalami rasa sakit pada sendi yang berlebihan, karena penyakit asam urat jika dibiarkan pun bisa mengakibatkan komplikasi seperti rusaknya sendi dan menjurus pada penyakit batu ginjal. Saat Anda sudah terkena penyakit asam urat maka sangat tidak nyaman untuk Anda beraktivitas akibat rasa nyeri yang Anda rasakan. Untuk itu Anda perlu tahu bagaimana cara menjaga kadar asam urat normal seperti berikut ini :

  • Rajin konsumsi air putih agar ginjal dapat bekerja dengan lebih baik dan menjadikan kadar asam urat normal dalam tubuh Anda. Sering kali orang yang mengalami batu ginjal atau bermasalah pada ginjalnya adalah orang-orang yang jarang mengkonsumsi air putih.
  • Rajin berolahraga juga bisa menjadi solusi untuk menjaga kadar asam urat normal dalam tubuh. Dengan sering berolahraga, maka Anda bisa menjaga berat badan ideal Anda. Sebab jika Anda kelebihan berat badan bisa menyebabkan kadar asam urat berlebihan dalam tubuh dan menyebabkan rasa sakit pada sendi semakin parah.
  • Rajin konsumsi sayur dan buah yang kaya antioksidan, agar ginjal Anda juga bisa bekerja dengan baik dan menghasilkan asam urat dalam jumlah yang dibutuhkan tubuh. Anda juga bisa mengurangi makanan yang mengandung purin seperti misalnya daging merah, minuman beralkohol serta makanan dan minuman yang mengandung banyak fruktosa.