Mom & Kids

Peran Kalsium Untuk Anak Dalam Kesehatan dan Pertumbuhan

By Natural Farm |

Dalam masa pertumbuhannya, anak memerlukan zat gizi yang cukup dan seimbang sehingga dapat menjamin proses tumbuh kembang berlangsung optimal. Salah satu zat gizi yang sangat dibutuhkan tubuh dalam proses tumbuh kembang adalah kalsium. Kalsium untuk anak tidak hanya dibutuhkan untuk menyusun dan memertahankan struktur tulang serta gigi tetapi juga berperan penting dalam pertumbuhan otot, sel saraf, sistem pembekuan darah, dan mengatur irama jantung.

Untuk anak yang masih mendapatkan ASI eksklusif kebutuhan kalsium dipenuhi oleh kadar kalsium dalam ASI. Biarpun kadar kalsium yang terkandung di dalam ASI lebih rendah ketimbang kadar kalsium yang terkandung di dalam suplemen tambahan.

Sumber Makanan Mengandung Kalsium Untuk Anak

Melihat manfaat dan peran kalsium sangat penting guna mendukung tumbuh kembang anak, Anda perlu membantu mengoptimalkan asupan kalsium hariannya. Biasanya, anak mendapatkan asupan kalsium dari susu yang diminum saat sarapan, dibawa sebagai bekal sekolah anak, maupun dicampur bersama makanan camilan sehat untuk anak. Dalam satu gelas susu (250 ml) umumnya sudah mengandung kurang lebih 300 mg kalsium. Jadi, jika anak minum susu sebanyak 3 gelas dalam sehari, kebutuhan gizi kalsium untuk anak sebenarnya sudah cukup terpenuhi. Selain dari susu, kebutuhan kalsium harian untuk anak juga bisa dipenuhi dari sumber makanan dan minuman lainnya, seperti:

  • Susu kedelai
  • Yoghurt
  • Keju
  • Ikan salmon
  • Kale
  • Brokoli
  • Kol
  • Sawi
  • Bayam
  • Kacang almond
  • Edamame

Bahkan, mengingat begitu pentingnya peran mineral yang satu ini, kalsium untuk anak juga kerap difortifikasi atau ditambahkan ke dalam berbagai jenis makanan. Makanan sehat untuk anak yang difortifikasi oleh kalsium di antaranya seral, roti, jus, dan lainnya. Akan tetapi, Anda juga bisa memberikan suplemen kalsium sebagai salah satu sumber untuk memenuhi kebutuhan kalsium anak.

Kebutuhan Kalsium Anak Per Hari

Setiap orang memiliki kebutuhan kalsium yang berbeda tergantung umur, jenis kelamin dan aktivitas yang dilakukannya. Secara umum, berikut ini kebutuhan kalsium yang perlu dikonsumsi anak, dikutip dari KidsHealth:

  • Usia 0-6 bulan 200 miligram per hari
  • Usia 7-11 bulan 260 miligram per hari
  • Usia 1-3 tahun: 700 miligram per hari
  • Usia 4-8 tahun: 1.000 miligram per hari
  • Usia 9-18 tahun: 1.300 miligram per hari.

Fungsi Kalsium untuk Tumbuh Kembang Anak

Banyak peran yang dimiliki kalsium dalam menunjang tumbuh kembang anak. Berikut beberapa di antaranya:

  • Membentuk tulang yang kuat dan sehat

Kalsium dikenal sebagai mineral yang sangat penting untuk kesehatan tulang. Pada masa pertumbuhan, kalsium untuk anak berperan sebagai fondasi kekuatan tulang di kemudian hari. Anak-anak yang kebutuhan kalsiumnya terpenuhi dengan baik akan memiliki tulang yang sehat dan kuat pada saat dewasa.

  • Mengoptimalkan kinerja organ jantung

Baik pada orang dewasa maupun anak-anak, kalsium memengaruhi kinerja jantung dalam proses kontraksi serta relaksasi otot jantung. Jika kebutuhan kalsium untuk anak tercukupi dengan baik maka jantung dapat bekerja optimal dalam memompa darah ke seluruh tubuh.

Dilansir dari Medical News Today, kalsium berperan penting dalam proses pembekuan darah. Peran kalsium dalam fungsi otot termasuk mempertahankan otot jantung. Mineral ini juga dapat mengendurkan otot polos yang mengelilingi pembuluh darah.

  • Berperan penting dalam menjalankan fungsi tubuh

Tubuh membutuhkan kalsium untuk mengedarkan darah ke seluruh tubuh, menggerakkan otot, melepaskan hormon, hingga membawa pesan dari otak untuk disampaikan ke bagian tubuh lainnya.

  • Memperkuat Sistem Imun Tubuh

Kalsium juga membantu mengaktifkan enzim-enzim penting dalam tubuh untuk menghasilkan energi dan memperkuat sistem imun tubuh, sehingga anak terhindar dari berbagai penyakit. Anak-anak yang kekurangan kalsium biasanya akan terlihat lemah, lesu, sering berkeringat, mengalami nyeri perut, kram otot, dan susah tidur.

Rekomendasi Vitamin Kalsium Untuk Anak

ChildLife Liquid Calcium with Magnesium 473 ml

ChildLife Liquid Calcium with Magnesium mengandung Kalsium, Magnesium, Zinc dan Vitamin D yang merupakan nutrisi utama untuk membantu mendukung pertumbuhan dan perkembangan tulang anak. Dalam proses pertumbuhan dan perkembangan anak, Kalsium untuk anak merupakan mineral yang banyak ditemukan dalam tubuh (sekitar 2% dari total berat badan), dengan 99% kalsium ditemukan pada tulang dan gigi. Sehingga Kalsium menjadi salah satu nutrisi paling penting yang harus dipenuhi untuk menunjang proses tumbuh kembang anak.

Semoga artikel ini bermanfaat ya, Natural Buddy! Jangan lupa pantengin terus media sosial Natural Farm di @naturalfarm.id dan website Natural Farm untuk tahu info dan promo menarik lainnya. Happy Healthy Habits semua! ☺

Sumber:

https://www.halodoc.com/artikel/5-manfaat-kalsium-untuk-tumbuh-kembang-anak 

Share

Latest Articles

Mengenal Kalori Mie Gacoan dan Tips Makan Gacoan saat Diet

Cara Membesarkan Alat Kelamin Pria dengan Bawang Putih Benarkah Bisa Efektif

10 Sumber Vegetarian Protein Anti Hewani, Darimana Saja?

10 Gerakan Workout di Rumah & Tips Mengoptimalkannya!

Ini Rekomendasi dan Manfaat BCAA untuk Tingkatkan Massa Otot

7 Penyebab dan Cara Mengatasi Anak Susah Makan

Article Category