Health

Ketahui 5 Cara Alami Atasi Rambut Rontok Berlebihan

By Admin |

Mengalami kerontokan rambut merupakan hal yang sering dialami orang beberapa orang, hal ini disebut hal yang biasa jika kerontokan rambut tidak berlebihan. Karena normalnya, akan selalu ada rambut yang rontok setiap harinya sebagai bentuk regenerasi. Normalnya, orang akan kehilangan 50 hingga 100 rambut per hari sebagai bagian dari siklus alami ini.

Jika rambut mengalami kerontokan lebih dari itu, hingga menyebabkan kebotakan ataupun di beberapa area rambut menjadi menipis, hal tersebut dapat menjadi tanda kerontokan rambut berlebih lho, Natural Buddy! 

Ada beberapa faktor yang menyebabkan seseorang mengalami kerontokan berlebihan, misalnya riwayat kebotakan dalam keluarga, kekurangan nutrisi, penggunaan produk perawatan rambut yang salah, stres, penataan rambut secara berlebihan, hingga kondisi medis tertentu seperti PCOS atau penyakit tiroid. Namun, tak perlu khawatir, Natural Buddy bisa simak beberapa cara alami untuk mengatasi rambut rontok yang berlebihan!

Ada beberapa cara alami yang dapat dilakukan apabila mengalami kerontokan rambut yang berlebihan, yaitu:

1. Batasi Penggunaan Shampo Setiap Hari

Penggunaan sampo setiap hari untuk mencuci rambut dapat menghilangkan kelembaban alami kulit kepala. Pasalnya, kulit kepala memiliki kelembapannya sendiri. Untuk itu, disarankan untuk membatasi kuantitas dalam mencuci rambut. Waktu yang sangat ideal untuk keramas setidaknya 2-3 kali dalam seminggu. 

Kamu juga bisa memakai sampo yang memiliki kandungan untuk mengatasi rambut rontok, seperti asam amino yang berperan dalam pembuatan protein keratin untuk mendukung proses pertumbuhan rambut serta memperkuat akar rambut, sehingga rambut tidak mudah rontok dan patah. Selain itu, kandungan asam amino dapat mencegah kerusakan folikel rambut, serta membuat rambut jadi halus dan bersinar. Kandungan selanjutnya yaitu ceramide. Menurut penelitian, ceramide dapat mempercepat pertumbuhan rambut dan menguatkan lapisan terluar rambut. Selain itu, ceramide juga mampu memperbaiki tekstur rambut dan melembutkan rambut. Lalu, kandungan Centella asiatica berkhasiat untuk menjaga kesehatan rambut dan kulit kepala, serta mampu meningkatkan pertumbuhan rambut, sehingga dapat mencegah kebotakan akibat kerontokan rambut. Kandungan selanjutnya yang dapat kamu temukan untuk mengatasi rambut rontok yaitu Lactobacillus, yang dapat menjaga keseimbangan pH di kulit kepala dan mendukung pertumbuhan rambut. 

2. Jangan Menyisir Rambut saat Basah

Menyisir rambut yang basah dapat menyebabkan akar rambut menjadi rentan patah. Karena, sehabis keramas, kulit kepala dalam keadaan yang sangat rentan. Sebenarnya, menyisir rambut pada keadaan setengah kering memberikan manfaat baik bagi rambut, salah satunya dapat menstimulasi kulit kepala melalui ujung-ujung sisir. 

Perlu diperhatikan juga dalam pemilihan sisir, karena sisir yang tidak tepat dapat memicu kerontokan rambut berlebih. Khusus untuk rambut yang sedang mengalami kerontokan, disarankan untuk memilih sisir dengan bentuk bergigi jarang atau renggang, serta dengan jenis tertentu. 

3. Gunakan madu Manuka

Madu Manuka memiliki kandungan antioksidan serta antibakteri yang tinggi. Menggunakan madu Manuka sebagai masker rambut, dapat mengatasi masalah rambut rapuh, tidak kuat, dan mudah rontok. Menurut penelitian yang dilaporkan dalam Judishapur J Nat Pharm Prod, madu mampu merangsang pertumbuhan sel-sel rambut yang baru. 

Selain itu, manfaat lain yang dapat dirasakan yaitu madu Manuka dapat memperbaiki sel-sel rambut yang rusak sehingga menyebabkan kerontokan rambut berlebihan.

Natural Buddy bisa menggunakan 3 sendok makan madu Manuka dicampurkan dengan 2 sendok makan air kemudian pakaikan ke rambut. Setelah itu diamkan selama satu jam dan bilas.

Lakukan setidaknya dua kali seminggu supaya hasilnya terlihat.

Natural Buddy dapat temukan madu Manuka yang berkualitas di Natural Farm. Ada beberapa rekomendasi madu Manuka yang baik diaplikasikan untuk dijadikan masker rambut seperti madu Manuka Health, madu Manuka Farm dengan 100% madu asli Manuka yang berasal dari Selandia Baru.

4. Minyak Kelapa

Minyak kelapa merupakan bahan alami yang efektif untuk mengatasi rambut rontok. Prosesnya pengaplikasiannya cukup usapkan di kulit kepala sampai ke ujung rambut sembari dipijat pelan. Lalu diamkan selama beberapa saat atau bisa juga seharian, lalu dicuci hingga bersih. 

Rekomendasi minyak kelapa yang dapat kamu aplikasikan yaitu Bali Pure Virgin Coconut Oil yang bisa kamu checkout di Natural Farm. Bali Pure Virgin Coconut Oil merupakan minyak kelapa murni yang diproses tanpa menggunakan pemanasan atau bahkan tanpa melibatkan cahaya matahari sehingga kandungan nutrisi vitamin maupun mineral dalam produk kami masih utuh hingga 99%, dan kandungan asam laurat dalam VCO Bali Pure sampai 52,8%.

5. Menjaga Asupan Makan

Merawat rambut supaya tetap sehat dan mengurangi kerontokan tidak hanya dilakukan dengan memberikan nutrisi dari luar melainkan juga dari dalam. Nutrisi dari dalam ini bisa dilakukan melalui menjaga asupan makan. 

Natural Buddy bisa mulai rutin makan buah blueberry, brokoli, jambu biji, buah kiwi, jeruk, pepaya, stroberi, dan ubi jalar. Vitamin C membantu dalam produksi kolagen yang memperkuat kapiler yang memasok batang rambut.

Apabila vitamin C mu belum tercukupi melalui makanan, kamu bisa konsumsi suplemen vitamin C seperti Nutriwell Vitamin C dengan teknologi buffered sehingga aman dikonsumsi untuk lambung. 

Itulah informasi mengenai cara alami mengatasi rambut rontok berlebihan. Kalau kamu butuh melengkapi kebutuhan nutrisi mulai dari personal care, vitamin & suplemen harian mu, hingga sports nutrition, semua bisa dipenuhi melalui toko Natural Farm dan website Natural Farm. Kunjungi sekarang juga ya!

Share

Trending Article

Article Category