Health

Manfaat Minyak Zaitun untuk Rambut, Ini yang Perlu Anda Ketahui

By Erwin |

Minyak zaitun merupakan minyak yang mempunyai banyak manfaat. Tak heran jika banyak orang yang mencari minyak zaitun.

Minyak zaitun sebenarnya memang sudah tak asing lagi digunakan sebagai perawatan rambut. Pasalnya, minyak zaitun mempunyai kandungan senyawa yang bisa melembabkan rambut sehingga rambut terlihat lebih indah dan sehat. Nah, sebenarnya ada berbagai manfaat lain dari minyak zaitun untuk rambut. Artikel ini akan memberikan penjelasan lengkap terkait apa manfaat minyak zaitun untuk rambut.

Menjadikan Rambut Berkilau

Minyak zaitun memang terbukti bisa menjadikan rambut terlihat berkilau alami. Hal itu karena terdapat senyawa antioksidan dan vitamin A pada minyak zaitun tersebut. Kedua senyawa tersebut berfungsi untuk menjaga kelembaban rambut dan melindungi keratin rambut. Hal itulah yang bisa mengurangi terjadinya penumpukan sebum yang bisa menghambat tumbuhnya folikel dan rambut.

Nah, semua hal itulah yang menjadikan rambut terlihat berkilau dan sehat. Selain dua senyawa di atas, beberapa senyawa lain pada minyak zaitun seperti squalen, asam palmitat, dan asam oleat juga berperan dalam membuat rambut menjadi lembut dan sehat.

Mengurangi Iritasi pada Kulit Kepala yang Kering

Apakah Anda mempunyai masalah kulit kepala kering? Jika iya, maka cara mengatasinya sangat mudah. Anda hanya perlu menggunakan minyak zaitun untuk mengatasi masalah iritasi pada kulit kepala kering tersebut. Campurkan minyak zaitun dengan air dan perasan lemon.Kemudian, usapkan campuran tersebut di area kulit kepala yang kering.

Jangan lupa untuk memijatnya secara perlahan. Setelah itu, diamkan selama 20 menit agar campuran tersebut meresap ke pori-pori kulit kepala. Jika sudah, Anda bisa melanjutkannya dengan menggunakan shampoo dan membilasnya dengan air bersih. Dengan melakukan hal itu secara rutin, maka kulit kepala akan lebih sehat dan tidak kering lagi.

Mengatasi Masalah Rambut Kering

Manfaat minyak zaitun untuk rambut yang lainnya adalah bisa mengatasi masalah rambut yang kering dan rontok. Anda bisa menggunakan minyak zaitun itu secara langsung dengan mengoleskannya ke rambut. Namun, ada juga orang-orang yang menjadikannya sebagai masker rambut.

Jika ingin menggunakannya sebagai masker rambut, campurkan minyak zaitun dengan beberapa bahan lain seperti alpukat dan telur. Setelah dicampurkan secara merata, oleskan masker tersebut ke rambut yang masih basah setelah keramas. Diamkan masker itu selama 15 menit, kemudian bilas menggunakan air bersih.

Tiga manfaat tersebut bisa Anda rasakan jika rutin menggunakan minyak zaitun untuk rambut. Selain beberapa manfaat di atas, minyak zaitun juga bisa membantu mengurangi ketombe membandel dan rambut bercabang yang sangat mengganggu Anda. Bagaimana? Segera gunakan minyak zaitun sekarang untuk mengatasi berbagai masalah pada rambut Anda.

Share

Trending Article

Mengenai Nutrisi Whey Protein, Manfaat & Efek Samping untuk Kesehatan Tubuh

Mengenal Perbedaan Kasein dan Whey Protein untuk Kesehatan Otot

Apa Itu Bulking? Ini Definisi, Manfaat dan Cara Bulking yang Tepat

Apa Itu Cutting? Ini Penjelasan Pola Latihan Cutting dan Rekomendasi Suplemennya

Suplemen Pembentuk Otot: Jenis, Tips & Rekomendasi Suplemen Terbaik

Suplemen Gym: Jenis, Manfaat, & Rekomendasi Suplemen Terbaik

Article Category