Health

Ketahui, 7 Ciri-ciri Maag yang Sudah Parah

Sakit maag menjadi salah satu gangguan pencernaan yang cukup sering terjadi, baik dari usia remaja hingga dewasa. Namun, gejala sakit maag sering diabaikan, karena dianggap sudah umum. Akibatnya, sakit maag berkembang menjadi lebih serius, bahkan dapat berdampak pada komplikasi yang membahayakan.

Gejala maag yang paling sering terjadi ialah nyeri atau sakit perut, mual, muntah, perut kembung, mulut terasa asam, dan tenggorokan serta bagian dada terasa panas. Namun, bagaimana gejala atau ciri-ciri penyakit maag yang sudah parah? Supaya Anda mengetahuinya, berikut simak ulasannya di bawah ini. 

1. Muntah Darah

Apabila Anda memiliki maag dan mengalami muntah darah, hal ini dapat menjadi indikasi bahwa lambung dalam masalah serius. Penyebab muntah darah ini dapat dikarenakan dinding lambung yang mengalami peradangan. 

Selain itu, asam lambung yang naik ke kerongkongan dan membuat iritasi juga dapat menyebabkan muntah darah.

2. Sesak Napas

Dilansir dari Medical News Today bahwa maag kronis memiliki dampak sesak napas. Hal ini dikarenakan asam lambung naik ke paru-paru dan membuatnya terjepit. Selain itu, menurut beberapa penelitian, sekitar 86 persen penderita asma memiliki riwayat gangguan pada lambung.

3. Warna Feses hitam

Feses yang normal ialah berwarna kuning atau kecokelatan. Namun, jika feses berwarna hitam, maka biasanya telah bercampur dengan darah. Penyebabnya ialah pendarahan di saluran pencernaan atas yang meliputi kerongkongan, perut, atau usus kecil.

Feses berwarna hitam juga bisa disebabkan oleh radang perut, karena infeksi bakteri, obat-obatan atau terlalu banyak konsumsi alkohol.

4. Sering Kembung

Sering kembung juga dapat menjadi tanda-tanda maag yang parah, karena gas dalam jumlah banyak menumpuk di dalam perut. Proses kembung terjadi akibat dari produksi asam lambung yang berlebih dan naik ke perut atas. 

Jumlah gas yang terlalu tinggi di dalam perut selain menyebabkan kembung, juga dapat mengakibatkan sendawa yang berulang-ulang dan disertai dengan rasa asam di kerongkongan.

5. Kehilangan Nafsu Makan

Salah satu ciri-ciri penyakit maag yang sudah parah dapat mengalami berkurang atau hilangnya nafsu makan. Meskipun hanya makan dengan porsi yang sangat sedikit, akan mudah kenyang. Hal ini dikarenakan efek dari gas yang berlebih di dalam perut. 

Selain itu, pengidap maag juga akan mengalami kesulitan dalam menelan makanan, bahkan sering terjadinya mual dan muntah akibat asam lambung.

6. Berat Badan Turun

Kehilangan nafsu makan dan susah menelan makan pada pengidap maag yang sudah parah, tentunya dapat menyebabkan tubuh kekurangan asupan makan. Kondisi ini membuat pengidapnya mengalami turun berat badan. 

Jika berat badan menurun menurun secara drastis dan disertai lemas berlebih, sebaiknya Anda  memeriksakan diri ke dokter segera.

7. Tubuh Lemah    

Ciri-ciri maag yang sudah parah dapat ditandai ketika tubuh menjadi sangat lemah, sehingga tidak mampu untuk melakukan berbagai aktivitas. Biasanya kondisi tubuh yang lemah diakibatkan dari kurangnya nutrisi yang masuk ke dalam tubuh dan terjadinya peradangan di selaput perut serta lambung. Pasalnya, kondisi radang lambung dapat menyebabkan perut tidak bisa menerima asupan makanan, sehingga tubuh terasa lemas.

Itulah, berbagai ciri-ciri penyakit maag yang sudah parah. Sangat penting untuk menjaga kesehatan lambung Anda, supaya maag tidak semakin parah. Anda dapat mencegah maag kronis dengan menjaga pola hidup sehat dan konsumsi berbagai vitamin, seperti Vitamin E, Vitamin B12, dan Vitamin B6.

Photo by Pixabay