Health

Apa Penyebab Maag? Ini Penjelasannya!

Maag sering dikaitkan dengan kebiasaan telah makan yang menyebabkan sebab perut kosong. Perut kosong inilah yang diyakini sebagai pemicu produksi asam lambung berlebihan sehingga menimbulkan gejala maag. Padahal penyebab maag bukan hanya akibat pola makan yang berantakan, tapi juga gaya hidup. Sebenarnya gejala maag menjadi pertanda adanya masalah atau penyakit pada sistem pencernaan. Secara umum ada berbagai kondisi yang dapat menyebabkan maag muncul. Nah, bagi kamu yang ingin mengetahui apa penyebab maag timbul? Berikut penjelasanya:

Gangguan pada Saluran Pencernaan

Menurut National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Diseases ada berbagai gangguan pencernaan yang sering menjadi penyebab maag muncul, seperti radang lambung (gastritis), tukak lambung, kanker lambung, pankreatitis atau radang pankreas, gastroesophageal reflux disease (GERD) karena asam lambung naik ke kerongkongan. Beberapa gangguan pada saluran pencernaan tersebut memang diyakini menjadi pemicu maag timbul, terlebih gastritis dan GERD.

Efek Obat-Obatan

Mengkonsumsi obat-obatan memang dapat menghilangkan rasa sakit pada tubuh, namun mengkonsumsi jenis obat tertentu juga dapat menjadi pemicu munculnya keluhan maag. Seperti obat pereda nyeri dari non steroid anti inflamasi (NSAID), jika kamu mengkonsumsi jenis obat NSAID jangka panjang seperti ibuprofen, aspirin serta naproxen dapat menipiskan lapisan lendir yang melindungi lambung. Dengan begitu, lambung lebih mudah mengalami iritasi yang diakibatkan asam lambung. Untuk itu, sebelum rutin mengkonsumsi obat tertentu sebaiknya kamu berkonsultasi dengan dokter agar tidak mengganggu sistem pencernaan.

Kebiasaan Buruk

Maag tidak hanya disebabkan oleh kondisi medis, namun juga disebabkan gaya hidup yang tidak sehat. Gaya hidup yang tidak sehat tentu dapat merangsang produksi asam lambung sehingga menimbulkan gejala maag. Beberapa kebiasaan buruk yang dapat meningkatkan gejala maag ialah seperti langsung berbaring setelah makan, mengkonsumsi alkohol secara berlebihan, porsi makan terlalu besar, merokok serta mengkonsumsi makanan dan minuman tidak sehat lainnya yang dapat memicu kambuhnya maag.

Stres dan Cemas

Tahukah kamu apa penyebab maag lainnya? sebenarnya penyebab timbul maag bukan hanya karena banyak mengkonsumsi obat-obatan atau gaya hidup yang berantakan, namun juga stres dan cemas menjadi penyebab maag. Bahkan jika stres dan cemas tidak dapat dikelola dengan baik malah dapat memperburuk gejala gangguan pencernaan. Perlu diketahui jika tubuh mengalami stres, maka produksi hormon prostaglandin akan menurun. Sehingga membuat dinding lambung lebih rentan terkikis karena hormon yang bertugas melindungi dinding lambung semakin menurun.

Infeksi Bakteri

Sala satu jenis bakteri yang dapat menyebabkan maag timbul ialah helicobacter pylori. Infeksi bakteri helicobacter pylori menyebabkan sistem pencernaan menjadi terganggu. Terlebih bakteri ini menimbulkan gastritis, infeksi lambung hingga tukak lambung yang cukup parah. Umumnya bakteri H.pylori ini menyerang lapisan lambung dan usus halus di bagian atas sehingga menyebabkan sakit perut pada penderitanya.

Itulah beberapa penyebab maag yang patut kamu pahami. Semoga dengan adanya ulasan diatas dapat menjawab segala pertanyaan kamu tentang apa penyebab maag. Sehingga kamu mulai membiasakan diri hidup sehat dan menjauhi berbagai hal yang dapat mempengaruhi kesehatan tubuh.