Health

Macam-Macam Gangguan Kesehatan yang Terjadi Pada Organ Pencernaan Manusia yang Harus Diwaspadai

Manusia memiliki sistem pencernaan yang terdiri dari lambung, pankreas, usus halus, usus besar, dan lain-lainnya. Sistem atau organ pencernaan manusia cukup kompleks. Di dalamnya bisa juga terjadi berbagai jenis gangguan yang tentunya mengkhawatirkan dan berpengaruh terhadap kesehatan organ lainnya. 

Selain itu jenis-jenis gangguan tersebut pasti membuat semua yang mengalaminya merasa tak nyaman. Hal tersebut bisa terjadi pada siapa saja, maka dari itu simak artikel tentang gangguan organ organ pencernaan manusia di bawah ini agar anda bisa waspada serta bisa mengidentifikasinya lebih mudah. Ini dia jenis masalah di pencernaan dilansir dari Halodoc.

1. GERD 

Gangguan bernama Gastroesophageal Reflux Disease atau disingkat GERD ini sudah meresahkan banyak orang. Terjadinya bermula di salah satu nama organ pencernaan manusia yang berperan penting yakni lambung. Tandanya ada asam yang naik dari lambung menuju kerongkongan yang dapat menimbulkan iritasi. Pengidapnya akan merasakan panas di bagian dada, muntah, mual hingga batuk.

2. Maag

Jenis masalah kesehatan pada organ pencernaan manusia yang juga tak boleh anda biarkan adalah penyakit maag. Tandanya bermula dengan adanya rasa tak nyaman di bagian perut yang biasanya muncul saat mengkonsumsi suatu makanan dan minuman tertentu. Maag bisa diredakan dengan menjaga pola makan serta hindari penyebabnya.

3.  Diare

Gangguan ini termasuk paling sering terjadi pada siapa saja. Ini adalah kondisi saat frekuensi BAB meninggi dan tekstur dari fesesnya encer. Ditandai juga dengan mual, sakit perut, sampai munculnya darah pada feses. Biasanya disebabkan makanan yang sudah terkontaminasi bakteri, atau bisa juga karena dampak obat antibiotik, dan operasi di perut.

4. Sembelit

Fungsi organ pencernaan manusia akan berjalan dengan lancar dan baik jika selalu dijaga. Tetapi jika sebaliknya, maka akan ada banyak masalah pada organ pencernaan. Salah satunya adalah sembelit, yang disebabkan selain karena tidak BAB kurang dari 3 kali seminggu, juga karena kurangnya konsumsi air putih, kurangnya makanan berserat,  dan ada pengaruh dari obat-obatan.

5. IBD (Inflammatory Bowel Disease)

Penyakit ini bisa terjadi karena adanya luka seperti melepuh yang sudah kronis pada pencernaan, biasanya pada bagian usus besar. Jenisnya yaitu Kolitis Ulseratif dan penyakit Crohn. Meski penyebabnya belum secara pasti diketahui, biasanya gejalanya berupa sakit perut, demam, diare, darah di feses, berat badan turun, dan malnutrisi.

6. IBS (Irritable Bowel Syndrome)

Selain IBD, ada juga IBS, yang gejalanya berupa kram atau nyeri perut, diare, kembung, dan lendir di feses. Seringnya disebabkan oleh makanan tertentu, sering stres atau perubahan pada hormon.

7. Tukak Lambung

Tukak lambung adalah gangguan di pencernaan yang tandanya berupa terdapat luka seperti lepuh di dinding lambungnya. Penyakit ini disebabkan infeksi dari bakteri H Pylori ataupun bisa juga karena dampak dari konsumsi obat berupa antiinflamasi non-steroid. Penderitanya akan mengalami sakit perut di sisi atau bagian atas serta kembung. Gejala lainnya yaitu muntah, mual, nafsu makan yang hilang, dan warna dari feses yang berubah menjadi hitam.

Jika tak ingin masalah kesehatan di atas tersebut semakin parah, maka harus ada perubahan dalam diri dan mulai untuk hidup sehat salah satunya dengan mengkonsumsi obat-obatan alami untuk pencernaan. Tentunya harus diimbangi dengan olahraga dan mengkonsumsi makanan yang baik. 

Dengan mulai hidup sehat dan tak menyepelekan berbagai gangguan yang muncul di pencernaan, akan ada harapan bagi penderitanya untuk bisa melawan penyakitnya. Itulah berbagai gangguan yang sering terjadi di organ pencernaan manusia, semoga kita semua sehat selalu.