Lifestyle

7 Manfaat Cranberry Untuk Kecantikan Kulit dan Rambut

Manfaat buah cranberry untuk kecantikan baik untuk perawatan kulit dan rambut. Hal ini bisa kamu dapatkan berkat kandungan antioksidan yang melimpah dalam buah tersebut. Cranberry bahkan mengandung lebih banyak antioksidan dibanding brokoli dan bayam.

Cranberry juga kaya akan vitamin C, E, serta vitamin K yang mampu mencegah efek radikal bebas, mengatasi kulit kusam, juga menyamarkan bekas jerawat. Untuk itu, tidak ada salahnya bagi kamu menggunakan produk kecantikan berbahan cranberry ini. Manfaat buah cranberry untuk kecantikan dipengaruhi oleh kandungannya. Berbagai kandungan dalam cranberry, seperti vitamin dan mineral sudah terkenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Jadi, tidak heran buah ini juga memiliki segudang manfaat untuk kecantikan.

 

Apa Saja Manfaat Cranberry Untuk Kulit Dan Rambut?

1. Membuat kulit bercahaya

Manfaat buah cranberry untuk kecantikan, terutama untuk kulit dipengaruhi oleh kandungan antioksidan yang melimpah. Antioksidan yang tinggi membuat cranberry dapat membantu membuat kulit tampak bersinar dan kenyal. Hal ini juga membantu untuk melawan radikal bebas penyebab kulit kusam, kering dan kendor.

Cara menggunakannya mudah saja, ambil beberapa jus cranberry dan campurkan dengan yogurt. Aplikasikan pada wajah sambil dipijat lembut. Lalu, bilas dengan air dingin. Gunakan secara rutin dan teratur untuk memberikan cahaya lebih muda.

2. Menyembuhkan jerawat dan bekasnya

Buah cranberry juga memiliki kandungan vitamin C, anti-inflamasi dan anti bakteri, sehingga dapat membantu mengobati jerawat dan noda bekas jerawat pada wajah. Caranya, ambillah beberapa gelas jus cranberry dan aplikasikan secara langsung pada wajah yang berjerawat atau noda bekas jerawat dengan menggunakan kapas. Biarkan hingga kering dan bilas dengan air bersih.

3. Membantu mengunci pori-pori

Manfaat buah cranberry untuk kecantikan berikutnya adalah dapat mengunci pori-pori. Sifat asam dari buah cranberry dapat membantu mengunci pori-pori dan mengurangi risiko jerawat dan bisul pada wajah. Ambil beberapa gelas jus cranberry dan aplikasikan pada wajah menggunakan bantuan bola kapas. Tunggu beberapa saat dan bilas dengan air dingin.

4. Mengencangkan kulit

Vitamin C yang terdapat didalam cranberry juga dapat membantu meningkatkan produksi kolagen dan meningkatkan elastisitas kulit. Jika kamu memiliki masalah kulit seperti kulit kering dan kusam, coba campurkan beberapa jus cranberry dengan jus jeruk. Kemudian, terapkan pada wajah dan diamkan beberapa saat dan bilas dengan air hingga bersih.

5. Membuat kulit kepala terhidrasi

Buah cranberry juga mengandung banyak air, sehingga manfaat buah cranberry untuk kecantikan juga dapat membantu untuk menjaga kulit kepala tetap segar dan terhidrasi. Hancurkan beberapa buah cranberry dan aplikasikan pada kulit kepala sambil dipijat perlahan. Biarkan selama 30 menit dan kemudian bilas dengan air.

6. Mengobati kulit iritasi

Jus cranberry dapat membantu mencegah iritasi pada kulit kepala dengan mudah. Caranya dengan mencampurkan cranberry dengan putih telur dan aduk hingga rata. Aplikasikan pada wajah sebagai masker sambil dipijat lembut. Tunggu beberapa saat dan cuci dengan air dingin. Lakukan cara ini dua kali dalam seminggu untuk mengobati iritasi kulit kepala.

7. Mengurangi minyak di area T-Zone

Manfaat buah cranberry juga bisa mengurangi minyak di area T-Zone. Mengaplikasikan buah cranberry pada wajah dapat membantu mencegah akumulasi minyak pada wajah, terutama di area T-zone, sehingga mencegah penyumbatan pori-pori. Jika kamu memiliki minyak berlebih pada daerah T-zone, coba terapkan cranberry di bagian wajah tersebut selama beberapa saat, sebelum membilasnya dengan air dingin.

 

Bagaimana Cara Konsumsi Buah Cranberry?

Untuk dapat mengonsumsi cranberry dengan lebih nikmat saran penyajiannya sebagai berikut:

1. Cranberry mentah

Cranberry dapat dikonsumsi langsung dalam keadaan mentah ataupun dalam bentuk cranberry yang telah dikeringkan.

2. Salad

Cranberry asam dapat juga digunakan sebagai bahan tambahan yang bagus untuk salad yang menyegarkan.

3. Cocktail cranberry

Cranberry beserta dengan beberapa buah lain dipotong-potong sesuai selera, kemudian ditambahkan sirup hingga menjadi koktail buah.

4. Kue cranberry

Cranberry juga disajikan kue seperti muffin, pie maupun sebagai topping pada roti.

5. Saus, selai, es krim dan jeli cranberry

Cranberry dapat juga diolah menjadi saus, selai maupun jeli yang bisa gunakan untuk mendampingi makanan lain.

6. Jus konsentrat cranberry

Cranberry dapat diolah menjadi jus, tetapi perlu diperhatikan kandungan di dalamnya sebaiknya adalah 100% jus konsentrat agar tidak fungsinya dapat berjalan optimal. Salah satu rekomendasi jus konsentrat pilihan adalah Dynamic Health Pure Cranberry Concentrate.

Produk ini mengandung 100% konsentrat sari buah cranberry tanpa pemanis, pengawet, dan bahan tambahan lainnya. Cranberry kaya akan Antioksidan, mengandung Vitamin C, Polifenol, Flavonoid, dan Quercetin. Kandungan antioksidan yang disebut proanthocyanidins dapat mencegah pertumbuhan bakteri penyebab infeksi saluran kemih. Kandungan quercetin membantu perkembangan bakteri baik di dalam usus. Cranberry memiliki kalori dan kandungan gula yang rendah.

 

 

Sumber:

https://www.antaranews.com/berita/798095/manfaat-cranberry-bagi-kulit-dan-rambut

https://www.parapuan.co/read/532693544/makan-buah-segar-bonus-kulit-yang-kencang-dan-anti-penuaan-mau-coba