Health

Ini 5 Manfaat Multivitamin Bagi Kesehatan Tubuh

Apa Itu Multivitamin?

Multivitamin adalah salah satu jenis suplemen yang paling banyak dikonsumsi. Karena ragam kandungan vitamin dan mineral yang ada di dalamnya, multivitamin dipercaya bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan tubuh, mengimbangi pola makan yang kurang sehat, dan bahkan mencegah terjadinya penyakit.

 

Apa Bedanya Suplemen Vitamin Dengan Suplemen Multivitamin?

Jika selama ini kamu hanya mengonsumsi suplemen yang mengandung satu jenis vitamin atau mineral saja, maka yang kamu konsumsi selama ini adalah suplemen vitamin. Berbeda dengan suplemen vitamin, suplemen multivitamin hadir dengan kandungan vitamin dan mineral lebih banyak. Setidaknya, suplemen dapat disebut multivitamin bila mempunyai kandungan lebih dari 3 jenis vitamin atau mineral. Kemudian, mana yang lebih baik untuk saya konsumsi, suplemen vitamin atau multivitamin? Dalam hal ini suplemen multivitamin mempunyai lebih banyak keunggulan ketimbang suplemen vitamin.

Telah disebutkan jika multivitamin mempunyai lebih banyak kandungan vitamin dan mineral dari pada suplemen vitamin biasa. Sehingga jika kamu mengonsumsi multivitamin, beberapa kebutuhan vitamin dan mineral kamu akan terpenuhi dengan satu jenis suplemen saja. Tidak hanya lebih murah dan efisien, suplemen multivitamin bisa menjadi solusi bagi orang yang mengalami kekurangan beberapa zat gizi atau mencegah kekurangan tersebut terjadi. Sementara itu, suplemen vitamin lebih cocok untuk diberikan pada orang yang mengalami kekurangan zat gizi kronis tertentu. Misalnya, orang yang menderita anemia yang harus diberikan suplemen zat besi.

 

Apa Saja Manfaat Multivitamin?

1. Mencegah penyakit jantung

Multivitamin disebut bermanfaat untuk mengurangi risiko terjadinya penyakit jantung. Hal ini didukung oleh penelitian yang menunjukkan bahwa konsumsi multivitamin secara rutin selama 3 tahun dapat mengurangi risiko kematian akibat penyakit jantung. Meski demikian, beberapa penelitian lain justru menunjukkan hasil yang berbeda. Penelitian tersebut menyatakan bahwa mengonsumsi multivitamin tidak dapat menurunkan risiko seseorang dari penyakit jantung, serangan jantung, atau stroke.

2. Mencegah kanker

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa konsumsi multivitamin dalam jangka panjang dapat mengurangi risiko terjadinya kanker kolorektal atau kanker usus besar. Di sisi lain, beberapa penelitian yang berbeda menunjukkan bahwa tidak ada hubungan antara multivitamin dengan kanker. Sebaliknya, konsumsi beberapa jenis multivitamin secara berlebihan justru dapat meningkatkan risiko terkena penyakit kanker.

3. Menjaga kesehatan otak

Konsumsi multivitamin secara teratur juga banyak dikaitkan dengan peningkatan daya ingat pada lansia. Bahkan, beberapa studi juga menunjukkan potensi manfaat multivitamin untuk meningkatkan suasana hati dan mengurangi gejala gangguan kecemasan. Namun, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk memastikan klaim manfaat multivitamin dengan peningkatan daya ingat dan suasana hati.

4. Menjaga kesehatan mata

Sebuah studi menyebutkan bahwa multivitamin yang mengandung antioksidan dapat memperlambat perkembangan penyakit mata pada lansia, seperti katarak dan degenerasi makula. Meski demikian, klaim manfaat multivitamin untuk menjaga kesehatan mata masih perlu diteliti lebih lanjut.

5. Meningkatkan fungsi kekebalan

Kekurangan vitamin dan mineral dapat berkontribusi pada fungsi sistem kekebalan tubuh yang kurang optimal dan penelitian menunjukkan bahwa penggunaan multivitamin secara teratur dapat mendukung kekebalan tubuh, khususnya dengan meningkatkan kadar vitamin C dan seng, dua nutrisi penting yang memainkan peran penting dalam pengembangan dan fungsi sel kekebalan tubuh kita dan respon imun adaptif.  Dan jangan lupa bahwa multi kualitas juga akan mencakup nutrisi sentris kekebalan lainnya seperti vitamin A dan D3, zat besi, selenium, dan mineral lainnya.

 

Rekomendasi Multivitamin yang Tepat

Nutriwell Vitacom Formula

Nutriwell Vitacom Formula mengandung multivitamin dan mineral lengkap diformulasikan untuk membantu memenuhi nutrisi tubuh dan memelihara kesehatan tubuh secara umum. Mengandung nutrisi penting yang diperlukan tubuh seperti vitamin D, vitamin C, vitamin B kompleks, mineral magnesium, zinc, dan zat besi.

Natural Factors - High Potency Multivitamin

Natural Factors HP (Hi Potency) Multivitamin dan Mineral diformulasikan dengan kandungan vitamin dan mineral lengkap dan dosis tepa tuntuk memenuhi nutrisi harian orang dewasa terutama dengan gaya hidup aktif. Mengandung 10.000 IU Beta-carotene, 400 IU Vitamin D, 200 mg Vitamin C, 100 IU Vitamin E, 800 mcg Asam Folat serta Vitamin B Kompleks dan mineral lainnya dengan dosis yang tinggi dibandingkan multivitamin mineral pada umumnya.

Artikel ini semoga dapat bermanfaat untuk Natural Buddy. Jangan lupa untuk pantengin terus website Natural Farm dan Instagram Natural Farm di @naturalfarm.id. Happy Healthy Habits!