Lifestyle

Ketahui 6 Manfaat Rebusan Daun Pandan untuk Kesehatan Tubuh Anda

Daun pandan banyak digunakan untuk melengkapi berbagai olahan makanan, biasanya digunakan sebagai pewarna dan pengharum makanan. Namun ternyata, daun pandan terutama yang direbus juga memiliki manfaat lain untuk kesehatan tubuh.

 

Manfaat rebusan daun pandan

Cara paling sederhana dalam pengolahan daun pandan adalah dengan direbus, dan air rebusan ini bisa langsung diminum atau bisa juga digunakan untuk menyeduh teh, ada juga yang mencampurkan air rebusan daun pandan tersebut dengan bahan makanan, contohnya saat akan membuat kue.

Sebelum merebusnya, pastikan daun pandan sudah dicuci bersih dan bagian bawah daun yang berwarna putih sudah dibuang terlebih dahulu. Hal ini dilakukan agar air rebusan dari daun pandan tidak terasa pahit. Langkah selanjutnya adalah air direbus hingga mendidih, baru kemudian masukan daun pandan yang sudah dibersihkan tadi, agar aroma dan sari-sari daun keluar, Anda perlu mengikat daun pandan dalam bentuk simpul sebelum dimasukan ke dalam air mendidih.

Rebus daun pandan sekitar 5 sampai 10 menit, lalu saring dan dinginkan air tersebut sekitar 10 menit. Air rebusan daun pandan sudah bisa Anda gunakan untuk mengatasi beberapa masalah pada tubuh seperti,

  1. Mendetoksifikasi tubuh
    Antioksidan yang terkandung pada beberapa makanan atau minuman dapat digunakan untuk detoksifikasi tubuh, selain air lemon dan teh hijau, untuk mendapatkan manfaat dari antioksidan tersebut, Anda juga bisa menggunakan air rebusan daun pandan. Dengan meminum air rebusan daun pandan, beberapa organ tubuh terutama hati dapat terlindungi dari radikal bebas yang dapat merusak.
  2. Mengatasi insomnia
    Apakah Anda sering susah tidur di malam hari? Cara paling mudah untuk mengatasi insomnia ini adalah dengan mengonsumsi minuman hangat agar tubuh menjadi rileks dan mudah terlelap. Anda bisa minum teh pandan yang masih hangat, dan nikmati aromanya yang menenangkan.
  3. Mengatasi kram perut
    Meminum air rebusan daun pandan yang masih hangat bisa membuat kondisi perut menjadi lebih baik, cara ini bisa Anda gunakan saat mengalami kram perut, terutama saat sedang haid.
  4. Menormalkan tekanan darah
    Manfaat lain yang bisa Anda dapatkan adalah dapat menormalkan tekanan darah, jadi saat Anda mengalami sakit kepala karena tekanan darah yang tinggi, maka tidak ada salahnya untuk meminum air rebusan daun pandan.
  5. Menurunkan risiko kanker
    Anda juga bisa menggunakan air rebusan daun pandan sebagai obat tradisional untuk pencegahan bertumbuhnya sel kanker, meskipun begitu Anda tetap harus melakukan pengobatan di dokter dan menerapkan pola hidup sehat. Meminum rebusan daun pandan ini hanyalah sebagai pelengkap dari pengobatan dokter.
  6. Meredakan demam
    Saat Anda demam tentunya sangat menyegarkan jika mengonsumsi minuman hangat, selain minum air jahe atau teh, Anda juga bisa meminum air rebusan daun pandan, cara ini dipercaya bisa membuat kondisi tubuh menjadi lebih baik.

Itulah beberapa manfaat rebusan daun pandan yang bisa Anda dapatkan, ada banyak sekali masalah tubuh yang bisa diatasi. Selain mengonsumsi air rebusan pandan tersebut, pastikan Anda tetap menjaga pola hidup sehat.