Health

Tubuh Terasa Nyeri Saat Haid? Simak Cara Mengatasinya!

Efek kram yang dialami wanita saat haid berbeda-beda. Ada yang merasa biasa-biasa saja, dan ada juga yang merasakan sakit perut hingga mengganggu kegiatan sehari-hari. Tidak sedikit wanita yang merasakan nyeri saat hari pertama haid atau datang bulan. Nyeri Haid merupakan kondisi yang tidak menyenangkan untuk sebagian besar wanita.  Darah yang keluar dari organ intim sebagai siklus bulanan alami pada tubuh wanita seringkali disertai dengan rasa nyeri yang membuat wanita menjadi merasa sangat sensitif. Rasa nyeri tersebut yang membuat hari pertama menjadi tidak nyaman. 

Penyebab nyeri haid sendiri memang bisa beragam. Hal yang perlu diketahui bahwa selama periode haid, rahim wanita berkontraksi untuk membantu mengeluarkan lapisannya. Zat mirip hormon (prostaglandin) yang terlibat dalam rasa sakit dan peradangan memicu kontraksi otot rahim. Hal ini yang membuat perut terasa nyeri bahkan hingga menimbulkan rasa kram. Lantas bagaimana meredakan nyeri menstruasi yang membuat tubuh tak nyaman? 

cara meredakan nyeri haid

Cara Tepat Untuk Mengatasi Nyeri Haid

1. Kompres dengan Air Hangat

Cara pertama yang dapat dilakukan untuk mengurangi rasa nyeri haid adalah dengan melakukan kompres air hangat. Memberikan rasa hangat ke perut dan punggung bawah selama 15 hingga 20 menit saat mengalami nyeri haid dapat mengurangi rasa sakit. Caranya mengkompresnya juga mudah, kamu hanya perlu menyiapkan botol atau bantal yang berisi air hangat lalu menggosok-gosokkan ke bagian yang terasa nyeri. Hal lain yang bisa dilakukan yakni dengan berendam dalam bak mandi air hangat. Berendam dalam air hangat merupakan cara yang bagus untuk meredakan nyeri haid.

2. Lakukan Terapi Pijat di Daerah yang Nyeri

Cara lainnya yang dapat digunakan untuk mengurangi rasa nyeri haid yakni dengan melakukan terapi pijat. Lakukan terapi pijat selama kurang lebih 20 menit pada daerah yang terasa nyeri. Hal ini dipercaya dapat membantu meredakan rasa nyeri. Gunakan minyak esensial ketika melakukan terapi pijat.  Minyak esensial yang bisa digunakan untuk pijat yakni lavender, mawar, kayu manis, sage, marjoram, dan cengkeh.

3. Hindari untuk Konsumsi Makanan dan Minuman Tertentu

Ketika haid tiba, hindari untuk mengkonsumsi makanan serta minuman yang dapat membuat kembung dan retensi air. Beberapa jenis makanan dan minuman yang dianjurkan untuk tidak dikonsumsi adalah sebagai berikut: 

  • Alkohol
  • Makanan berlemak
  • Minuman berkarbonasi
  • Kafein 
  • Makanan asin 

4. Konsumsi Kunyit

Kunyit dipercaya ampuh untuk mengatasi rasa nyeri berupa kram perut. Hal itu disebabkan karena kandungan kurkumin pada kunyit dapat menghambat produksi prostaglandin berlebih yang ada pada rahim. Namun jangan konsumsi kunyit atau olahan kunyit terlalu banyak sebagai obat nyeri haid. Alasannya karena karena beresiko terserang sakit perut dan maag.

5. Jangan Lupa untuk Rutin Minum Air

Hal ini merupakan kegiatan yang mungkin dianggap sepele bagi sebagian orang, tetapi perlu diketahui bahwa minum air secara rutin dapat membantu tubuh menghindari rasa kembung yang menyakitkan selama haid. Ketika haid disarankan untuk minum air hangat. Air hangat atau panas biasanya lebih baik untuk mengatasi kram, karena cairan panas meningkatkan aliran darah ke kulit dan dapat mengendurkan otot yang kram.

6. Rutin Lakukan Olahraga 

Olahraga merupakan suatu kegiatan yang efektif dalam mengurangi nyeri haid dan bahkan dapat menghilangkan atau mengurangi kebutuhan akan obat pereda nyeri. Aktivitas olahraga membantu tubuh untuk  melepaskan hormon endorfin. Salah satu olahraga yang dapat dilakukan adalah yoga. Yoga adalah olahraga ringan yang juga melepaskan endorfin dan membantu mencegah atau mengurangi gejala menstruasi.

Suplemen nyeri haid

7. Konsumsi Nutriwell Vitamin E 400 IU Water Soluble

Cara lain yang bisa dilakukan untuk mengurangi gejala nyeri haid yakni dengan mengkonsumsi secara rutin Nutriwell Vitamin E 400 IU Water Soluble. Nutriwell Vitamin E 400 IU Water Soluble memiliki penyerapan yang lebih baik dibandingkan dengan vitamin E biasa. Selain itu Nutriwell Vitamin E 400 IU Water Soluble juga memiliki manfaat lain untuk tubuh sebagai berikut: 

  • Sebagai antioksidan (menangkal radikal bebas)
  • Memelihara kesehatan kulit dan anti ageing (moisturizing skin)
  • Membantu mengurangi nyeri haid
  • Mencegah penyakit alzheimer
  • Meningkatkan energi

Oke Natural Buddy itu tadi beberapa hal yang bisa kamu terapkan untuk mengatasi rasa nyeri haid. Kamu juga bisa mulai mengkonsumsi Nutriwell Vitamin E 400 IU Water Soluble secara rutin agar rasa nyeri berkurang. Semoga informasi yang Natural Farm berikan bermanfaat untukmu. Jangan lupa Happy Healthy Habits. Pantau terus media sosial Natural Farm di @naturalfarm.id dan website Natural Farm untuk tahu info dan promo menarik lainnya.