Health

Obat Sakit Gigi Antibiotik yang Paling Ampuh untuk Anda

Sakit gigi memang seringkali menimbulkan rasa tidak nyaman dan nyeri di kepala bahkan sekujur tubuh. Jika nyerinya masih bisa diatasi, Anda bisa menggunakan beberapa pilihan obat antibiotik yang bisa menyembuhkan rasa nyeri di gigi. Namun, jika kerusakan gigi yang Anda alami sudah cukup parah, ada baiknya untuk konsultasi terlebih dahulu ke dokter gigi untuk penanganan lebih lanjut. Berikut ini beberapa pilihan obat sakit gigi antibiotik yang bisa Anda temukan di apotik dan mujarab untuk Anda, simak penjelasan di bawah ini:

1. Obat Paracetamol

Paracetamol merupakan obat sakit gigi yang tergolong obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID), obat ini bisa membantu dalam meredakan rasa nyeri pada gigi apalagi nyeri pada gigi yang baru saja dicabut. Obat Paracetamol cukup bekerja efektif dalam menghambat produksi prostaglandin di otak, sehingga dapat menghentikan rasa nyeri. Selain itu, Paracetamol bisa menurunkan demam dan meringankan rasa sakit kepala yang diakibatkan dari sakit gigi.

2. Hidrogen Peroksida 3 %

Hidrogen Peroksida ini merupakan antiseptik berupa cairan yang biasanya dijadikan sebagai obat kumur yang berfungsi untuk membunuh bakteri dan kuman yang diakibatkan dari masalah gigi, gusi, radang gusi, bahkan sariawan. Cara penggunaannya cukup Anda larutkan Hidrogen Peroksida dengan air lalu Anda kumur-kumur kurang lebih 30 detik, kemudian buang air kumuran tersebut dan berkumur dengan air yang bersih. Sebaiknya cairan Hidrogen Peroksida harus terlebih dahulu dilarutkan karena cairan yang murni bisa saja melukai gusi dan mulut. 

3. Obat Naproxen

Obat ini termasuk obat yang dapat meredakan nyeri termasuk sakit gigi. Naproxen berbentuk tablet yang dosisnya 220 mg. Meskipun obat ini cukup ampuh dalam mengobati rasa sakit gigi, namun obat ini juga memiliki efek samping yang umumnya sering terjadi, seperti mulas ringan, sakit perut, sembelit, diare, sakit kepala, perut kembung, penglihatan kabur, dan kulit gatal dan memerah. Karenanya, Anda perlu mengkonsultasikan terlebih dahulu ke dokter gigi sebelum meminum obat ini. 

4. Obat Ibuprofen

Obat ini sama halnya dengan Paracetamol karena tergolong obat NSAID yang terbukti ampuh dalam mengobati sakit gigi dan masalah penyakit yang lainnya. Akan tetapi, jangan meminum obat ini dalam kondisi perut kosong, karena dapat melukai lambung Anda. Obat Ibuprofen ini merupakan pengganti dari obat anti-inflamasi nonsteroid yang dipercaya dapat bekerja dengan efektif untuk mengobati sakit gigi juga bisa mengurangi masalah pada peradangan. Obat Ibuprofen ini dapat menimbulkan efek samping yang ringan sampai berat. Beberapa efek samping yang ringan dari obat ini yakni muntah, mual, gugup, perut kembung, sakit kepala, sembelit, diare, dan telinga berdenging.

Untuk efek samping yang berat yakni sesak napas, nyeri dada, urin berwarna gelap, feses berwarna hitam atau berdarah, mata menguning dan kulit. Jika rasa sakitnya sudah menghilang, Anda bisa menghentikan penggunaan pada obat ini. Karena, obat Ibuprofen tidak boleh dikonsumsi dengan jangka waktu yang panjang. Pastikan Anda untuk selalu membaca petunjuk dalam pemakaian obat disertai dengan dosis yang telah dianjurkan. Jika terjadi efek samping pada diri Anda, sebaiknya segera hentikan minum obat ini dan segera hubungi dokter. 

5. Obat Amoxicilin

Obat ini adalah salah satu obat antibiotik yang seringkali diresepkan dokter untuk mengobati sakit gigi. Amoxicilin terbukti bekerja ampuh dalam membunuh bakteri yang disebabkan oleh infeksi di dalam tubuh juga pertumbuhannya. 

Demikianlah, beberapa obat sakit gigi antibiotik yang bisa dijadikan rekomendasi Anda pada saat mengalami sakit gigi. 

Photo by Sammy-Sander