Health

Obat Sakit Gigi Berlubang Secara Alami dengan Bahan yang Mudah Ditemukan

Masalah gigi berlubang sudah umum terjadi di indonesia. Biasanya permasalahan tersebut disebabkan karena tidak menjaga kebersihan gigi dan mulut atau konsumsi makanan yang dapat memicu kerusakan gigi. Gigi berlubang jika tidak segera diatasi bisa memburuk, selain lubangnya yang tambah melebar dan rasa sakit yang juga akan semakin parah.

Obat sakit gigi berlubang bisa anda temukan dimana saja, baik di apotek maupun anda bisa menggunakan cara tradisional untuk mengatasi masalah ini. Untuk mengurangi sensasi sakitnya, sementara anda bisa berkonsultasi ke dokter dan meminta obat Pereda nyeri.

Gigi berlubang biasanya disebabkan oleh zat asam yang merusak gigi. Zat asam tersebut merupakan hasil produksi dari bakteri pemakan gula sisa sisa makanan yang tertinggal di rongga mulut. Bakteri tersebut menggunakan zat asam untuk mempermudah dalam mencerna makanan. Kemudian zat asam yang menempel tersebutlah yang akan merusak lapisan gigi secara perlahan.

Umumnya orang beranggapan bahwa gigi berlubang itu disebabkan oleh bakteri pemakan gigi, namun faktanya bakteri tersebut hanya memakan gula dari sisa makanan yang tertinggal dengan mengeluarkan zat asam. Bila masalah gigi berlubang ini tidak segera diatasi maka akan menyebabkan komplikasi yang bisa menyebabkan kematian. Kondisi tersebut dikenal dengan oral fistula.

Umumnya obat sakit gigi berlubang yang akan diberikan dokter adalah Pereda nyeri kemudian dokter akan menawarkan untuk menambal gigi yang berlubang tersebut. Tentunya terdapat prosedur tertentu sebelum penambalan dilakukan sehingga anda juga perlu memperhatikan kualifikasi dan profesionalisme dari dokter yang anda kunjungi.

Sakit gigi sering muncul secara tiba tiba sehingga ketika sakit yang tak tertahankan datang mungkin saja anda tidak sempat untuk melakukan periksa ke dokter gigi, maupun membeli obat di apotek saat persediaan di rumah anda habis. Berikut adalah beberapa cara yang bisa anda terapkan untuk meredakan sakit dan dengan bahan yang mudah ditemukan anda bisa meramu obat sakit gigi berlubang buatan anda sendiri.

1.     Garam dapur

Garam dapur dikerahui memiliki kandungan antiseptic dan antibakteri yang bisa digunakan untuk meredakan sakit gigi sebagai obat alami. Caranya cukup mudah, anda hanya perlu berkumur dengan air yang dicampur garam. Air garam ini dapat mengurangi risiko peradangan, mengatasi nyeri dan infeksi serta mencegah perkembangan bakteri di mulut. Metode ini bisa dilakukan selama 3 kali sehari selama sakit gigi.

2.     Bawang putih

Belum banyak yang mengetahui bahwa bawang putih ternyata bisa dijadikan sebagai obat sakit gigi berlubang. Bawang putih telah digunakan secara turun temurun untuk mengatasi masalh tersebut meskipun bawang putih juga menyebabkan bau mulut. Meskipun begitu bawang putih bisa mengurangi rasa nyeri saat gejala itu muncul serta memiliki manfaat ekstra yang bisa menjadikan gigi dan gusi anda lebih sehat. Untuk memanfaatkan bawang putih sebagai obat sakit gigi anda bisa menggunakan 3 sampai 4 siung bawang putih serta ¼ sendok teh garam kemudian mengoleskannya ke gigi yang berlubang tersebut. Setelah itu diamkan selama 10 menit kemudian berkumur. Metode ini bisa diaplikasikan selama 2 kali sehari selama sakit gigi masih berlangsung.

3.     Licorice

Berdasarkan penelitian di tahun 2011 ternyata akar manis atau licorice  memiliki kandungan antibakteri yang ampuh sebagai obat sakit gigi berlubang. Selain itu manfaat lain dari akar manis ini juga bisa mengurangi plak gigi. Caranya dengan melarutkan 1 sendok teh bubuk akar manis ke segelas air hangat, dan gunakan untuk berkumur selama 4 sampai 5 kali sehari.