Health

Pahami Cara Minum Pil KB dan Aturan Pakai yang Tepat

Kehamilan merupakan salah satu anugerah dari Tuhan yang banyak diinginkan oleh pasangan, akan tetapi penting juga bahwa sebelum memutuskan untuk memiliki anak, maka orangtua terlebih dahulu memastikan bahwa sudah siap dari segala sisi untuk menyambut anak ini datang ke dunia. Di sisi lain, tidak jarang pula banyak dari pasangan yang merasa bahwa belum siap memiliki anak atau hanya cukup untuk memiliki seorang anak saja dengan mengatur atau mencegah terjadinya kehamilan yang dimiliki. Mencegah kehamilan ini bisa menggunakan konsumsi pil KB yang memberikan efektivitas cukup tinggi selama mengetahui bagaimana cara minum pil KB serta aturan pakainya dengan benar seperti berikut ini.

Pil Kombinasi

Supaya bisa menggunakan cara minum pil KB yang tepat, maka perlu untuk diketahui terlebih dahulu bahwa terdapat jenis pil kombinasi yang digunakan selama 21, 28, atau 91 hari sesuai dengan kebutuhan dan perencanaan yang dimiliki oleh pasangan itu sendiri. Konsumsi dari pil kombinasi ini bisa dilakukan selama satu kali dalam satu hari dengan waktu yang sama dan termasuk efektif karena pasangan masih bisa melakukan hubungan intim tanpa perlu untuk menggunakan pengaman. Setiap bentuk konsumsi pil KB kombinasi ini memiliki aturannya masing-masing sehingga akan lebih baik jika dikonsultasikan terlebih dahulu bersama dengan dokter agar bisa memberikan efek yang bekerja.

Waktu Tepat Konsumsi Pil Kombinasi

Berkaitan dengan cara minum pil KB yang ada, agar bisa menggunakannya dengan tepat perlu untuk memastikan bahwa konsumsi pil kombinasi sendiri dilakukan saat hari pertama mendapatkan haid sampai lima hari ke depannya agar bisa membantu untuk mencegah terjadinya kehamilan. Apabila konsumsi dilakukan di luar dari siklus haid yang ada, maka bisa untuk mengkonsumsinya selama tujuh hari berturut-turut terlebih dahulu. Saat masa tujuh hari ini, akan lebih baik jika berpuasa atau tidak melakukan hubungan seksual, bisa juga untuk memilih menggunakan pengaman seperti kondom agar mampu untuk mencegah terjadinya kehamilan sesuai dengan perencanaan yang sebelumnya telah dilakukan.

Pil Mini

Untuk cara minum pil KB yang kedua yaitu jika memilih untuk menggunakan jenis pil mini yang dikenal dengan nama pil progestin dan memiliki aturan minum yang khusus sehingga tidak bisa untuk dilakukan dengan sembarangan begitu saja. Perlu untuk mengkonsumsi pil satu ini dengan jam yang sama setiap harinya dan hanya bisa terlambat maksimal tiga jam saja agar mampu untuk memberikan efektivitas dengan lebih baik dan bekerja dengan lancar. Maka dari itu, tidak jarang biasanya banyak pengguna dari pil ini akan memasang pengingat maupun alarm agar tidak terlambat dalam mengkonsumsi setiap harinya dan sesuai dengan panduan yang telah diberikan.

Waktu Tepat Konsumsi Pil Mini

Para pengguna agar bisa menentukan cara minum pil KB yang paling tepat dan benar yaitu dengan mengetahui kapan sebenarnya waktu yang paling tepat dan sesuai untuk bisa mengkonsumsi jenis pil yang satu ini dengan lebih tepat. Pada dasarnya, untuk konsumsi jenis pil KB yang satu ini bisa dilakukan kapan saja saat masuk ke dalam siklus haid yang ada dengan cara kerja yaitu bisa membantu untuk mencegah kehamilan dua hari setelah mengkonsumsi pil ini. Cara pakai dari pil KB ini kurang lebih sama seperti penggunaan kondom yaitu dua hari pertama dan dua hari kedepan yang selanjutnya.