Sport

Suplemen Pembentuk Otot: Jenis, Tips & Rekomendasi Suplemen Terbaik

By Vivi |

Berolahraga yang diikuti dengan mengonsumsi suplemen pembentuk otot merupakan kombinasi terbaik untuk mengembangkan dan membentuk massa otot. Belum lagi bila Anda melengkapi nutrisi dengan konsumsi makanan bernutrisi.

Saat seseorang ingin membentuk tubuh dan otot, latihan fisik seperti fitness dan gym akan membantu pembentukan otot. Akan tetapi, jika hanya melakukan latihan fisik saja sulit mencapai pembentukan tubuh dan otot. Oleh karena itu, sebaiknya kombinasi suplemen untuk pembentukan otot dengan latihan fisik dan makan makanan bernutrisi.

Jenis-Jenis Suplemen Pembentuk Otot

Meski peran suplemen mempercepat pembentukan otot cukup krusial. Namun tak semua jenis suplemen memberikan hasil efektif untuk membentuk otot. Kenali jenis nutrisi yang efektif untuk meningkatkan massa otot dan membentuk kekuatan otot.

1. Creatine

Creatine dibutuhkan tubuh manusia sebagai asupan energi kepada otot dan jaringan lainnya. Saat otot menerima asupan energi yang cukup, maka seluruh aktivitas Anda akan berjalan lancar.

Lain halnya bula asupan energi yang diterima otot berkurang, maka Anda jadi mudah dan cepat lelah saat melakukan latihan fisik. Seseorang yang sedang membentuk tubuh disarankan mengonsumsi suplemen pembentuk otot yang mengandung kadar creatine tinggi untuk memberikan dorongan energi pada otot selama masa latihan fisik.

Manfaat lain dari kandungan creatine untuk tubuh, di antaranya:

  • Meningkatkan berat badan tanpa meningkatkan jumlah lemak
  • Meningkatkan massa dan sel otot
  • Membantu proses pemulihan setelah latihan fisik
  • Meningkatkan proses penyimpanan glikogen
  • Meningkatkan tenaga otot berintensitas tinggi

2. Beta-Alanine (BA)

Beta-alanine termasuk jenis asam amino non-essensial yang membantu menekan rasa lelah saat manusia melakukan latihan fisik, seperti fitness dan gym. Sebenarnya tubuh dapat memproduksi beta-alanine dari penyerapan asam amino jenis lain.

Nantinya beta-alanine tersebut akan melakukan proses sintesis terhadap karnosin, jenis asam amino lain, supaya dapat tersimpan di dalam otot dan otak untuk kemudian mengirimkan sinyal untuk mengurangi rasa lelah. Proses kerja beta-alanin dibantu dengan L-Histidine.

Saat kadar karnosin dipertahankan dalam tingkat dasar, kemudian tubuh akan menerima sinyal untuk menunda akumulasi hidrogen dan hasil asam untuk kemudian dapat menunda kelelahan dan kegagalan otot.

3. Protein

Protein menjadi nutrisi cukup penting untuk membantu meningkatkan massa otot sekaligus pembentukan otot. Namun untuk hasil lebih optimal, Anda perlu mengonsumsi protein dengan kadar lebih dari standar asupan harian.

Idealnya asupan protein harian protein sebesar 0,8 gram per kilogram berat badan. Sedangkan untuk proses pembentukan otot, tingkatkan kadar tersebut sekitar 1,2 kilogram sampai 2 kilogram per kilogram berat badan. Penambahan kadar asupan hasian protein ini tergantung fase latihan. Anda bisa berkonsultasi dengan trainee atau dokter.

Terdapat dua jenis protein yang bisa Anda konsumsi yaitu whey protein dan casein protein. Whey protein termasuk jenis protein yang mudah dicerna sehingga cocok dikonsumsi sebelum atau setelah latihan fisik. Sedangkan casein protein memerlukan waktu lama untuk dicerna. Karenanya disarankan untuk dikonsumsi sebelum tidur.

4. Branched Chain Amino Acids

Branched Chain Amino Acids atau BCAA merupakan nutrisi yang terdiri dari tiga kandungan asam amino, antara lain isoleucine, valine, dan leucine. Nutrisi BCAA menjadi sumber energi selama Anda melakukan latihan fisik dan berolahraga.

Namun, peran utamanya serupa dengan whey protein yakni untuk membantu proses pemulihan jaringan otot setelah melakukan latihan fisik dan olahraga. BCAA juga memberi efek mengurangi rasa sakit karena kelelahan otot selama berolahraga dan proses perbaikan recovery metabolik.

5. Nutrisi HMB

Nutrisi HMB alias beta-hydroxy beta-methylbutyrate merupakan nutrisi yang diproduksi tubuh saat melakukan proses penyerapan asam amino leusin. Nutrisi HMB dapat diproduksi secara alamiah di dalam tubuh. Namun, untuk proses pembentukan otot sebaiknya mengonsumsi nutrisi HMB dibutuhkan tubuh. Pasalnya HMB memiliki peran cukup krusial untuk mengurangi proses pemecahan protein pada otot selama latihan.

6. Jenis Suplemen Lain

Selain jenis suplemen di atas, ada jenis suplemen pembentuk otot dengan cepat yang cukup efisien untuk mengembangkan dan membentuk otot. Beberapa di antaranya yaitu:

  • Carnitine dan glutamine cukup efektif untuk meningkatkan massa otot untuk orang tua
  • CLA alias asam linoleat terkonjugasi termasuk sekelompok lemak omega-6 yang cukup memberikan efek asam pada tubuh
  • Nutrisi penguat testosteron

Baca juga: Jaga Tubuh Tetap Terhidrasi Dengan Minuman Energi Untuk Olahraga

Tips Memilih Suplemen Pembentuk Otot

Walaupun Anda sudah mengetahui jenis-jenis suplemen agar otot cepat terbentuk. Akan tetapi, dalam memilih produk suplemen ada beberapa hal yang perlu diperhatikan supaya kegunaan suplemen tersebut tepat sasaran.

Adapun tips untuk memilih produk suplemen pembakar lemak dan pembentukan otot, antara lain:

  • Pilih suplemen gym sesuai tujuan dan manfaatnya, apakah itu untuk meningkatkan massa otot atau membantu proses recovery
  • Sesuaikan kandungan nutrisi dan dosis 
  • Ingat, peran suplemen hanya membantu proses pembentukan bukan sebagai hal utama untuk membentuk otot
  • Bila diperlukan, lakukan konsultasi dengan trainee atau dokter
  • Pilih produk suplemen yang aman dan telah tersertifikasi BPOM dan sejenisnya

Apakah bisa mengombinasikan jenis suplemen satu dengan yang lainnya untuk mendapatkan hasil maksimal? Beberapa ahli berpendapat bahwa nutrisi whey protein dan asam amino bisa dikombinasikan untuk meningkatkan kebutuhan protein tubuh. 

Sementara itu, bila Anda memiliki berat underweight dan berencana untuk membentuk otot lebih cepat, maka pilih suplemen mass gainer. Tips terakhir dengan mengonsumsi suplemen preworkout untuk meningkatkan durasi latihan fisik dan olahraga, seperti suplemen kafein dan creatine.

Rekomendasi Produk Suplemen Pembentuk Otot

Apakah tanpa suplemen otot bisa terbentuk? Jawabannya tentu bisa, namun bila hanya berolahraga proses pengembangan dan peningkatan massa otot akan berlangsung cukup lama.

Karenanya disarankan untuk melakukan latihan fisik dan berolahraga berbarengan dengan mengonsumsi makanan bernutrisi dan suplemen terbaik untuk membentuk otot dan membakar lemak. Berikut ini rekomendasi produknya.

1. BSN True Mass 1200

Suplemen BSN True Mass 1200 diproduksi dengan formula khusus menggunakan perbandingan antara protein dan karbohidrat sebesar 4 banding 1. Di mana kadar protein sebesar 50 gram dan kadar karbohidrat sebesar 214 gram. Dengan jumlah protein dan karbohidrat tersebut, suplemen ini dapat memenuhi kebutuhan makronutrien karbohidrat dan protein.

Sesuai dengan namanya, suplemen BSN True Mass memiliki kadar kalori cukup besar yaitu 1220 kalori untuk mencukupi kebutuhan kalori tubuh. Selain itu, terdapat kandungan lain yakni BCAA dan asam amino. Setiap nutrisi tersebut diformulasikan menggunakan bahan baku berkualitas tinggi dengan teknologi terbaik.

Tersedia tiga varian rasa yaitu cokelat, strawberry dan vanilla. Anda bisa mengonsumsi suplemen ini untuk membantu proses pemulihan massa otot pasca latihan.

2. Optimum Nutrition Serious Mass

Suplemen Optimum Nutrition Serious Mass diformulasi khusus sehingga aman dan efektif dikonsumsi oleh atlet yang sedang program meningkatkan penampilan fisik. Optimum mengklaim suplemen ini paket lengkap karena dapat menambah berat badan, meningkatkan massa otot sekaligus membantu proses pemulihan pasca latihan.

Terdapat varian suplemen Optimum Nutrition Serious Mass berdasarkan ukuran dan rasanya. Ada suplemen Optimum Nutrition Serious Mass berukuran 3LB, 6LB dan 12LB. Sementara varian rasanya sendiri, ada rasa vanilla, chocolate, banana dan strawberry.

3. Optimum Nutrition Creatine

Suplemen Optimum Nutrition Creatine memiliki efek yang berkonsentrasi hanya pada otot. Di mana dengan mengonsumsi suplemen Optimum Nutrition Creatine, kandungan nutrisinya membantu menambah kekuatan dan massa otot, meningkatkan ketahanan tubuh dan durasi latihan fisik sekaligus membantu proses recovery saat terjadi kerusakan dan peradagan sel otot pasca latihan.

Terdapat dua pilihan bentuk suplemen Optimum Nutrition Creatine, di antaranya:

4. Pro Complex Gainer Double

Rekomendasi suplemen paling cepat membentuk otot dan membakar lemak terakhir yakni Pro Complex Gainer Double. Nutrisi yang terkandung di antaranya 60 gram protein dan 85 gram karbohidrat.

Nutrisi lain yang terkandung dalam suplemen Pro Complex Gainer Double yaitu berbagai jenis protein seperti Whey Protein Isolat, Whey Protein Konsentrat, Kalsium Kaseinate, Albumin Telur, Peptida Hidrolisa Whey.

Dengan begitu, Anda dapat meningkatkan massa otot sekaligus membantu proses pemulihan pasca latihan fisik dan olahraga. Terdapat berbagai varian suplemen yang bisa Anda pilih. Mulai dari ukuran 5,09LB dan 10,19LB. Kedua varian tersebut memiliki rasa yang sama yakni double chocolate.

Setelah mengetahui jenis-jenis suplemen dan perannya masing-masing untuk membantu proses pembentukan dan peningkatan massa otot. Anda dapat menemukan produk suplemen kesehatan, khususnya untuk latihan fisik dan olahraga melalui website Natural Farm.

Sekali lagi ingat, bahwa hanya mengonsumsi suplemen pembentuk otot saja tak cukup untuk meningkatkan dan mengembangkan kekuatan dan massa otot. Konsumsi suplemen harus dibarengi dengan latihan fisik dan konsumsi makanan bernutrisi.

Yuk, mulai berinvestasi dengan kesehatan tubuh!

Share

Latest Articles

7 Penyebab dan Cara Mengatasi Anak Susah Makan

Kenali 10 Penyebab Sering Lupa yang Sering Dialami Generasi Muda

Kenali Ciri Ciri Depresi dari Aspek Psikologi dan Fisik

Begini Cara Cepat Hamil Setelah Menikah Bersama Pasangan

10 Rekomendasi Body Lotion untuk Bayi yang Aman dan Bebas Bahan Berbahaya untuk Bayi

Rekomendasi Vitamin untuk Ibu Hamil dan Pertumbuhan Janin

Article Category