Sport

Suplemen Gym: Jenis, Manfaat, & Rekomendasi Suplemen Terbaik

By Vivi |

Untuk memaksimalkan aktivitas gym dan fitness, disarankan untuk mengonsumsi suplemen gym dan makanan tinggi protein. Namun tahukah Anda ternyata cukup beragam jenis suplemen untuk gym dan fitness berdasarkan fungsinya.

Mengonsumsi suplemen gym untuk pemula dapat membantu pembentukan otot lebih cepat. Selain itu, ada jenis suplemen yang membantu proses recovery otot lebih cepat pasca latihan fisik di tempat fitness.

Jenis-Jenis Suplemen Gym

Sebelum membeli produk suplemen fitness ini, ada baiknya ketahui terlebih dulu apa saja jenis suplemen gym beserta fungsinya berikut ini.

1. Creatine

Konsumsi suplemen creatine dilakukan sebelum memulai latihan atau gym. Pasalnya saat melakukan aktivitas fitness dan gym, sering kali Anda akan merasa cepat lelah sehingga proses latihan kurang optimal.

Lain halnya bila Anda mengonsumsi creatine terlebih dulu. Creatine mengandung asam amino cukup tinggi untuk membantu memproduksi energi yang dibutuhkan otot saat akan fitness nanti. Dengan begitu, Anda tidak akan mudah lelah saat melakukan fitness dan gym.

Semakin banyak energi yang dikumpulkan otot, semakin panjang durasi gym maka semakin banyak lemak yang terbakar dan peningkatan massa otot. Akan tetapi, ada catatan yang perlu Anda ketahui bahwa saat mengonsumsi creatine sebaiknya melakukan latihan yang maksimal karena bila tidak maka efek sampingnya bisa membuat Anda sulit tidur.

2. Whey

Setelah melakukan aktivitas latihan gym dan fitness, lengkapi nutrisi tubuh dengan mengonsumsi suplemen yang mengandung whey. Jenis suplemen whey mengandung kadar protein tinggi dari hewani.

Fungsi jenis suplemen whey untuk membantu mendinginkan otot yang sudah lelah setelah melakukan aktivitas fitness dan gym. Kemudian mengisi kembali energi sehingga massa otot dapat berkembang dan terbentuk dengan cepat.

3. Fat Burner

Jenis suplemen fat burner cocok dijadikan multivitamin pendamping bila Anda sedang mengikuti program diet. Asalkan Anda mengikuti dosis sesuai anjuran konsumsi suplemen.

Fat burner membantu proses pembakaran lemak lebih optimal dengan cara mendukung kerja sistem metabolisme tubuh. Dengan begitu, proses pembakaran lemak dan mengeluarkan sisa pembakaran lemak lebih maksimal lagi.

4. Gainer

Sedangkan untuk menambah berat badan, Anda bisa mengonsumsi jenis suplemen gainer. Kandungan nutrisi yang terkandung pada jenis suplemen gainer antara lain karbohidrat, protein, dan kalori dalam kadar tinggi.

Kandungan karbohidrat membantu memberikan energi yang dibutuhkan tubuh selama masa latihan. Fungsi lain karbohidrat ekstrak dalam gainer untuk menambah angka kalori dalam kadar tinggi.

Kemudian kandungan protein sendiri membantu proses peningkatan dan pembentukan massa otot. Dengan begitu, berat badan Anda akan bertambah dengan memanfaatkan perkembangan otot, bukan perkembangan lemak di dalam tubuh.

5. Branched Chain Amino Acids (BCAA)

Jenis suplemen yang terakhir yaitu BCAA. Di dalam BCAA terkandung 3 asam amino yaitu leusin, isoleusin dan valin. Ketiga kandungan asam amino tersebut terkoneksi dalam satu rantai inti vitamin.

Disarankan mengonsumsi BCAA setelah Anda melakukan latihan fitness atau gym. Hal tersebut karena BCAA membantu mengontrol dan menjaga massa otot pasca latihan agar tidak menyusut.

Selain itu, kandungan BCAA juga membantu meningkatkan pertumbuhan massa otot dan mengaktifkan jalur khusus di dalam tubuh sebagai perangsang sintesis protein yang dibutuhkan otot.

Baca juga: Apakah Efektif Minum Creatine Tanpa Olahraga?

Manfaat Suplemen Gym

Orang yang melakukan latihan fisik seperti fitness dan gym umumnya memiliki tujuan khusus untuk bentuk tubuhnya, selain hanya ingin menjaga dan meningkatkan kesehatan tubuh. Tujuan yang paling umum ialah untuk membentuk tubuh melalui proses pembentukan massa otot.

Akan tetapi yang perlu diingat bahwa konsumsi suplemen gym hanya mempercepat proses pembentukan otot yang optimal dengan cara memberikan energi lebih yang dibutuhkan tubuh selama masa dan setelah melakukan fitness atau gym.

Secara spesifik, berikut ini manfaat mengonsumsi suplemen khusus untuk fitness dan gym, antara lain:

  • Membantu meningkatkan massa otot lebih cepat dan optimal
  • Memberikan tambahan energi yang membantu proses latihan fitnes atau gym
  • Mengonsumsi creatine ternyata membantu penurunan kadar gula darah lebih baik
  • Mengonsumsi whey protein membantu penderita diabetes tipe 2 memproduksi kadar insulin pada darah lebih banyak
  • Membantu penurunan berat badan lebih efektif karena kandungan karbohidrat di dalam suplemen yang membantu pemenuhan kalori
  • Mendinginkan massa otot dan respons tubuh pasca melakukan latihan fisik, fitness atau gym

Cara Memaksimalkan Manfaat Suplemen Gym

Stigma bahwa untuk membentuk tubuh dan otot bisa dilakukan dengan mengonsumsi suplemen khusus gym dan fitnes merupakan pemahaman yang keliru. Sebab, fungsi dan peran suplemen gym hanya memberikan dukungan terhadap peningkatan dan pembentukan massa otot.

Untuk membentuk otot, sepenuhnya bisa Anda dapatkan dengan melakukan latihan fisik seperti fitness dan gym. Saat aktivitas fisik tersebut telah maksimal Anda lakukan, pembentukan otot akan terealisasikan.

Untuk membantu proses peningkatan dan pembentukan massa otot tersebut, Anda bisa mengonsumsi supelemen gym. Supaya efek konsumsi suplemen khusus fitness dan gym lebih optimal lagi, ada tiga hal yang bisa Anda lakukan, di antaranya:

  • Mengonsumsi suplemen sesuai aturan dan anjuran dosis yang telah tertulis pada petunjuk di kemasan, hindari penggunaan dosis lebih besar hanya karena ingin mendapatkan hasil maksimal karena tindakan tersebut dapat membahayakan kesehatan tubuh
  • Mengonsumsi suplemen dibarengi dengan olahraga, fitness, dan gym rutin
  • Tetap mengonsumsi makanan bernutrisi, khususnya makanan yang kaya akan protein untuk membantu proses pembentukan tubuh

Rekomendasi Suplemen Gym

Berikut ini rekomendasi produk suplemen yang aman dan efektif untuk pembentukan otot sekaligus keunggulan dan harga suplemen gym.

1. Optimum Nutrition Whey Gold Standard

Optimum Nutrition Whey Gold Standard merupakan suplemen whey protein yang terdiri dari Whey Protein Isolates, Ultra-filtered Whey Protein Concentrates, dan Hydrolyzed Whey Peptides. Jenis whey protein yang mudah dicerna oleh tubuh dan efektif untuk meningkatkan massa dan kekuatan otot selama latihan fisik.

Efek lainnya setelah mengonsumsi suplemen ini, Anda bisa menjaga massa tubuh bebas lemak dan proses recovery pemulihan otot pasca latihan dengan baik. Rasa cookies & cream yang enak bikin Anda ketagihan untuk meminumnya sebagai minuman saat fitness dan gym.

2. Optimum Nutrition Whey Gold Standard Isolate

Kemudian ada suplemen Optimum Nutrition Whey Gold Standard Isolate yang telah terjamin 100% mengandung protein isolate. Dalam proses produksinya, menggunakan formulasi dan teknologi khusus dengan sistem filtrasi untuk mengisolasi lemak berlebih, kolesterol dan gula. Tak heran bila suplemen ini hanya mengandung 0,5 gram lemak total dan 1 gram karbohidrat di setiap takaran sajinya.

Selain membantu proses pembentukan dan peningkatan massa otot. Mengonsumsi suplemen Optimum Nutrition Whey Gold Standard Isolate sebelum latihan fisik akan memberikan energi dan kekuatan lebih namun tetap efektif saat memasuki proses recovery otot pasca latihan fisik.

3. BSN Syntha 6

Suplemen BSN Syntha 6 merupakan suplemen berbentuk bubuk dengan rasa strawberry yang lezat. Di dalam suplemen ini terkandung 22 gram protein, asam lemak dan asam amino esensial serta serat untuk memenuhi kebutuhan protein di dalam tubuh.

Protein yang terkandung di dalam BSN Syntha 6 membantu proses perbaikan jaringan otot yang rusak selama masa latihan fisik untuk kemudian membangun otot baru yang lebih sehat dan kuat.

4. Optimum Nutrition Serious Mass

Khusus para atlet yang sedang mengikuti program khusus pembentukan dan menjaga penampilan fisiknya bisa membantu proses latihan dengan mengonsumsi Optimum Nutrition Serious Mass.

Suplemen Optimum Nutrition Serious Mass mengandung 50 gram protein, 250 gram karbohidrat tanpa gula, creatine, hingga 1.250 kalori. Selain membantu pembentukan massa otot, mengonsumsi suplemen Optimum Nutrition Serious Mass juga efektif untuk menambah berat badan dan membantu proses recovery pasca latihan fisik.

5. Pro Complex Gainer Double

Setelah melakukan latihan fisik, fitness, dan gym, Anda bisa mendinginkan massa otot dengan mengonsumsi suplemen Pro Complex Gainer Double. Kandungan protein pada suplemen ini cukup besar yaitu 60 gram yang terdiri dari Whey Protein Isolat, Whey Protein Konsentrat, Kalsium Kaseinate, Albumin Telur, dan Peptida Hidrolisa Whey.

Selain itu, kandungan karbohidrat sebesar 85 gram membantu tubuh mendapatkan energinya kembali setelah melakukan latihan fisik. Setiap takaran sajinya mengandungi 650 kalori. Anda bisa mengonsumsi suplemen ini selama latihan fisik atau di antara waktu makan.

6. Optimum Nutrition Pre Workout Blue

Sementara itu, suplemen yang baik dikonsumsi sebelum melakukan fitness lainnya yaitu suplemen Optimum Nutrition Pre Workout Blue. Suplemen ini mengandung creatine monohydrate, beta alanin dan kafein yang bisa memberikan energi dalam jumlah besar sehingga pertahanan otot selama latihan fisik bisa terjaga.

Kandungan kafeinnya sendiri berasal dari sumber alami seperti dari green coffee extract dan green tea extract. Sedangkan kandungan asam amino yang membantu masa proses pemulihan otot. Terdapat varian rasa blueberry lemonade yang menyegarkan sebagai minuman yang dikonsumsi sebelum fitness.

7. Optimum Nutrition Amino Energy

Rekomendasi suplemen yang bagus untuk dikonsumsi sebelum fitness yaitu suplemen Optimum Nutrition Amino Energy. Suplemen ini diformulasi khusus dengan mengombinasikan antara kafein dan amino untuk menambah energi dan meningkatkan durasi latihan.

Nah itulah jenis-jenis suplemen gym dan rekomendasi produk yang aman untuk membantu mengembangkan dan membentuk massa otot.

Perlu diingat lagi bahwa mengonsumsi suplemen gym hanya sebagai pendukung pembentukan otot. Sehingga Anda tetap perlu mengonsumsi makanan bernutrisi dan melakukan latihan fisik lebih maksimal lagi.

Untuk menemukan suplemen-suplemen yang baik untuk memenuhi nutrisi tubuh, Anda bisa menemukannya di website Natural Farm.

Yuk, investasikan kesehatan sejak dini!

Share

Latest Articles

7 Penyebab dan Cara Mengatasi Anak Susah Makan

Kenali 10 Penyebab Sering Lupa yang Sering Dialami Generasi Muda

Kenali Ciri Ciri Depresi dari Aspek Psikologi dan Fisik

Begini Cara Cepat Hamil Setelah Menikah Bersama Pasangan

10 Rekomendasi Body Lotion untuk Bayi yang Aman dan Bebas Bahan Berbahaya untuk Bayi

Rekomendasi Vitamin untuk Ibu Hamil dan Pertumbuhan Janin

Article Category