Health

Tak Hanya Berfungsi Menjaga Kesehatan Mata, Ternyata Ini Dia Manfaat Vitamin A Bagi Tubuh

By Erwin |

Manfaat vitamin A bagi kesehatan tubuh memang cukup beragam, mulai dari berfungsi meningkatkan kekebalan tubuh, menjaga kesehatan mata, sampai mengurangi risiko penyakit kronis. Hal inilah yang menjadikan asupan vitamin A sangat penting bagi tubuh. Vitamin A sendiri terdiri dari dua jenis yakni retinoid yang pada dasarnya berasal dari produk hewani dan juga karotenoid yang asalnya dari buah hingga sayuran. 

Asupan nutrisi tersebut adalah salah satu asupan yang punya peran penting di dalam tubuh. Tapi perlu dipahami bahwa asupan vitamin A tiap orang berbeda-beda. Berikut ini adalah penjelasannya:

- Balita: 400 IU

- Anak usia 4 sampai 9 tahun: 450–500 IU

- Remaja hingga orang dewasa: 600–650 IU

- Ibu hamil dan juga ibu menyusui: 900–950 IU

Manfaat Vitamin A

Berikut ini adalah beberapa manfaat vitamin A bagi tubuh manusia yang perlu dipahami, diantaranya yaitu:

1. Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat vitamin A yang pertama tentu saja untuk menjaga kesehatan mata. Jika Anda berhasil memenuhi kebutuhan vitamin A bagi tubuh, maka hal tersebut dapat membantu untuk melindungi mata dari kerusakan sel. Selain itu, vitamin A juga berfungsi untuk menjaga penglihatan agar tetap tajam serta menurunkan risiko berbagai penyakit pada mata.

2. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Selain memiliki manfaat untuk kesehatan mata, asupan vitamin A juga bisa menjaga sistem kekebalan tubuh agar berfungsi dengan baik. Jadi, tubuh Anda akan lebih kuat dalam melawan serangan penyakit. Hal tersebut diduga karena vitamin A juga berperan dalam membantu sel-sel imun untuk melawan infeksi serta menghasilkan antibodi yang lebih kuat.

3. Menjaga Kesehatan Organ Reproduksi

Manfaat vitamin A berikutnya yaitu dapat membantu menjaga kesehatan organ reproduksi. Karena vitamin A merupakan salah satu nutrisi yang sangat penting untuk perkembangan sperma dan juga sel telur. Oleh karena itu, dibutuhkan asupan vitamin A yang cukup guna menjaga serta meningkatkan kesuburan, baik itu para perempuan ataupun laki-laki. 

Walaupun demikian, tapi Anda juga harus mencukupi asupan nutrisi yang lain seperti misalnya vitamin B, antioksidan, folat, mineral, dan lain sebagainya untuk menjaga kesehatan organ reproduksi.

4. Membantu Menjaga Perkembangan dan Pertumbuhan Janin

Supaya tumbuh kembang janin yang ada di dalam kandungan berkembang dengan maksimal, maka ibu hamil juga harus mencukupi asupan vitamin A setiap harinya. Karena vitamin sangat penting untuk menjaga kesehatan janin dan ibu hamil itu sendiri agar tetap kuat. Akan tetapi, asupan vitamin A ini sebaiknya didapatkan dari makanan. Karena untuk ibu hamil yang ingin mengonsumsi suplemen vitamin A, maka harus konsultasi terlebih dulu kepada dokter. 

Itulah beberapa manfaat vitamin A yang baik untuk kesehatan tubuh, dari mata, imun tubuh, hingga organ reproduksi. Semoga bermanfaat.

Share

Latest Articles

Mengenal Kalori Mie Gacoan dan Tips Makan Gacoan saat Diet

Cara Membesarkan Alat Kelamin Pria dengan Bawang Putih Benarkah Bisa Efektif

10 Sumber Vegetarian Protein Anti Hewani, Darimana Saja?

10 Gerakan Workout di Rumah & Tips Mengoptimalkannya!

Ini Rekomendasi dan Manfaat BCAA untuk Tingkatkan Massa Otot

7 Penyebab dan Cara Mengatasi Anak Susah Makan

Article Category