Health

Wajib Tahu! Ini Faktor Penyebab Darah Tinggi

Darah tinggi merupakan awal dari masalah kesehatan yang fatal. Oleh karena itu Anda wajib tahu penyebab darah tinggi agar dapat lebih cepat dalam mencegah dan mengatasinya. Inilah faktor yang menyebabkan darah tinggi pada manusia. 

1. Genetik

Awalnya penyakit darah tinggi yang diidap oleh seseorang dapat diakibatkan oleh faktor genetik atau keturunan. Hal ini biasanya terjadi apabila terdapat anggota keluarga yang memiliki riwayat penyakit darah tinggi sebelumnya. Anda akan lebih rentan mengidap darah tinggi apabila salah satu dari anggota keluarga memiliki riwayat penyakit tersebut. 

Jika bukan kedua orang tua, maka bisa jadi gen darah tinggi berasal dari kakek atau nenek dari kedua pihak yakni ayah dan ibu Anda. Warisan penyakit tentu tidak menyenangkan seperti warisan harta, sehingga Anda harus melakukan pencegahan sejak dini. Periksa kondisi kesehatan secara rutin setiap bulan untuk memastikan tubuh sehat wal afiat.  

2. Usia

Selain faktor genetik, darah tinggi juga dapat dialami oleh seseorang karena faktor usia. Semakin bertambahnya usia, maka semakin berkurang stamina dan kinerja tubuh termasuk pembuluh darah dan ginjal. Apabila ginjal mengalami perubahan kinerja, dampaknya dapat menyerang fungsi organ tersebut. Hal itu juga akan mengganggu keseimbangan cairan dan garam di dalam tubuh. 

Fungsi pembuluh darah juga akan menurun secara bertahap seiring bertambahnya usia. Dinding pembuluh darah akan berubah menjadi lebih kaku ketika usia menua. Tekanan darah di dalam tubuh pun mengalami peningkatan. Alhasil manusia berusia 35 tahun ke atas lebih rentan mengalami darah tinggi dibandingkan usia di bawah 35 tahun. 

3. Pola Makan yang Tidak Sehat

Penyebab darah tinggi juga dapat disebabkan oleh pola makan yang tidak sehat. Makanan sehat tidak harus mahal karena ada makanan sehat yang harganya terjangkau. Bagi Anda yang tidak ingin mengalami darah tinggi, sebaiknya hindari mengonsumsi makanan asin, berlemak atau tinggi kolesterol. 

Menu yang direkomendasikan agar terhindar dari darah tinggi adalah salmon, bayam dan kacang-kacangan. Menu tersebut dapat meningkatkan kalium di dalam tubuh sehingga meminimalisir risiko darah tinggi atau hipertensi. 

4. Obesitas

Obesitas adalah kondisi tubuh yang mengalami berat berlebih sehingga cenderung gemuk dan tidak sehat. Kondisi berat badan yang berlebihan ini dapat meningkatkan risiko tingginya tekanan darah di dalam tubuh. Semakin gemuk tubuh maka semakin banyak darah yang digunakan sebagai pemasok oksigen dan nutrisi ke dalam tubuh. 

Hal itu akan meningkatkan tekanan darah sehingga berbahaya bagi kesehatan. Jadi, lebih baik memiliki badan yang beratnya tidak berlebihan. Ketika berat badan menginjak angka bahaya, maka segera lakukan diet untuk menghindari risiko berbagai penyakit terutama darah tinggi. 

5. Kurang Olahraga

Tubuh yang kurang berolahraga cenderung memiliki detak jantung lebih cepat sehingga rentan mengalami obesitas. Jantung juga akan bekerja lebih keras yang secara otomatis dapat meningkatkan tekanan darah tinggi. Anda bisa melakukan olahraga ringan untuk menggerakkan tubuh secara rutin setiap pagi atau sore hari. 

6. Rokok dan Alkohol

Apabila Anda memiliki kebiasaan merokok atau minum alkohol, maka sebaiknya hindari demi kesehatan tubuh. Kafein dan kandungan alkohol tidak sehat bagi tubuh karena dinding pembuluh darah akan menjadi lebih keras dan kaku. Sementara itu jantung harus terus memompa darah dengan kekuatan penuh. 

7. Stres

Kecemasan yang berlebihan atau dikenal dengan kata stres juga dapat mengakibatkan darah tinggi. Peningkatan hormon stres memiliki kaitan erat dengan pembuluh darah. Oleh karena itu Anda harus membuat diri menjadi lebih rileks dengan mencari hiburan agar terhindar dari hipertensi. 

Itulah penyebab darah tinggi yang dapat dicegah sejak dini. Semoga informasi di atas bermanfaat.