Health

Waspada Hipertensi, Kenali Tekanan Darah Normal

Pemeriksaan tekanan darah merupakan hal yang paling sering dilakukan bila kita memeriksakan kesehatan. Tekanan darah memiliki peranan yang penting bagi tubuh manusia. Kita harus senantiasa menjaga tekanan darah normal, karena tekanan darah yang tidak normal bisa mengganggu dan bahkan merusak kinerja organ dalam tubuh.

Tekanan darah bisa dipengaruhi beberapa faktor, seperti usia, gaya hidup, aktivitas yang sedang dijalani, hingga emosi yang tengah dirasakan. Seseorang yang memiliki tekanan darah terlalu tinggi (hipertensi) memiliki risiko yang lebih besar untuk dapat mengidap penyakit jantung, stroke, dan lain sebagainya. Lalu berapa tekanan darah normal itu?

Cara Menjaga Tekanan Darah Normal

Pada orang dewasa yang memiliki kondisi tubuh sehat umumnya memiliki tekanan darah normal sekitar 90/60 mmHg hingga 120/80 mmHg. 

Inti dari menjaga tekanan darah agar normal adalah dengan menjaga gaya hidup sehat. Hal-hal berikut ini bisa anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari anda.

1. Mengonsumsi makanan bernutrisi

Mengonsumsi makanan tinggi nutrisi merupakan salah satu cara untuk menjaga tekanan darah agar tetap normal. Konsumsi sayuran, buah-buahan, biji-bijian, serta makanan dan minuman rendah lemak.

Seseorang dengan riwayat darah tinggi sebaiknya menghindari makanan yang mengandung lemak jenuh, seperti mentega, jeroan, gorengan, dan daging merah. Makanan yang mengandung banyak garam, seperti makanan cepat saji dan keripik maupun Snack kemasan juga perlu dibatasi.

Sementara untuk orang dengan riwayat darah rendah sebaiknya banyak mengonsumsi makanan, seperti sayuran hijau, telur, daging ayam, ikan asin, telur asin, dan buah-buahan yang banyak mengandung banyak air.

2. Membatasi asupan kafein

Mengkonsumsi kafein berlebih dapat meningkatkan tekanan darah. Untuk menjaga tekanan darah tetap normal, sebaiknya anda mengurangi minum minuman berkafein, seperti teh, kopi, juga minuman bersoda, dan perbanyak mengkonsumsi air mineral.

Namun sebaliknya, seseorang yang memiliki riwayat tekanan darah rendah justru dianjurkan untuk mengkonsumsi minuman berkafein namun tetap dalam batas yang wajar. 

3 Tidak mengkonsumsi alkohol

Mengonsumsi alkohol bisa memicu terjadinya obesitas, sedangkan orang dengan obesitas sangat rentan mengidap hipertensi.

4. Menjaga pasokan garam 

Anda harus menjaga pasokan garam yang masuk ke dalam tubuh. Garam berpotensi menaikkan tekanan darah bila dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan. Sebaiknya batasi mengkonsumsi Snack kemasan dan makanan cepat saji yang tinggi akan garam.

5. Istirahat cukup

Perhatikan pola waktu tidur anda. Sebaiknya anda tidur 8 jam sehari, atau sekurang-kurangnya 6 jam setiap harinya. Ini perlu dilakukan untuk senantiasa menjaga agar tubuh tetap dalam kondisi prima. Orang yang sering begadang lebih rentan mengidap tekanan darah tinggi maupun tekanan darah rendah.

6. Berolahraga secara rutin

Rutin berolahraga minimal 30 menit setiap hari bisa membantu mempertahankan tekanan darah normal.

7. Mengelola stres

Stres yang tidak dikelola dengan baik ternyata dapat meningkatkan risiko terjadinya tekanan darah tinggi.