Health

Deretan Makanan yang Mengandung Zinc

Zinc atau yang disebut dengan seng merupakan salah satu jenis mineral yang penting khususnya untuk membantu dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Bahkan kandungan seng sendiri mampu membantu untuk mempercepat dalam proses penyembuhan luka. Ada beberapa jenis makanan yang mengandung zinc yang dapat dikonsumsi bahkan baik untuk tubuh. 

Ada banyak manfaat zinc untuk tubuh, namun banyak orang yang masih menyepelekannya sehingga banyak orang yang terkena kekurangan zinc yang dikenal dengan sebutan masalah malnutrisi di dunia. Bahkan menurut WHO sendiri, ada jutaan orang yang ada di seluruh dunia yang mungkin memiliki kadar seng yang kurang memadai dari makanan yang dia konsumsi. 

Untuk itulah jangan sampai Anda salah dalam memenuhi kebutuhan mineral yang penting untuk tubuh ini. Nah, beberapa makanan yang mengandung zinc yang bisa Anda konsumsi diantaranya sebagai berikut ini:

  • Tiram

Makanan pertama yang mengandung zinc adalah tiram. Tiram adalah makanan yang rendah kalori. Bahkan bukan hanya seng, tiram juga memiliki banyak nutrisi penting lain baik protein maupun antioksidan yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Namun, pastikan untuk mengonsumsi seperlunya atau tidak terlalu banyak karena bisa menimbulkan dampak negatif. Pastikan juga bahwa Anda tidak memiliki alergi terhadap makanan laut. 

  • Lobster

Makanan berikutnya adalah lobster. Kepiting maupun lobster juga menjadi makanan yang memiliki kandungan seng cukup tinggi. Namun, pastikan untuk mengolahnya dengan baik untuk mencegah adanya pertumbuhan bakteri dari lobster yang akan Anda konsumsi. 

  • Daging 

Makanan dengan kandungan zinc lainnya adalah daging. Adapun untuk jenis daging yang sangat baik adalah daging merah khususnya daging sapi maupun daging kambing. Pastikan juga untuk mengonsumsi dalam batas yang wajar dikarenakan mengonsumsi terlalu banyak daging merah dalam jumlah besar justru bisa menimbulkan penyakit jantung sampai kanker. 

  • Kacang-Kacangan

Makanan lainnya adalah sayur dengan jenis kacang-kacangan. Beberapa jenis sayur yang bisa dikonsumsi seperti buncis dan juga lentil yang mengandung kandungan zinc yang cukup tinggi. Akan tetapi, dalam jenis kacang-kacangan ini juga mengandung asam fitat yang menjadi salah satu antinutrient yang merupakan penyerapan seng maupun mineral yang lainnya. 

  • Susu dan Olahannya

Susu dan juga produk olahannya juga masih masuk dalam kategori makanan yang mengandung zinc. Untuk produk olahan susu yang bisa dikonsumsi adalah keju. Susu bahkan olahan-olahan dari susu sendiri juga sangat direkomendasikan oleh banyak orang untuk membantu dalam memenuhi kebutuhan zinc karena mampu terserap oleh tubuh. 

Itulah beberapa pilihan makanan yang mengandung zinc yang bisa Anda pilih untuk memenuhi kebutuhan mineral khususnya zinc yang akan Anda konsumsi nantinya. Beberapa jenis makanan di atas harus Anda sesuaikan dengan takaran dan juga olahan yang tepat agar tidak terlalu berlebihan untuk mencukupi kebutuhan zinc dalam tubuh Anda kedepannya.