Health

4 Masker Wajah Alami untuk Jaga Kesehatan Kulit Wajah

By Erwin |

Wanita tidak hanya menginginkan wajah yang cantik, tetapi juga yang sehat, bersih, dan cerah. Walau sudah banyak skincare yang dijual di pasaran, tetapi masker wajah alami juga tidak kalah peminat. 

Dikutip dari buku 500 Rahasia Cantik Alami Bersih & Bercahaya, karya Susi Susanti (2015:2), permasalahan pada kulit yang sering terjadi adalah kulit berminyak, kulit kering, kulit berjerawat, kulit sensitif, dan permasalahan kulit lainnya. Penggunaan masker wajah secara rutin bisa mengatasi berbagai masalah tersebut. 

4 Masker Wajah Alami 

Selain mudah digunakan dan banyak manfaatnya, masker wajah alami juga sangat aman karena tidak memiliki efek samping seperti bahan kimia. Berikut adalah daftarnya: 

1. Pepaya

Masker alami yang pertama adalah pepaya. Buah yang satu ini memang banyak dimanfaatkan sebagai bahan produk kecantikan untuk perawatan kulit. Dengan memanfaatkan pepaya, Anda bisa memiliki kulit yang cerah, kencang, bersih, sehingga terlihat awet muda. Di dalam pepaya terdapat kandungan enzim papain yang dapat mengangkat sel kulit mati dan memperbaiki berbagai masalah dan kerusakan kulit. 

Cara membuat masker pepaya cukup mudah. Anda hanya perlu menyiapkan buah pepaya, lalu haluskan dagingnya. Jika sudah, aplikasikan masker pepaya ke wajah dan tunggu selama 20 menit. Untuk hasil yang maksimal, gunakan masker buah pepaya seminggu dua kali. 

2. Lemon

Kedua, ada lemon yang memiliki kandungan vitamin C dan flavonoid. Dengan dua kandungan tersebut, lemon menjadi bahan alami yang ampuh untuk mencerahkan kulit dan menyamarkan noda kusam di wajah.  Untuk memanfaatkan lemon sebagai masker wajah, campurkan perasaan lemon, minyak almond, putih telur, dan oatmeal. Jika sudah, oleskan ke wajah, diamkan kurang lebih 15 menit, dan bilas wajah sampai bersih.  

3. Lidah Buaya

Selain dimanfaatkan untuk merawat rambut, lidah buaya juga dikenal sebagai pelembap kulit yang baik. Lidah buaya memiliki sifat antaradang dan antioksidan, sehingga mampu mencerahkan kulit dan mencegah penuaan dini. 

Untuk membuat masker lidah buaya, Anda hanya perlu memisahkan gel lidah buaya dari kulitnya. Setelah itu, aplikasikan ke kulit wajah dan diamkan selama 15-30 menit. Jika dirasa sudah cukup, bilas wajah dengan air dingin dan keringkan menggunakan handuk bersih dengan cara menepuk-nepuk halus wajah.  

4. Beras

Bahan makanan pokok ini juga dapat Anda manfaatkan sebagai masker wajah alami. Beras memiliki kandungan asam fitat dan antioksidan yang bermanfaat untuk mengangkat sel kulit mati dan mencerahkan kulit.   Untuk membuat masker wajah dari beras, bahan yang perlu Anda siapkan adalah beras yang telah dihaluskan (bisa juga menggunakan tepung beras), madu, dan susu. Campurkan semua bahan tersebut secara merata, lalu oleskan ke wajah. Tunggulah sekitar 20 menit lalu bilas wajah hingga bersih. 

Itulah deretan masker wajah alami yang dapat Anda buat sendiri di rumah. Selain menggunakan masker wajah secara rutin untuk eksfoliasi, Anda juga dapat menggunakan produk tabir surya yang bermanfaat melindungi wajah dari paparan sinar matahari secara langsung. Gunakan juga facewash dan toner yang cocok agar hasil lebih maksimal.  

Share

Trending Article

Ini 10 Manfaat Vitamin C untuk Kecantikan & Kesehatan Tubuh

Kalori Ayam Pada Setiap Bagian-Bagiannya

Pisang Berapa Kalori? Apa Saja Manfaatnya? Ini Jawabannya!

100 Gram Nasi Berapa Kalori? Ini Kebutuhan Asupan Kalori Harian

Jangan Sampai Salah! Inilah Manfaat Menghitung Kalori Kalkulator Setiap Harinya

Inilah Tips Diet Tetap Makan Bakso Berapa Kalori! Cek Selengkapnya Sekarang

Article Category