Health

5 Cara Cepat Menurunkan Panas Pada Anak Tanpa Obat, Bukan dengan Kompres Air Dingin!

Saat anak sakit demam mungkin membuat Anda menjadi was-was, tapi jangan khawatir, anak-anak memang cenderung mudah terkena demam atau flu. Apalagi menghadapi cuaca yang sudah tidak pasti ini. Ada cara cepat menurunkan panas pada anak tanpa obat, jadi anak tidak mudah ketergantungan pada obat demam. 

Cara Menurunkan Panas Anak Tanpa Obat 

1. Minum Banyak Air Putih 

Saat sedang sakit, tubuh tetap membutuhkan asupan cairan. Air putih adalah cairan yang sangat baik untuk kesehatan tubuh, apalagi saat anak panas dan mulai bisa berkeringat. Pada saat itulah air putih dapat mengganti cairan tubuh yang hilang untuk menghindari dehidrasi. 

2. Beri Makanan yang Mudah Ditelan 

Saat demam beberapa anak enggan untuk makan, ini karena rasa tidak nyaman saat menelan, dan juga sistem pencernaan pun tidak maksimal. Padahal asupan gizi dari makanan berperan penting pada cara  cepat menurunkan panas pada anak tanpa obat. 

Jadi lebih baik beri anak makanan yang mudah ditelan dan mudah dicerna tubuh seperti bubur atau sup.

3. Mandi Air Hangat

Mandi adalah salah satu cara ampuh menurunkan panas anak, tapi bukan mandi dengan air dingin. Air hangat yang digunakan untuk mandi dapat memicu penurunan suhu pada tubuh. 

Suhu tubuh anak bisa menurun 1 sampai 2 derajat dalam waktu 20 sampai 45 menit setelah mandi. Biarpun efeknya tidak menurunkan pada secara drastic, air hangat terbukti membuat tubuh menjadi lebih nyaman dan rileks. 

4. Kompres Dengan Air Hangat

Jika anak demam Anda mungkin sering mendengar untuk mengompres dengan air dingin, tapi sebenarnya itu cara yang salah. Cara untuk mengompres anak demam tanpa obat yang benar adalah menggunakan air hangat. 

Mengompres anak dengan air hangat adalah pertolongan pertama yang bersifat sementara, jadi jika demam anak tidak pulih dalam beberapa hari Anda harus segera menangani lebih lanjut ke dokter. 

5. Istirahat yang Cukup 

Badan yang sehat saja butuh istirahat apalagi saat sakit. Banyak istirahat juga merupakan cara memulihkan demam anak tanpa obat yang manjur. Saat demam biasanya tubuh sedang kelelahan atau dalam keadaan yang tidak optimal. 

Tidur adalah obat yang cocok untuk menyembuhkan kelelahan pada tubuh. Apalagi saat anak-anak demam, tidur merupakan hal yang harus dilakukan, jangan biarkan anak tetap terjaga atau melakukan aktivitas fisik terlalu berat dan malah memperlambat penyembuhan demam itu sendiri. 

Demikianlah cara cepat menurunkan panas pada anak tanpa obat, demam pada anak biasanya memiliki beragam penyebab jika penyebabnya kelelahan cara di atas bisa dapat Anda terapkan, jika sudah memiliki gejala berat segeralah pergi ke dokter.