Health

5 Obat Gatal Kulit Alami yang Mudah Ditemukan di Rumah

By Erwin |

Gatal pada area kulit dapat disebabkan oleh beberapa hal mulai dari alergi, faktor cuaca, dan yang lainnya. Kondisi ini tentunya dapat mengganggu penderita saat menjalankan kegiatan di dalam maupun di luar ruangan.Terdapat beberapa obat gatal kulit alami yang bisa dijadikan sebagai alternatif pengobatan di rumah. 

Saat kulit terasa gatal, banyak penderita yang menggaruknya. Padahal hal tersebut dapat menimbulkan iritasi pada kulit dan memicu keluhan lainnya. Bahkan menggaruk kulit yang gatal dapat memperparah kondisi tersebut. Daripada menggaruknya, penderita dapat mengobatinya dengan memanfaatkan bahan alami yang terdapat di rumah. 

5 Obat Gatal Kulit Alami

Sebagai pertolongan pertama, penderita bisa menggunakan bahan alami yang mudah ditemukan di rumah. Berikut merupakan deretan obat gatal kulit alami yang perlu diketahui.

1. Lidah Buaya

Bahan alami pertama yang dapat dijadikan sebagai obat gatal adalah lidah buaya. Lidah buaya memiliki kandungan antimikroba, antiradang, dan senyawa sterol yang dapat mengatasi rasa gatal di kulit.

Cara pengobatannya cukup mudah, yaitu dengan mengoleskan gel lidah buaya di area kulit yang gatal atau menggunakan produk gel lidah buaya dalam kemasan yang dijual di apotek. Cara ini mampu membantu melembapkan dan menjaga tingkat cairan di kulit tetap terpenuhi. 

2. Oatmeal

Selain lidah buaya, oatmeal juga menjadi salah satu bahan alami yang dapat digunakan untuk mengalasi kulit gatal. Oatmeal bersifat kumektan, sehingga dapat membantu menjaga kelembapan kulit. Selain itu, oatmeal mempunyai kandungan antioksidan dan antiinflamasi yang dapat mengurangi rasa gatal dan mengatasi kulit kasar.

Cara pengobatannnya adalah dengan mencampurkan oatmeal ke dalam air yang digunakan untuk mandi. Lakukan ini secara rutin sampai rasa gatal menghilang dengan sendirinya. 

3. Minyak Kelapa

Minyak kelapa juga dapat dijadikan sebagai pengobatan untuk kulit gatal. Minyak kelapa mempunyai kandungan antiradang, antimikroba, antibakteri, hingga antivirus yang mampu mengatasi beberapa masalah kulit seperti gatal-gatal.

Cara pengobatannya juga cukup mudah, yaitu dengan mengoleskan minyak kelapa di area kulit yang terasa gatal secara rutin. Pastikan untuk memilih minyak kelapa murni, sehingga kandungan yang terdapat di dalamnya masih terjaga. 

4. Madu

Madu mempunyai berbagai kandungan yang baik untuk mengatasi berbagai masalah di kulit seperti gatal-gatal, kulit kering, dan berbagai masalah kulit lainnya. Cukup oleskan madu di area kulit yang gatal secara rutin. 

5. Cuka Sari Apel

Bahan alami yang terkahir adalah cuka sari apel. Bahan ini bekerja dengan menyeimbangkan kadar pH pada kulit. 

Campurkan 1 sendok makan cuka sari apel dengan 250 ml air. Kemudian, oleskan cairan tersebut ke area kulit yang terasa gatal secara rutin menggunakan kapas. Perlu diingat, jangan mengoleskan cuka sari apel tanpa mencampurnya dengan air karena dapat mengiritasi kulit.

Demikianlah berbagai obat gatal kulit alami yang mudah ditemukan di rumah. Pastikan untuk melakukan pengobatan secara rutin agar dapat mempercepat proses penyembuhan. 

Share

Trending Article

Mengenai Nutrisi Whey Protein, Manfaat & Efek Samping untuk Kesehatan Tubuh

Mengenal Perbedaan Kasein dan Whey Protein untuk Kesehatan Otot

Apa Itu Bulking? Ini Definisi, Manfaat dan Cara Bulking yang Tepat

Apa Itu Cutting? Ini Penjelasan Pola Latihan Cutting dan Rekomendasi Suplemennya

Suplemen Pembentuk Otot: Jenis, Tips & Rekomendasi Suplemen Terbaik

Suplemen Gym: Jenis, Manfaat, & Rekomendasi Suplemen Terbaik

Article Category