Health

Berbagai Jenis Penyakit Kulit Jamur

Ada beberapa jenis penyakit kulit pada jamur yang sangat penting untuk diketahui. Jamur merupakan mikroorganisme yang bisa tumbuh dimana saja, bahkan pada tubuh manusia. Ketika jamur tumbuh pada tubuh manusia maka bisa mengakibatkan terjadinya berbagai penyakit. Lalu, apa saja jenis-jenis penyakit jamur yang ada pada kulit?

Berikut ini adalah berbagai jenis penyakit kulit jamur:

1. Kurap

Kurap merupakan jenis infeksi jamur pada kulit yang menular. Penyakit kulit ini bisa terjadi pada bagian tubuh mana saja. Umumnya jamur ini menyerang pada bagian badan, kulit kepala, selangkangan, dan pada bagian kaki. Penyakit ini disebabkan oleh jamur golongan Dermatophyte.

Jamur ini umumnya hidup dengan menggunakan keratin atau protein. Protein pada bagian tubuh umumnya ada pada kulit, rambut, dan juga kuku. Jamur ini sebenarnya hidup secara alami pada kulit dan tidak menimbulkan masalah.

Akan tetapi, jika jamur ini berkembang dengan cepat pada tempat yang lembab maka akan berdampak buruk. Dampak yang bisa terjadi dari adanya penyakit kulit jamur kurap ini adalah membuat kulit menjadi infeksi.

2. Jamur Kuku

Jenis penyakit kulit jamuran yang selanjutnya adalah jamur kuku. Sesuai dengan namanya, jamur ini akan tumbuh pada bagian kuku baik itu kuku tangan ataupun kuku kaki. Jamur ini juga bisa menular sehingga harus segera diobati.

Penyebab dari adanya jamur kuku hampir mirip seperti kurap. Jamur tersebut juga masuk kedalam golongan Dermatophyte. Adanya penyakit jamur ini juga bisa disebabkan oleh faktor lain seperti misalnya penggunaan alat manicure pedicure yang tidak steril dan sudah digunakan oleh orang lain.

3. Panu

Jenis penyakit kulit akibat jamur yang selanjutnya adalah panu. Panu merupakan penyakit kulit yang cukup banyak diderita oleh orang-orang. Penyakit ini disebabkan oleh adanya jamur Malassezia namun belum diketahui apa yang menjadi penyebab jamur ini menjadi semakin berkembang.

Jika tidak segera diobati maka penyakit panu ini akan semakin berkembang dan bisa terus terjadi secara berulang. Adapun gejala yang sering kali dialami oleh penderita penyakit ini adalah adanya bercak putih atau coklat, gatal ringan pada kulit, hingga kulit yang menjadi bersisik.

4. Kandidiasis

Jenis penyakit kulit jamur yang terakhir adalah kandidiasis. Penyakit ini disebabkan oleh adanya infeksi yang disebabkan oleh jamur Candida. Jamur ini memang secara alami ada di kulit, namun jika perkembangannya tak terkendali bisa menyebabkan infeksi.

Jamur ini juga menjadi penyebab terjadinya ruam popok yang sering terjadi pada bayi. Ruam ini terjadi akibat bayi terlalu lama menggunakan popok yang lembab. Gejala yang dialami akibat dari adanya jamur ini adalah kulit menjadi merah dan iritasi serta kulit menjadi hangat ketika disentuh.