Health

6 Cara Mengatasi Flu Pada Bayi Secara Alami dan Tanpa Obat

Ada beberapa cara mengatasi flu pada bayi secara alami yang perlu Anda ketahui. Hal ini penting, mengingat obat flu pada bayi, terbilang sangat jarang. Selain itu mengatasi secara alami, pastinya terbilang aman, ketimbang mengkonsumsi aneka obat obatan.

1. Berikan asupan cairan secara cukup

Adapun cara mengatasi flu pada bayi secara alami yang pertama adalah dengan memberikan asupan cairan secara cukup. Anda dapat memulainya dengan memberikan ASI secara lebih sering, atau juga memberikan air minum pada bayi.

Asupan cairan tersebut penting, guna membantu mengencerkan lendir pada hidung, sekaligus mencegah bayi mengalami dehidrasi.  

2. Banyak istirahat

Kondisi pilek sendiri, tidak lain salah satu gejala dari penyakit tertentu. Ini juga merupakan salah satu respon imun tubuh.

Maka untuk membantu tubuh untuk mengatasi flu, ada baiknya jika bayi Anda banyak beristirahat. Ini akan membantu sistem imun tubuh bekerja secara lebih fokus, untuk melawan virus.

3. Atur posisi tidur bayi

Pada saat seseorang sedang pilek, termasuk bayi Anda, ada baiknya jika memperhatikan posisi tidur. Karena jika salah posisi, akan menyebabkan hidung tersumbat. Salah satu cara untuk mengatasi hidung tersumbat pada bayi adalah dengan meninggikan posisi kepala, ketika sedang tidur.

Posisikan kepala bayi, lebih tinggi, agar pernafasan bayi lebih lancar, hasilnya cairan lendir pun akan turun dari hidung, akibat dorongan gaya gravitasi.

4. Mengatur kelembaban udara

Ketika udara kering, pilek pada bayi akan semakin berat. Selain itu, udara yang kering, juga dapat membuat resiko bayi terkena penyakit batuk.

Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan menjaga kelembaban udara yang ada di ruangan tersebut. Salah satunya, Anda dapat menggunakan humidifier. Tidak ada salahnya, jika Anda juga menambahkan beberapa tetes aromaterapi, untuk mengatasi flu. Aromatherapy yang dimaksud, seperti aroma eucalyptus, atau juga serai.  

Jangan lupa, untuk menjauhkan bayi dari paparan asap rokok, atau polutan lainnya, karena hal tersebut dapat memperparah iritasi pada hidung dan juga tenggorokan.

5. Beri uap alami

Mengatasi bayi pilek dengan memberikan uap alami, juga tidak masalah. Hal tersebut baik untuk melegakan saluran pernafasan. Caranya, adalah dengan menghangatkan kamar mandi, dengan menggunakan air panas, serta mengumpulkan uapnnya.

Kemudian bawa bayi ke dalam kamar mandi tersebut, selama sekitar 10 hingga 15 menit, guna menghangatkan bayi, serta untuk menenangkannya.

6. Sedot lendir

Cara lain yang terbilang cukup umum dilakukan adalah dengan menyedot lendir yang ada di hidung bayi. Terutama ketika bayi kesulitan bernafas, atau hidung yang tersumbat.

Anda dapat menggunakan alat sedot ingus khusus bayi, dimana alat tersebut, mudah Anda temukan di toko perlengkapan bayi atau juga apotek. Ketika menggunakanya, pastikan alat dan tangan Anda dalam kondisi bersih. Gunakan secara hati hati, dan sesuai petunjuk aturan.

Adapun cara mengatasi flu pada bayi secara alami yang telah dijelaskan diatas, terbilang sangat mudah untuk dilakukan, aman dan pastinya tidak akan membahayakan kondisi bayi.