Health

6 Obat Gatal Kulit Alami Paling Ampuh tanpa Efek Samping

By Erwin |

Gatal di permukaan kulit adalah gangguan yang dapat menyerang siapa saja, tanpa memandang usia dan juga jenis kelamin. Menggaruk area yang gatal dapat menyebabkan infeksi dan iritasi. Karena itu, banyak yang mencari obat gatal kulit alami paling ampuh.  

Rasa gatal sendiri dapat diakibatkan oleh berbagai faktor, seperti: kulit kering akibat kurang hidrasi, alergi makanan, dan gigitan serangga. Jadi, sangat penting untuk memanfaatkan obat gatal kulit alami sambil menghindari berbagai faktor penyebabnya.     

6 Obat Gatal Kulit Alami Paling Ampuh 

Siapa saja yang terserang masalah gatal kulit harus segera berupaya mengobatinya agar tidak semakin parah.  Untuk mengatasi rasa gatal di kulit ada beberapa obat gatal kulit alami paling ampuh dan terpercaya. Berikut adalah obat gatal kulit yang layak dipertimbangkan: 

1. Oatmeal

Oatmeal adalah bahan makanan yang terdiri dari oat yang direbus dengan air atau susu. Oatmeal mengandung fenol dan antioksidan yang dapat mengurangi peradangan dan gatal di kulit. Jadi, mandi dalam rendaman oatmeal dapat membantu mengatasi gatal kulit. 

2. Minyak Kelapa 

Minyak kelapa adalah bahan alami yang mampu mengatasi gatal di kulit, terutama untuk kulit yang memerah. Minyak kelapa berperan sebagai pelembap alami, sehingga mengoleskannya pada area kulit yang gatal dapat memberikan rasa nyaman dan lega. 

3. Kunyit  

Kunyit adalah bahan rempah yang memiliki banyak manfaat. Salah satu manfaat kunyit adalah mengatasi gatal pada kulit. Kunyit mengandung kurkumin yang berfungsi sebagai senyawa antialergi yang berkhasiat untuk menghilangkan rasa gatal pada kulit. Selain itu, kunyit juga berperan penting untuk membentuk jaringan kulit dan meningkatkan produksi kolagen.  

4. Madu 

Jika rasa gatal disebabkan kulit kering, maka madu adalah solusi terbaik untuk mengatasinya. Madu mengandung sifat antimikroba dan antioksidan yang berfungsi untuk meredakan gatal akibat kulit kering. Cara menggunakannya cukup mudah. Cukup oleskan madu di area kulit yang gatal sebelum mandi dan biarkan selama 4-10 menit. 

5. Lidah Buaya 

Gel lidah buaya atau Aloe vera dapat mengatasi rasa gatal di kulit. Kandungan antimikroba dan antioksidannya berfungsi untuk menenangkan kulit yang gatal dan meredakan iritasi kulit. Pengolesan gel lidah buaya alami di area kulit yang gatal akan mengurangi peradangan kulit. 

6. Garam 

Garam adalah bahan alami yang mudah dijumpai untuk mengatasi gatal di kulit. Garam mengandung magnesium sulfat yang berfungsi untuk menyejukan dan meredakan rasa gatal. Selain gatal kulit, garam juga cocok untuk mengatasi kulit koreng. Penggunaannya cukup mudah, yaitu dengan memasukkan garam ke dalam air hangat, lalu gunakan untuk mandi.   

Keenam obat gatal kulit alami paling ampuh di atas dapat dijadikan rekomendasi untuk mengatasi masalah gatal di kulit. Namun, perlu dipastikan untuk memperhatikan gejala yang timbulkan gatal pada kulit. Apabila gejala yang ditimbulkan cukup serius, seperti ruam atau yang lainnya, maka disarankan untuk segera berkonsultasi dengan dokter. 

Share

Latest Articles

7 Penyebab dan Cara Mengatasi Anak Susah Makan

Kenali 10 Penyebab Sering Lupa yang Sering Dialami Generasi Muda

Kenali Ciri Ciri Depresi dari Aspek Psikologi dan Fisik

Begini Cara Cepat Hamil Setelah Menikah Bersama Pasangan

10 Rekomendasi Body Lotion untuk Bayi yang Aman dan Bebas Bahan Berbahaya untuk Bayi

Rekomendasi Vitamin untuk Ibu Hamil dan Pertumbuhan Janin

Article Category