Health

Apa Saja Ciri-Ciri Amandel? Temukan Jawabannya di Sini

By Admin |

Banyak kasus terjadi dimana orang kesulitan membedakan antara penyakit radang tenggorokan dengan amandel. Sekilas, gejala keduanya memang mirip tetapi tentu memiliki perbedaan. apakah Anda termasuk salah satu yang sulit membedakan keduanya? Jika Iya maka tepat sekali. Kami akan membahas tentang apa saja ciri-ciri amandel supaya Anda tidak tertukar lagi.

  • Tenggorokan yang Terasa Sakit

Ciri paling umum dari amandel adalah terasanya sakit pada tenggorokan. Hal ini disebabkan karena area tenggorokan merupakan letak dari amandel.

Karena itulah jika tenggorokan Anda terasa sakit ada kemungkinan amandel sedang mengalami pembengkakan akibat infeksi.

  • Sakit yang Terasa Ketika Menelan Sesuatu.

Gejala lain dari amandel adalah rasa sakit yang terasa di tenggorokan ketika Anda menelan sesuatu. Rasa sakit itu disebabkan oleh makanan atau minuman yang Anda telah bersentuhan langsung dengan bagian amandel yang tengah mengalami infeksi.

  • Kepala Terasa Sakit

Amandel yang sedang mengalami infeksi dan meradang terkadang bisa menyebabkan suhu tubuh naik dan akhirnya membuat kepala Anda terasa sakit. 

Penyebab lain kenapa kepala bisa terasa sakit ketika amandel sedang infeksi adalah karena penderita umumnya akan kehilangan nafsu makan. Akibatnya, tubuh yang kekurangan energi juga bisa menimbulkan sakit pada kepala.

  • Demam

Amandel yang sedang mengalami infeksi sering kali menyebabkan kekebalan tubuh menurun. Salah satu akibat dari menurunnya kekebalan tubuh adalah naiknya suhu tubuh atau demam.

Kemungkinan besar seseorang terkena amandel adalah jika sudah mengalami sakit tenggorokan selama 1 sampai 2 hari yang diikuti demam.

  • Batuk

Sebenarnya, batuk sendiri bukan termasuk ke dalam ciri-ciri umum amandel. Tetapi, pada beberapa kasus amandel, terdapat orang yang menderita amandel ternyata mengalami batuk.

Umumnya situasi ini bisa terjadi karena radang amandel telah menyebar dan memberi pengaruh sampai ke bagian paru-paru pasien.

Apa Penyebab Amandel?

Setelah mengetahui apa saja ciri-ciri amandel , Anda pun mungkin penasaran dengan apa yang bisa menyebabkan amandel bukan? Berikut ini akan Kami bahas untuk Anda.

Sebenarnya, penyebab dari amandel sendiri bisa berupa bakteri maupun virus. Bakteri yang menjadi penyebab amandel adalah streptococcus bacteria. Bakteri ini jugalah yang membuat gejala amandel mirip dengan batuk dan pilek.

Selain bakteri dan virus,memiliki riwayat asam lambung juga bisa menjadi penyebab munculnya amandel. Karena katup yang terdapat di otot kerongkongan menutup jalan makanan. Akibatnya, asam lambung akan mengalir ke kerongkongan dan menimbulkan iritasi pada bagian dinding tenggorokan tersebut.

Kebiasaan merokok juga bisa menyebabkan amandel karena amandel bisa jadi membengkak sebagai reaksi terhadap zat kimia yang ada di dalam rokok.

Itu dia informasi tentang ciri-ciri amandel serta penyebabnya yang bisa Kami bagikan untuk Anda. Semoga informasi ini bisa menambah wawasan Anda tentang amandel.

Share

Trending Article

Mengenai Nutrisi Whey Protein, Manfaat & Efek Samping untuk Kesehatan Tubuh

Mengenal Perbedaan Kasein dan Whey Protein untuk Kesehatan Otot

Apa Itu Bulking? Ini Definisi, Manfaat dan Cara Bulking yang Tepat

Apa Itu Cutting? Ini Penjelasan Pola Latihan Cutting dan Rekomendasi Suplemennya

Suplemen Pembentuk Otot: Jenis, Tips & Rekomendasi Suplemen Terbaik

Suplemen Gym: Jenis, Manfaat, & Rekomendasi Suplemen Terbaik

Article Category