Health

Ini Dia Beragam Cara Efektif Mengatasi Ruam Kulit yang Membandel

Anda pernah mengalami ruam kulit? Penyakit tersebut memang akan menyebabkan rasa tidak nyaman bahkan membuat menderita kalau dibiarkan dalam waktu yang lama. Penyebab kulit ruam sebenarnya ada banyak sekali faktor misalnya alergi, infeksi, tubuh panas, tidak cocok penggunaan bahan tertentu, dan terganggunya imunitas tubuh. Oleh sebab itu, penderita kulit ruam harus menjalani pemeriksaan terlebih dahulu untuk mendapatkan solusi terbaiknya. 

Kulit ruam bisa dialami oleh siapa saja, baik anak kecil maupun orang dewasa. Sesuai dengan penjelasan sebelumnya, ada banyak sekali penyebab orang terkena kulit ruam. Bagi anak kecil, kulit ruam yang berkepanjangan akan menyebabkan infeksi kulit lainnya. Maka dari itu, segera atasi kulit ruam dengan metode terbaik sesuai saran dokter. Kira-kira bagaimana cara mengatasi kulit ruam ya? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini. 

1. Melakukan Kompres Air Dingin

Umumnya rasa sakit dan gatal memang bisa diatasi dengan menggunakan kompres air dingin. Hal ini diperkuat oleh pendapat Allinster Benjamin Chase seorang praktisi perawat onkologi yang mengatakan, kompres dingin akan membantu dalam menekan sensasi gatal dan mampu meredakan nyeri bagi penderitanya. Biasanya banyak orang terkena kulit ruam pada bagian lutut dan kaki, maka segera saja atasi dengan menggunakan kompres air dingin selama 20 menit.

2. Mencoba Aplikasi Krim Hidrokortison

Cara mengatasi ruam kulit yang kedua dengan menggunakan krim hidrokortison. Menurut pendapat dari National Eczema Association (NEA), krim Hidrokortison bisa membantu dalam mengurangi gatal, sakit kemerahan, dan juga peradangan kulit. Krim ini memang terbukti sangat efektif dalam meredakan ruam dan gatal yang bisa disebabkan karena eksim. Namun bagi Anda yang berkulit sensitif, sebaiknya gunakan krim Hidrokortison sesuai saran dari dokter. 

3. Menggunakan Losion Kalamin

Menurut halaman Healthline, lotion Kalamin merupakan obat bebas yang biasa digunakan untuk mengobati iritasi kulit dan juga gatal. Dengan menggunakan lotion Kalamin, maka kulit akan terasa dingin dan lebih sejuk. Namun Anda perlu berhati-hati dalam menggunakannya, karena tidak semua kalangan diperbolehkan mengoleskan lotion Kalamin ini. Konsultasikan kepada dokter berpengalaman sebelum rutin menggunakan lotion Kalamin setiap harinya. 

4. Menggunakan Cuka Sari Apel

Siapa sih yang tidak tahu tentang cuka sari apel? Bahan ini bahkan dikatakan efektif dalam mengatasi berbagai permasalahan kulit. Cuka sari apel bisa membantu mengatasi alergi, kulit gatal, dan kulit kering. Mengapa demikian? Menurut penelitian yang dilakukan, cuka sari apel memiliki kandungan yang bersifat antijamur dan antiseptic sehingga bisa mengatasi berbagai macam infeksi kulit. 

Tidak hanya itu, cuka sari apel juga terbukti efektif dalam mengatasi tingkat asam basa kulit dan mengkondisikan kulit selalu lembab. Kandungan yang ada didalamnya juga sangat efektif dalam mengembalikan tingkat pH alami bagi semua penderita eksim. Atasi ruam kulit dengan berbagai metode efektif yang sudah dijelaskan sebelumnya yah!