Health

Inilah Akibat Luka Jatuh dari Motor di Lutut

Luka jatuh dari motor di lutut jangan Anda sepelekan,  hal ini dapat memberikan dampak yang buruk bagi Anda, kira-kira apa saja akibatnya jika luka jatuh tersebut disepelekan? Dan bagaimana cara menanggulangi akibat tersebut? Dan bagaimana perawatan yang harus dilakukan agar cepat pulih? Penasaran kan ayo kita bahas

Luka jatuh dari motor di lutut 

Luka pada lutut biasanya sering dialami, karena lutut itu termasuk area yang rentan terjadi karena merupakan jenis bagian tubuh yang menonjol, biasanya luka yang terjadi di bagian ini karena goresan akibat terjatuh dari kendaraan maupun aktivitas lainnya yang dapat menimbulkan luka pada lutut. Jadi Anda jangan menganggap sepele luka jatuh dari motor di lutut itu, berikut dampak yang akan Anda alami antara lain :

1. Lutut Anda akan cedera

Tidak bisa dipungkiri bahwa ketika Anda jatuh pasti itu akan menimbulkan cedera pada bagian lutut khususnya, karena lutut termasuk kulit yang tipis mudah tergores. 

2. Akan terluka dan menimbulkan bekas luka

Ketika Anda terjatuh dari kendaraan misalnya roda dua yaitu motor pasti kulit Anda akan terluka, dan akan ada bekas pada bagian tubuh Anda yang tergores tadi. Sebaiknya Anda melakukan perawatan yang intensif agar tidak menimbulkan dampak yang lebih parah. 

Selain dampak diatas yang terjadi Anda juga dapat melakukan perawatan agar bekas luka Anda cepat hilang, karena biasanya bekas luka yang terjadi di lutut dapat mengganggu penampilan.

Berikut adalah berbagai cara yang dapat Anda lakukan, seperti :

1. Ketika Anda terkena goresan Anda dapat menanganinya dengan mulai membersihkan area lutut yang tergores dengan aliran air. 

Ini adalah langkah awal yang dapat Anda lakukan, ketika Anda membasuh luka dengan air pastikan tangan Anda bersih.

2. Langkah kedua Anda dapat mengusap dengan menggunakan kain

Usaplah secara perlahan lutut Anda yang tergores , lalu Anda dapat membersihkannya dengan menggunakan kain yang memiliki bahan yang lembut agar tidak melukai lutut Anda. 

3. setelah Anda membersihkan bagian yang tergores Anda dapat mengoleskan salep

Dalam memilih salep pastikan Anda memilih jenis salep antibiotik, dengan mengoleskan salep dengan tipis pada bagian yang terkena. Hal ini dilakukan agar bagian uang tergores tetap lembab dan menghindari terjadinya bekas luka. 

4. Perawatan selanjutnya Anda dapat menggunakan plester 

Penggunaan jenis plaster pada bagian luka yang tergores itu bagus karena memiliki kegunaan salah satunya mampu melindungi luka Anda dari berbagai kotoran yang mudah menempel pada lutut Anda yang tergores. 

Berikut adalah berbagai perawatan ringan yang dapat Anda lakukan dengan mudah, selain itu ada berbagai hal yang dapat Anda hindari agar luka Anda tidak semakin parah yaitu:

a. luka Anda akan semakin parah jika Anda membersihkan luka dengan menggunakan hidrogen peroksida karena memiliki kandungan yang tinggi yang dapat menimbulkan infeksi yang berlebih, lebih baik Anda cukup menggunakan air yang mengalir. 

b.  Jika Anda mandi lebih baik gunakan air yang sedang saja atau tidak terlalu panas 

Ketika Anda terkena goresan jangan menggunakan air yang panas dan kalau bisa jangan gunakan sabun juga karena memiliki kandungan kimia, dimana ketika Anda terkena air dapat menimbulkan rasa yang perih.

Hal diatas adalah berbagai dampak, perawatan dan cara menghindari adanya Luka jatuh dari motor di lutut agar tidak semakin parah. Jika lecet pada lutut Anda semakin parah maka ceklah ke dokter ya.