Health

Makanan Pembentuk Otot Yang Recommended, Sudah Tahu?

By Erwin |

Selain dengan berolahraga, mengonsumsi makanan pembentuk otot ternyata cukup disarankan oleh para ahli. Apabila Anda ingin membentuk otot tubuh, maka terdapat sejumlah cara yang dapat dilakukan dengan baik sehingga nantinya akan menghasilkan hasil lebih optimal.

Anda mungkin akan berpikir bahwa olahraga ataupun pergi ke gym secara rutin dapat membantu membentuk otot dengan optimal bukan? tetapi ternyata hanya berolahraga saja justru dapat mengurangi massa otot terutama kalau tidak diimbangi dengan makanan bernutrisi lho.

Daftar Makanan Pembentuk Otot yang Recommended

Apabila Anda ingin membentuk otot, maka sebaiknya juga harus selektif dalam memilih jenis makanan yang akan dikonsumsi. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi makanan dengan kandungan proten cukup di dalamnya.

Tidak hanya protein saja tetapi juga harus diimbangi dengan karbohidrat sekaligus lemak secukupnya sebagai sumber energi nantinya. Nah, apabila Anda bingung dalam memilih jenis makanan seperti apakah dimana dapat membantu membentuk otot, maka perhatikan rekomendasi berikut ini.

1. Dada Ayam

Siapapun pastinya tidak akan menolak olahan makanan yang terbuat dari daging ayam bukan? hanya saja apabila akan membentuk otot, maka sebaiknya dapat memperhatikan bagian dada ayam saja.

Sebab bagian dada inilah ternyata dikenal mempunyai kandungan lemak cukup rendah, tetapi protein di dalamnya hampir 30 gram. Tidak hanya punya kandungan protein tinggi, tetapi juga terdapat kandungan lainnya seperti vitamin B6 sekaligus vitamin B3.

2. Ikan Berlemak

Bukan hanya mengonsumsi makanan dengan kandungan protein saja selama proses pembentukan otot, tetapi juga kandungan lemak yang sehat. Sebab kedua zat gizi inilah dapat ditemukan pada beberapa ikan seperti tenggiri, salmon ataupun tuna.

Ikan berlemak sendiri menjadi sumber asam lemak omega-3. Dimana asupan gizi satu ini dapat membantu menjaga kesehatan pada otot. Bahkan dapat membantu untuk meningkatkan masa otot dari Anda nantinya.

3. Brokoli

Jenis sayuran satu ini memang dikenal sebagai makanan untuk penurun berat badan. Karena kandungan proteinnya cukup tinggi, membuat sebagian besar orang mengonsumsinya untuk kebutuhan membentuk otot.

Tidak hanya kaya akan kandungan protein saja, tetapi brokoli ternyata juga kaya akan serat, vitamin K, vitamin C hingga kalium di dalamnya. Bahkan brokoli juga mempunyai kandungan nutrisi bioaktif yang tinggi sehingga dapat mencegah beberapa penyakit seperti kanker, diabetes hingga jantung.

4. Oat

Oat menjadi biji-bijian tersehat karena bebas dari gluten tetapi mempunyai kandungan protein, vitamin, serat hingga kaya akan antioksidan tinggi di dalamnya. Setengah cangkir oat inilah ternyata mengandung 13 gram protein.

Anda dapat menjadikan oat sebagai menu sarapan ketika pagi hari, maka akan langsung memperoleh manfaatnya tidak tanggung-tanggung lho. Bahkan oat juga mampu membantu mengontrol gula darah dalam tubuh.

Untuk Anda yang ingin membentuk otot, maka sebaiknya juga harus mengimbanginya dengan mengonsumsi makanan bergizi. Termasuk mempertimbangkan mengonsumsi makanan pembentuk otot di atas.

Share

Trending Article

Ini 10 Manfaat Vitamin C untuk Kecantikan & Kesehatan Tubuh

Kalori Ayam Pada Setiap Bagian-Bagiannya

Pisang Berapa Kalori? Apa Saja Manfaatnya? Ini Jawabannya!

100 Gram Nasi Berapa Kalori? Ini Kebutuhan Asupan Kalori Harian

Jangan Sampai Salah! Inilah Manfaat Menghitung Kalori Kalkulator Setiap Harinya

Inilah Tips Diet Tetap Makan Bakso Berapa Kalori! Cek Selengkapnya Sekarang

Article Category