Health

Ini Dia Whey Protein yang Wajib Kamu Ketahui

Mungkin bagi sebagian orang whey protein masih asing, salah satu protein dengan manfaat tinggi untuk kesehatan tubuh, pembentukan otot, menurunkan berat badan, dan lain sebagainya. bahkan bagi Kamu yang menginginkan tubuh ideal bisa banget mengkonsumsi suplemen yang satu ini.

Kira-kira apa whey protein yang dimaksud di atas? Salah satu zat gizi utama yang dibutuhkan oleh tubuh adalah protein. Whey protein adalah jenis protein yang terkandung di dalam produk susu. Protein ini didapatkan dari proses pembuatan keju bentuknya seperti cairan yang kemudian akan dikeringkan menjadi sebuah bubuk agar mudah dikonsumsi.

Biasanya whey protein ini dikonsumsi oleh mereka yang biasa melakukan rutinitas nge-gym atau binaragawan sebagai suplemen tambahan.

Apa itu Whey Protein

Sebagaimana penjelasan sebelumnya bahwa whey protein terdapat di dalam produk susu. Jika Kamu tahu pada proses produksi keju sebenarnya bagian lemak dari susu akan mengental, kemudian dia akan meninggalkan whey sebagai sisa olahannya. Karena hambar terdapat pula whey protein yang ditambahkan dengan varian rasa vanilla, strawberry, cokelat yang biasa disukai. 

Kandungan Whey Protein

Karena Whey protein adalah hasil olahan dari keju, dia memiliki kandungan asam amino yang beragam. Asam amino inilah yang membantu dalam pembentukan otot. Di antara jenis-jenis asam amino yang ada di dalam whey protein yaitu: leusin, isoleusin, dan valin. Selain itu kandungan bubuk whey protein terdapat energi, protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, magnesium, folat, natrium, tiamin, vitamin A, E, K, omega-3 dan lain-lainnya.

Dengan kandungan gizinya yang banyak dibutuhkan untuk kesehatan tubuh, Kamu bisa mencoba untuk memulai mengkonsumsi whey protein. Lewat beberapa kandungan gizi tersebut tentu akan sangat bermanfaat bagi tubuh selain pembentukan tulang, penurunan berat badan, whey protein juga bermanfaat untuk mengurangi peradangan pada tubuh, meningkatkan performa ketika olahraga, sebagai zat pembangun, merangsang produksi hormon seperti insulin, membantu sintesis protein, dan masih banyak manfaat lainnya. 

Bahkan bagi Kamu yang kelebihan berat badan dan bisa memicu beberapa penyakit yang datang whey protein untuk diet rasanya akan menjadi solusi yang tepat. Terdapat beberapa jenis whey protein yang familiar seperti : 

  • whey protein isolate : mengandung 90% protein dan laktosa dalam jumlah sedikit.
  • whey protein konsentrat : mengandung 70-80% protein, kemudian laktosa dan lemak.
  • whey protein hidrolisat : protein ini mudah dicerna dan dapat meningkatkan kadar insulin.

Whey protein dikonsumsi setelah melakukan latihan olahraga paling tidak 1-2 sendok. Protein akan menjalankan fungsinya dengan maksimal. Jika, Kamu ragu untuk mengkonsumsinya maka konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter terlebih lagi bagi pengidap penyakit  seperti ginjal.