Lifestyle

9 Manfaat Buah Delima Untuk Kesuburan

Apa Itu Pomegranate?

Buah pomegranate atau delima (Punica granatum) adalah tanaman buah-buahan yang dapat tumbuh hingga 5–8 m. Pomegranate berasal dari Timur Tengah, tersebar di daerah subtropik sampai tropik, dari dataran rendah sampai di bawah 1.000 m dpl. Tumbuhan ini menyukai tanah gembur yang tidak terendam air, dengan air tanah yang tidak dalam. Pomegranate sering ditanam di kebun-kebun sebagai tanaman hias, tanaman obat, atau karena buahnya yang dapat dimakan. Buah pomegranate sendiri merupakan simbol kesuburan dalam banyak budaya di dunia. Kenapa? Yuk, kita simak pada artikel ini!

manfaat pomegranate

Apa Saja Manfaat Pomegranate Untuk Kesuburan?

1. Menutrisi dan menjaga kesehatan tubuh

Manfaat buah pomegranate yang pertama yaitu buah ini merupakan sumber karbohidrat, serat pangan, folat, serta vitamin C, E, K, B1, B2, B3, B5, dan B6. Selain itu, buah pomegranate juga mengandung berbagai mineral penting seperti kalsium, zat besi, magnesium, mangan, fosfor, kalium, dan seng. Di mana semua nutrisi tersebut sangat dibutuhkan untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan tubuh secara menyeluruh saat sedang program hamil.

2. Kaya antioksidan yang melindungi kesehatan reproduksi

Buah pomegranate kaya akan antioksidan. Zat kimia ini memiliki kemampuan untuk mencegah dan menghilangkan penumpukan peradangan sistemik, yang sering kali memicu timbulnya cedera fisik ringan, nyeri, gangguan autoimun, alergi parah, diabetes, penyakit kardiovaskular hingga kanker.

Secara signifikan, peradangan juga dapat berdampak terhadap organ reproduksi dan menghambat fungsinya. Antioksidan menjadi penghalang yang kuat untuk mencegah infeksi virus dan bakteri yang dapat menyebabkan peradangan berbahaya.

3. Menurunkan risiko komplikasi pada penderita PCOS (Polycystic Ovary Syndrome)

Manfaat buah pomegranate untuk kehamilan lainnya berkaitan dengan keseimbangan hormon pada wanita. Buah pomegranate sangat membantu dalam menjaga, menyeimbangkan, dan mengelola hormon. Ini sangat berperan penting dalam meningkatkan kesuburan dan peluang kehamilan. Selain itu, mengonsumsi ekstrak buah pomegranate dapat meningkatkan perubahan hormon seks wanita dengan mengurangi konsentrasi estrogen, testosteron bebas, dan hormon androstenedione pada pasien dengan PCOS. Bahkan dianjurkan wanita dengan PCOS untuk mengonsumsi buah pomegranate untuk membantu mengurangi komplikasi sindrom ovarium polikistik.

4. Mengandung asam folat dan meningkatkan gairah seks

Manfaat buah pomegranate dapat membantu merangsang gairah seks yang sehat pada wanita. Selain itu, buah berkulit merah ini juga kaya akan asam folat yang sangat penting untuk mendukung keberhasilan pembuahan dan perkembangan janin yang sehat.

Asam folat yang ditemukan dalam buah pomegranate diketahui mampu meningkatkan kesuburan dengan meningkatkan aliran darah ke rahim dan memperkuat lapisan rahim. Zat ini juga diketahui membantu menurunkan risiko gangguan ereksi pada pria.

Penelitian yang dilakukan Queen Margaret University, telah menemukan hasil bahwa peningkatan dengan mengonsumsi jus pomegranate dapat meningkatkan kadar testosteron pada responden penelitian. Sebanyak 60 subjek penelitian, baik pria dan wanita, telah berpartisipasi dalam waktu dua minggu. Air liur mereka diteliti untuk mengecek kadar testosteron dan dicatat tingkat testosteron mereka meningkat sebesar 24%.

5. Meningkatkan kekuatan dan pergerakkan sperma

Buah pomegranate bukan hanya baik dikonsumsi untuk meningkatkan kesuburan wanita, laki-laki sebaiknya juga mengonsumsi buah yang satu ini untuk lebih meningkatkan peluang kehamilan. Pasalnya, sebuah penelitian menemukan bahwa kandungan antioksidan dalam buah pomegranate dapat meningkatkan kualitas sperma. Konsumsi buah pomegranate sebelum ejakulasi diketahui dapat membantu meningkatkan kekuatan dan pergerakan sperma (motilitas sperma).

Studi lain yang dipublikasikan pada Clinical Nutrition tahun 2008, mengatakan bahwa manfaat buah pomegranate mempunyai peranan penting dalam hal meningkatkan kualitas sperma, kepadatan spermatogenik, serta aktivitas antioksidan, serta kadar testosteron.

6. Meningkatkan jumlah sperma

Pemberian jus buah pomegranate setiap hari memiliki potensi untuk meningkatkan jumlah sperma pria, meningkatkan sirkulasi darah di seluruh tubuh, dan memungkinkan organ intim pria untuk menerima lebih banyak darah yang kaya akan oksigen.

Penelitian pada Journal of Urology, menemukan fakta bahwa manfaat buah pomegranate dapat meningkatkan kesuburan karena dapat menaikkan kualitas serta mobilitas sperma. Kandungan yang terdapat dalam buah pomegranate dapat membuat otot penis menjadi lebih rileks, melebar, serta menaikkan aliran darah. Manfaat buah pomegranate sangat mempengaruhi pada kualitas sperma. Dinyatakan bahwa jus pomegranate bisa meningkatkan ereksi pada pria yang menderita disfungsi ereksi.

7. Meningkatkan Aliran Darah ke Rahim

Manfaat buah pomegranate kaya akan kandungan antioksidan, di mana kandungan antioksidan ini dipercaya bisa mempunyai pengaruh tinggi pada kesuburan baik laki-laki dan perempuan. Tetapi, untuk perempuan, kandungan antioksidan ini sangat baik dalam melancarkan aliran darah menuju rahim. Hasilnya menunjukkan bahwa perempuan yang mengonsumsi rutin buah pomegranate, dapat meningkatkan presentasi kehamilan.

8. Membuat dinding rahim kuat

Masa kehamilan membutuhkan banyak perhatian penting, salah satunya adalah kondisi kesiapan wanita. Di mana kondisi dinding rahim wanita harus siap diisi oleh calon buah hati selama 9 bulan ke depan. Dengan wanita yang rutin mengonsumsi buah pomegranate, maka akan membuat dinding rahim wanita menjadi lebih kuat. Sehingga dapat menurunkan kemungkinan terjadinya keguguran pada ibu hamil.

9. Menjaga kesehatan prostat

Manfaat buah pomegranate lainnya yaitu diketahui mengandung senyawa anti-inflamasi alami yang dapat mencegah peradangan yang menyebabkan pembesaran prostat pada pria. Kelenjar prostat sangat penting untuk kesehatan reproduksi karena menghasilkan cairan yang memberi dan melindungi sperma. Polifenol pada buah pomegranate juga mengurangi risiko kanker prostat, sehingga dapat meningkatkan kesehatan reproduksi pada pria.

cara mengonsumsi pomegranate

Bagaimana Cara Mengonsumsi Buah Pomegranate?

Mengonsumsi buah yang satu ini bisa dilakukan dengan berbagai cara, baik secara langsung atau dimakan dengan berbagai camilan lezat dan menyehatkan. Buah delima bisa menjadi topping yang bagus untuk menu olahan, seperti yogurt, oatmeal, dan salad lho, Bunda.

Buah delima dapat disajikan dalam bentuk hidangan jus. Apabila membeli jus dalam bentuk kemasan, pastikan komposisinya tidak mengandung bahan kimia seperti pemanis buatan. Carilah jus yang bersifat organik. Pastikan juga apakah jus tersebut telah dipasteurisasi atau tidak. Sebab, proses pasteurisasi tidak hanya dapat membunuh bakteri berbahaya, tetapi juga dapat membunuh senyawa lain dalam jus. Oleh karena itu, Natural Farm punya rekomendasi yang tepat untuk itu, yaitu:

Dynamic Health Pure Pomegranate Concentrate

Mengandung 100% konsentrat jus Pomegranate tanpa pemanis, pengawet, dan bahan tambahan lainnya. Delima adalah salah satu buah dengan kandungan antioksidan yang kuat yaitu punicalagin alami, mengandung polifenol, asam ellagic dan galat. Kandungan buah delima bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung dan menurunkan kadar kolesterol.

Sekian dulu nih artikel kali ini. Semoga dapat bermanfaat untuk terutama untuk pasangan suami istri yang ingin melakukan program hamil. Jangan lupa untuk terus pantengin website Natural Farm
dan Instagram Natural Farm di @naturalfarm.id untuk dapat mengetahui info bermanfaat dan promo menarik lainnya. Happy Healthy Habits semua!

 

Sumber:

https://www.popmama.com/pregnancy/getting-pregnant/sarrah-ulfah/manfaat-buah-delima-untuk-kesuburan-agar-cepat-hamil/4

https://www.naturalfarm.id/product/dynamic-health-pure-pomegranate-concentrate-8-oz-exp-date-06-22