Sport

Pemanasan Olahraga, Masih Pentingkah untuk Dilakukan

Pemanasan atau yang lebih dikenal dengan stretching mungkin menjadi istilah yang sangat tidak asing bukan? Masalahnya kebanyakan orang masih menghiraukan untuk melakukan gerakan satu ini. Padahal pemanasan pada dasarnya memiliki peranan penting lho, apalagi bagi kamu yang ingin berolahraga. Mau olahraganya ringan atau berat sekalipun, pemanasan wajib untuk dilakukan. Ketika kamu memilih tidak melakukan pemanasan, artinya kamu sudah mengabaikan olahraga dengan aman dan nyaman.

Seberapa penting untuk melakukan pemanasan?

Biasanya durasi yang kamu butuhkan untuk melakukan pemanasan hanya selama 5 sampai 10 menit setiap sesinya. Sementara untuk pemanasan ini biasanya terdiri dari beberapa gerakan seperti peregangan paha, memutar kepala hingga memutar bahu. Tujuan utama melakukan gerakan ini adalah membuat tubuh bisa beradaptasi sehingga tidak kaget dengan kondisi aktivitas yang berat termasuk olahraga. 

Selain dari tujuan utama, pemanasan ini bisa memberikan berbagai manfaat bagi tubuh lho, di antaranya:

  • Meminimalisir cedera
    Bisa dibilang ini adalah manfaat terpenting dari pemanasan, yaitu mencegah cedera terjadi. Dalam kondisi normal, otot cenderung dingin dan kaku. Jadi ketika kamu melakukan pemanasan, aktivitas ini dapat menaikkan suhu tubuh sehingga meningkatkan aliran darah ke otot sehingga menjadikannya lebih lentur. Dengan begini kamu bisa meminimalisir potensi berbagai cedera seperti otot kram, terkilir, hingga robek. 
  • Menjaga kestabilan detak jantung
    Perlu kamu tahu, sebuah penelitian pernah membuktikan jika olahraga dengan intensitas tinggi bisa berdampak pada peningkatan detak jantung lho. Pemanasan bisa bertujuan untuk menstabilkan detak jantung dan  meningkatkan sistem pembuluh darah secara bertahap. 
  • Meningkatkan performa
    Gerakan pemanasan bisa bantu meningkatkan sirkulasi darah ke otot sehingga membuatnya lebih fleksibel untuk beraktivitas. Selain itu, gerakan ini juga bisa memengaruhi oksigen yang masuk ke dalam tubuh. Dua faktor ini yang berperan sebagai relaksasi sekaligus membantu peregangan otot, sehingga kondisi ini membuat tubuh bisa bekerja lebih maksimal dan efisien.
  • Membuat jantung dan sendi lebih sehat
    Sebuah jurnal dari Journal of Exercise Rehabilitation menyebutkan jika gerakan pemanasan bisa bermanfaat untuk kesehatan tulang dan sendi. Gerakan ini bisa meningkatkan rentang gerak sendi, memelihara fleksibilitas otot, serta mengoptimalkan kinerja tulang. Biasanya gerakan ini memberikan pelumas sehingga sendi bisa bergerak lebih licin dan fleksibel.
  • Mempersiapkan mental dan stres
    Bukan hanya soal fisik saja, tapi gerakan pemanasan juga berpengaruh terhadap kesehatan mental. Dalam olahraga persiapan mental untuk melakukan latihan fisik, meningkatkan teknik, dan koordinasi itu sangat penting. Pemanasan di sini bisa bermanfaat mengalirkan darah ke otak sehingga bisa membuat fokus untuk bisa menyiapkan mental sebelum beraktivitas. Selain itu, studi yang dipaparkan di Journal of Functional Morphology and Kinesiology juga menunjukkan manfaat yang bisa membantu mengurangi stres.

Setelah mengetahui berbagai manfaatnya, pastinya kamu tidak ingin melewatkan pemanasan sebelum berolahraga bukan? Pada umumnya pemanasan ini tidak membutuhkan waktu yang lama, mungkin hanya sekitar 6 sampai 10 menit. Namun jika dirasa kamu membutuhkan waktu yang lebih, kamu tetap bisa melakukannya dengan durasi yang lebih lama. Untuk jenis pemanasannya, ada pemanasan statis dan dinamis. Artinya, Pemanasan dinamis merupakan gerakan pemanasan yang dilakukan dengan menggerakkan anggota tubuh secara terus menerus. Sementara untuk pemanasan statis, ini merupakan gerakan pemanasan yang dilakukan dengan melakukan kontraksi otot tanpa melakukan banyak gerakan.

Nah ada beberapa gerakan yang bisa kamu lakukan untuk memulai pemanasan di antaranya:

Pemanasan dinamis

  • Memutar kepala selama 30 detik.
  • Mengayunkan lengan dan memutar lengan selama 30 detik.
  • Memutar bahu dan memutar pergelangan tangan selama 30 detik.
  • Memutar pergelangan kaki searah jarum jam dan berlawanan jarum jam.
  • Memutar pinggang selama 30 detik.

Pemanasan statis

  • Membungkukkan badan hingga tangan menyentuh lantai.
  • Mengaitkan lengan lalu menarik lengan ke atas.
  • Menarik kedua ujung kaki menggunakan tangan.

amino untuk pemanasan

Kesimpulannya, pemanasan ini masih wajib untuk dilakukan berolahraga untuk menghindari risiko cedera yang bisa saja dialami. Selain itu, pemanasan juga bisa membuat tubuh lebih maksimal untuk berolahraga. Tapi untuk lebih maksimal lagi, kamu juga bisa menambah asupan terbaik dengan BSN AMINO x Grape.

BSN AMINO x Grape mengandung campuran Efforsorb EnDura Composite dari elektrolit untuk membantu mengurangi keasaman dalam tubuh dan juga membantu retensi cairan dalam sel otot, sehingga dapat mengurangi kelelahan serta mencegah dehidrasi dan kram.

Manfaat-manfaat lain yang bisa didapatkan dari produk ini:

  • Mendukung daya tahan selama latihan
  • Mengurangi kelelahan
  • Membantu pembentukan dan perkembangan otot
  • Membantu dalam pemulihan otot setelah latihan