Health

Penyebab dan Cara Atasi Kulit Tangan Mengelupas, Yuk Cek di sini

Kulit tangan mengelupas menjadi salah satu kondisi dimana mengakibatkan lapisan kulit paling atas atau epidermis hilang tanpa disengaja. Adapun masalah tersebut biasanya disebabkan karena kerusakan pada kulit karena terlalu kering, paparan sinar matahari berlebihan dan masih banyak lagi.

Ketika kulit tersebut mengelupas tentu akan membuat anda merasa tidak nyaman. Terlebih lagi dapat menganggu penampilan terutama ketika anda harus berjabat tangan dengan orang lain. Walaupun terlihat sepele, tetapi anda perlu mengetahui lebih lanjut mengenai penyebab masalah tersebut.

Penyebab dan Cara Atasi Kulit Tangan Mengelupas

Kondisi satu ini sebenarnya memang menjadi hall umrah yang terjadi. bahkan hampir semua orang juga pernah mengalami masalah tersebut. Namun perlu diingat bahwa kondisi ini sebaiknya jangan dianggap sebelah mata terutama jika muncul secara berlebihan.

Sebab bisa jadi menjadi tanda bahwa terdapat gangguan sistem kekebalan tubuh maupun kondisi medis lainnya. Terdapat beberapa faktor penyebab dari kondisi satu ini seperti kulit kering, terlalu sering mencuci tangan, faktor iklim, mengalami sunburn, menghisap jari terlalu sering hingga paparan zat kimia.

Apabila anda terkena masalah satu ini sebaiknya tidak langsung risau begitu saja. Karena terdapat beberapa cara atasi kulit tangan mengelupas tersebut dibawah ini.

1.       Jaga Kelembaban Tangan

Langkah paling utama yang perlu anda lakukan adalah senantiasa dalam menjaga kelembaban telapak tangan. Yakni cobalah menggunakan moisturizer untuk tangan. Langkah ini dapat dilakukan secara rutin sehabis mencuci tangan.

Adapun penggunaan pelembab itulah bertujuan untuk mengunci kelembaban yang hilang pada  saat mencucinya. Bukan hanya itu saja, pelembab juga dapat mengembalikan fungsi lapisan kulit, menenangkan kulit hingga memperbaiki tekstur kulit.

2.       Cobalah Menggunakan Sarung Tangan

Kulit yang mengelupas terkadang memang akan menyebabkan rasa perih tersendiri. Oleh karena itulah untuk mengurangi rasa perih, anda bisa mencoba menggunakan sarung tangan terutama ketika sedang mencuci piring, berada di cuaca dingin atau untuk menghindari paparan dari zat kimia.

3.       Hindari Kontak Langsung dengan Zat Alergen

Salah satu penyebab kulit mengelupas adalah karena paparan zat alergen. Maka untuk mengatasi hal tersebut silahkan kenali zat-zat apa sajakah yang dapat menimbulkan alergi dan sebisa mungkin hindari zat-zat tersebut juga.

4.       Hindari Air Panas

Risiko pengelupasan biasanya akan semakin besar apabila membiasakan mandi dengan air panas atau mencuci tangan dengan air panas. Sebab air dalam kondisi panas biasanya cenderung membuat kulit menjadi kering.

Selain menggunakan beberapa cara atasi kulit tangan mengelupas, anda juga tidak boleh lupa untuk memperbanyak konsumsi air mineral sekaligus menjaga asupan vitamin E serta kolagen buat mendukung kelembaban kulit.

Demikian beberapa cara buat mengatasi kulit tangan mengelupas yang perlu diperhatikan dengan baik. Mengatasi kondisi seperti diatas sebenarnya tidaklah sulit dilakukan termasuk menerapkan gaya hidup sehat.