Health

Penyebab dan Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Bayi

By Erwin |

Ketika sang buah hati mengalami hidung tersumbat atau mampet apalagi disertai flu memang selalu memicu rasa khawatir pada orang tua. Sebagai orang tua tentu harus waspada akan hal ini namun tidak perlu khawatir berlebihan. Terdapat beragam solusi terkait cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi. Namun sebelum itu ketahui dahulu apa penyebab dari hidung mampet pada bayi melalui penjelasan berikut ini.

Penyebab Hidung Tersumbat pada Bayi

Dilansir dari Primaya Hospital, umumnya hidung tersumbat pada bayi ini diakibatkan karena menghirup asap, virus, polutan, ataupun terkait penyebab iritasi lainnya. Lendir diproduksi tubuh lebih banyak di area hidung dan juga saluran udara untuk bisa memerangkap serta menyingkirkan pemicu iritasinya. 

Adapun paparan berupa udara kering serta kondisi cuaca juga dapat menyebabkan produksi lendir berlebihan yang nantinya akan menjadi ingus di dalam hidung dan dapat menyumbat pernapasan. Bayi memang lebih rentan mengalami hidung mampet dikarenakan lubang hidungnya juga masih kecil dan juga saluran pernapasannya masih belum matang. 

Oleh karena itu, selain di hidung, sumbatan tersebut bisa juga berasal dari organ pernapasan sekitar dada, termasuk juga paru-paru. Berdasar pada faktor resiko tersebut, penyebab hidung tersumbat pada bayi yakni demam dan flu, rhinitis alergi dan non alergi, infeksi sinus (adenoid), polip hidung, dan penyebab lainnya. 

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Bayi

Mungkin anda sebagai orang tua apalagi orang tua baru seringkali bertanya-tanya tentang bagaimana cara mengatasi hidung tersumbat yang dialami bayi anda. Nah, terdapat cara-cara sederhana yang dapat anda lakukan, misalnya dengan mengatur posisi tidur bayi dan membuatnya lebih nyaman saat hidungnya mampet, yakni meninggikan posisi kepalanya namun tak sampai berlebihan. Ini dapat membuatnya lebih mudah dalam menghirup udara.

Selain itu, anda juga dapat memasang pelembab udara di kamar si kecil. Alat pelembab udara dapat berguna untuk membantu melancarkan pernafasan bayi dengan cara melembabkan udara kering. Dengan memasangnya di kamar bayi, alat tersebut juga dapat bantu si kecil tidur lebih mudah. Tentunya tidak hanya itu saja cara untuk mengatasinya. Bagaimana cara mengatasi hidung tersumbat saat tidur? Ini cara lain mengatasi hidung bayi yang mampet.

  • Memastikan si kecil terdehidrasi
  • Bersihkan ingus dan juga lendir di hidung bayi
  • Jauhkan ia dari asap rokok
  • Gunakan obat Saline yang aman untuk bayi (untuk mengurangi produksi lendir)
  • Oleskan minyak esensial di dadanya, seperti minyak kayu putih, lavender, atau chamomile

Cara di atas termasuk langkah sederhana yang dapat dilakukan di rumah dan mungkin anda dapat menemukan cara mengatasi hidung tersumbat dengan cepat pada bayi. 

Sebaiknya segera ke rumah sakit terdekat jika didapati gejala demam tinggi, hidung mampet tak hilang-hilang sampai lebih dari 7 hari, nafasnya cepat, menjadi sangat rewel dan bahkan sangat sulit jika diberi makan minum. Itulah cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi, semoga membantu.

Share

Trending Article

Mengenai Nutrisi Whey Protein, Manfaat & Efek Samping untuk Kesehatan Tubuh

Mengenal Perbedaan Kasein dan Whey Protein untuk Kesehatan Otot

Apa Itu Bulking? Ini Definisi, Manfaat dan Cara Bulking yang Tepat

Apa Itu Cutting? Ini Penjelasan Pola Latihan Cutting dan Rekomendasi Suplemennya

Suplemen Pembentuk Otot: Jenis, Tips & Rekomendasi Suplemen Terbaik

Suplemen Gym: Jenis, Manfaat, & Rekomendasi Suplemen Terbaik

Article Category