Health

Perhatikan! Ini Dia 5 Ciri-Ciri Kolesterol Tinggi yang Sering DIremehkan!

By Erwin |

Meskipun bisa membahayakan dan wajib diwaspadai, sayangnya ada ciri ciri kolesterol tinggi yang sering kali diabaikan. Pasalnya, ada cukup banyak kasus di mana pasien penderita kolesterol tinggi tidak menunjukkan gejala sama sekali.

Bagi Anda yang punya faktor risiko kolesterol tinggi atau sebatas ingin menjaga kondisi tubuh dengan lebih baik, mari simak apa saja gejala kolesterol tinggi berikut ini. Selamat membaca!

1. Mengalami Sesak Napas

Salah satu tanda penyakit kolesterol tinggi adalah sesak napas. Meskipun kondisi ini bisa dipicu berbagai faktor atau penyakit, ternyata bisa jadi sesak napas disebabkan oleh kolesterol tinggi.

Pasalnya, tumpukan kolesterol jahat alias low density lipoprotein (LDL) yang menjadi plai di dalam arteri kecil jantung membuat pembuluh tersebut jadi kaku dan menyempit. Akibatnya, terjadi penurunan aliran darah yang mengakibatkan penderitanya gampang lelah dan sesak napas.

2. Rasa Nyeri di Dada

Tanda kolesterol tinggi lainnya adalah rasa nyeri yang timbul di dada. Apabila Anda mengalami kondisi ini, jangan pernah meremehkannya, baik itu karena kolesterol tinggi atau penyakit lain.

Pada pasien kolesterol penderita kolesterol tinggi, nyeri dada disebabkan oleh penumpukan plak di dalam pembuluh darah jantung. Jika disepelekan, kondisi ini bisa berkembang jadi serangan jantung atau penyakit jantung karena komplikasi kolesterol tinggi.

3. Leher Jadi Pegal-Pegal

Peningkatan kadar kolesterol di dalam tubuh dapat mengakibatkan penyumbatan beberapa pembuluh darah. Kondisi tersebut tentu saja akan berdampak pada aliran darah ke berbagai bagian tubuh, termasuk ke kepala. Ketika hal tersebut terjadi, timbulnya sensasi pegal ataupun nyeri di leher dan punggung pun bisa terjadi.

4. Muncul Nyeri di Kaki

Sensasi nyeri di kaki, apalagi yang menyebabkan Anda jadi sulit beraktivitas, jelas sangat mengganggu. Hanya saja, tahukah Anda bahwa kondisi tersebut rupanya bisa jadi disebabkan oleh kolesterol tinggi? Terutama untuk nyeri kaki yang berlangsung konstan atau terus-terusan.

Pemicunya adalah tumpukan plak yang juga dapat terjadi di dalam arteri kaki pada pasien penderita kolesterol tinggi. Maka dari itu, sensasi nyeri di kaki pun muncul lantaran kurangnya atau terhambatnya aliran darah di kaki.

5. Kaki Jadi Mati Rasa

Hanya saja, nyeri kaki rupanya bukanlah satu-satunya gejala yang dapat mengindikasikan penyakit kolesterol tinggi. Pasalnya, pasien penderita kolesterol tinggi bisa jadi juga mengalami mati rasa di kakinya.

Sama halnya kondisi lain yang menjadi gejala kolesterol tinggi, pemicunya adalah terjadinya penumpukan LDL alias si kolesterol jahat hingga menjadi plak di dalam pembuluh arteri. 

Dampaknya, aliran darah yang seharusnya kaya akan kandungan oksigen pun tidak bisa mengalir dengan sempurna ke kaki. Ketika ciri ciri kolesterol tinggi tersebut terjadi, pasien kolesterol tinggi pun akan mengalami sensasi kesemutan atau bahkan mati rasa yang jelas tidak terasa nyaman.

Share

Latest Articles

7 Penyebab dan Cara Mengatasi Anak Susah Makan

Kenali 10 Penyebab Sering Lupa yang Sering Dialami Generasi Muda

Kenali Ciri Ciri Depresi dari Aspek Psikologi dan Fisik

Begini Cara Cepat Hamil Setelah Menikah Bersama Pasangan

10 Rekomendasi Body Lotion untuk Bayi yang Aman dan Bebas Bahan Berbahaya untuk Bayi

Rekomendasi Vitamin untuk Ibu Hamil dan Pertumbuhan Janin

Article Category