Sport

Ketahui 6 Manfaat Rest Day Dalam Olahraga

Apa Itu Rest Day?

Rest day yang dimaksudkan disini bukanlah bagaimana kamu bisa bermalas-malasan atau hanya rebahan di atas kasur. Tetapi, rest day adalah suatu efek yang dibutuhkan tubuh selama melakukan rutinitas olahraga yang berat. Perlu diketahui bahwa otot kamu perlu istirahat dari bekerja keras untuk beristirahat, memulihkan diri dan membangun kembali. Gerakan ringan seperti berjalan, berenang atau bersepeda sebenarnya bermanfaat untuk membantu kamu pulih lebih cepat saat rest day.

 

Apa Saja Manfaat Rest Day?

1. Untuk perbaikan jaringan

Olahraga yang intens dapat membuat tubuh stres dan merusak jaringan otot. Rest day memberi jaringan otot waktu yang dibutuhkan untuk memperbaiki diri dan menjadi lebih kuat. Setidaknya sisakan 1 hari dalam seminggu untuk rest day atau lakukan aktivitas yang ringan saja selama rest day untuk memungkinkan otot meremajakan diri dan membangun kembali. Memaksa otot bekerja keras setiap hari justru akan meningkatkan risiko cedera.

2. Mencegah cedera

Mendorong tubuh bekerja terlalu keras dan terlalu sering dengan olahraga tanpa istirahat cenderung akan berakhir dengan cedera dan rasa sakit. Keletihan karena olahraga yang terlalu keras dapat menyebabkan patah tulang karena stres, cedera berlebihan, nyeri sendi, dan kelelahan emosional.

3. Menghemat massa tulang

Overtraining dapat menyebabkan penurunan kepadatan tulang. Olahraga yang sangat intens tanpa periode pemulihan yang memadai dapat menyebabkan peningkatan peradangan dan resorpsi tulang.

4. Memberi waktu istirahat untuk otak

Tubuh bukan satu-satunya yang perlu istirahat dari olahraga, pikiran atau otak juga akan mendapatkan manfaat dari rest day yang kamu lakukan. Olahraga meningkatkan hormon stres, yaitu kortisol.

Ketika kortisol tinggi, tubuh tidak dapat bekerja dengan efisien karena otak percaya bahwa kamu meletakkannya dalam lingkungan berbahaya. Kadar kortisol yang tinggi akan membuat tubuh berfokus pada menjaga keamanan, bukan membangun jaringan tanpa lemak.

5. Meningkatkan otot

Ketika jaringan otot memperbaiki diri selama kamu rest day, maka saat kamu kembali olahraga, tubuh akan menjadi lebih kuat dengan massa otot yang lebih banyak.

6. Menghindari kejenuhan

Rest day memungkinkan otak mengalami potensi monoton dari rutinitas olahraga harian.

rest day workout

Apa Saja Yang Sebaiknya Dilakukan Saat Rest Day?

1. Lakukan stretching

Saat berolahraga berat, beberapa otot akan berkontraksi dan bahkan masih tetap "aktif" meski beristirahat. Meski terlihat simpel, hal ini justru akan memperlambat recoverymu loh. Nah nggak ada salahnya untuk melakukan stretching buat merelaksasikan otot-ototmu ini. Salah satunya bisa dengan melakukan Yoga atau Pilates. 

2. Tidur yang cukup

Hal simpel lain yang bisa kamu lakukan adalah tidur ideal kurang lebih 7-9 jam. Ada banyak banget manfaat yang bisa kamu ambil dari tidur ideal ini loh. Yang perlu digaris bawahi adalah bukan berarti seharian kamu malas-malasan ya. Secukupnya saja. Kalau bisa tetap aktif bergerak seperti berjalan memutari komplek atau sekedar membantu orang tua bersihin rumah.

3. Berendam air dingin

Hal terakhir yang bisa kamu lakukan adalah berendam air dingin atau ice bath. Berendam dengan air dingin ini punya banyak banget manfaat yang bisa kamu dapatkan loh. Salah satunya adalah membuat tubuh cepat beregenerasi setelah melakukan olahraga. Hal ini dikarenakan suhu yang rendah membuat pembuluh darah kamu mengecil. Dampaknya, resiko akibat cedera dan pembengkakan pun berkurang.

4. Diet dan konsumsi banyak protein

Saat rest day, cobalah untuk mengonsumsi lebih sedikit kalori karena tubuh kamu tidak melakukan kegiatan yang cukup aktif dibanding saat berlatih, caranya adalah dengan mengonsumsi lebih banyak protein. Karena protein mampu meningkatkan rasa kenyang pada tubuh kamu. Selain itu, asupan protein yang cukup juga mampu mendukung pemulihan otot yang terjadi selama rest day. Berikut rekomendasi asupan protein yang tepat dan simple untuk kamu, yaitu:

Isopro23 100% Isolate Whey Protein

Air dengan kandungan protein yang pertama di Indonesia. Dapat dikonsumsi kapan saja, terutama 0 - 30 menit setelah berolahraga untuk mencapai tubuh ideal idaman secara lebih cepat.

Oleh karena itu, yuk mulai rest day-mu secara benar agar tubuhmu juga merasakan berbagai manfaatnya yang tak kalah dengan pentingnya saat olahraga. Oiya, jangan lupa untuk pantengin terus artikel lainnya yang ada di website Natural Farm (www.naturalfarm.id) dan follow Instagram Natural Farm (@naturalfarm.id) untuk tahu info menarik lainnya. Happy Healthy Habits!

 

Sumber:

https://hellosehat.com/kebugaran/olahraga-lainnya/istirahat-sehari-agar-otot-lebih-kuat/

https://www.sfidn.com/article/post/rest-day-dalam-rutinitas-latihan-manfaat-tips-dan-cara-melakukannya