Health

Sering Mengantuk Itu Tanda – Tanda Penyakit Apa Ya?

Merasa sering mengantuk walaupun sudah tidur 8 jam sehari bisa terjadi. Kondisi ini sering dihubungkan dengan gangguan kesehatan. Bagi Anda yang penasaran sering mengantuk ciri-ciri penyakit apa, pastikan baca dulu bahasannya pada artikel berikut ini!

Berbagai Faktor yang Dapat Menyebabkan Sering Mengantuk

Masalah mengantuk belum tentu ciri penyakit serius. Ada beberapa faktor yang normal menyebabkan sering ngantuk di pagi hari atau saat beraktivitas. Contoh faktor ini antara lain adalah:

  • Kurang minum atau makan.
  • Terlalu banyak makan atau minum.
  • Terlalu lama berolahraga.
  • Sering konsumsi alcohol.
  • Efek samping obat – obatan
  • Sering mengalami gangguan tidur.

Jika disebabkan faktor di atas, masalah ngantuk ini bisa hilang sendiri dan Anda tidak perlu khawatir selama menjalani gaya hidup sehat.

Sering Mengantuk yang Berkelanjutan Dapat Menjadi Tanda Penyakit

Walaupun rasa kantuk ini bisa hilang sendiri jika disebabkan faktor di atas, Anda tetap harus waspada. Pada beberapa kasus gangguan kesehatan yang lebih parah, ciri – cirinya adalah rasa sering ngantuk juga. Jika ingin tahu sering mengantuk ciri-ciri penyakit apa yang bisa parah, berikut adalah beberapa contohnya:

  • Chronic fatigue syndrome. Hal ini adalah gangguan kesehatan akibat kecapaian parah. Jika Anda tidak istirahat benar beberapa hari berturut – turut, masalah ngantuk dan lemas akan terus terjadi selama beberapa hari untuk recovery keseimbangan tubuh.
  • Narkolepsi. Masalah tubuh ini mengakibatkan Anda mudah tertidur tiba – tiba. Hal ini tergolong gangguan tidur parah karena bisa terjadi saat Anda berdiri biasa atau duduk bekerja. Setelah terbangun dari kondisi tidur seperti ini, tubuh akan terasa lemas dan rasa ngantuk akan terus muncul.
  • Tidur berjalan. Masalah tidur ini menyebabkan seseorang tidak sadar berjalan saat tidur. Karena mengeluarkan energy bergerak saat tidur, pada saat sadar, rasa lelah dan ngantuk akan masih terasa. Tubuh yang tidak istirahat saat masa tidur adalah penyebab utamanya.
  • Restless legs syndrome (RLS). Hal ini adalah masalah tidur yang menyebabkan seorang individu terus bergerak kakinya saat tidur. Karena banyak bergerak dan tidak tidur tenang, mereka akan terbangun dan masih merasa mengantuk di pagi hari.
  • Sleep apnea. Gangguan kejadian ini menghalangi seseorang bernafas normal saat tidur. Gangguan pernapasan ini menyebabkan tubuh tidak relaks dan akhirnya tetap mengantuk berat saat bangun.
  • Gangguan stress tinggi dan depresi. Seseorang yang mengalami stress berat dan depresi akan terganggu kondisi tubuhnya. Hal ini bisa berupa rasa lemas, rasa mengantuk terus menerus dan bahkan sampai sakit kepala.

Jika sering lemas dan mengantuk berkepanjangan, masalah serius seperti gangguan pada otak dan organ penghasil energy bisa saja terjadi. Karena itu, segera pergi ke dokter jika masalah ngantuk berlangsung terus menerus selama seminggu. 

Kesimpulan

Sekarang Anda sudah cukup tahu sering mengantuk ciri-ciri penyakit apa. Mengantuk yang hanya berlangsung pendek, bukan masalah. Namun pada beberapa kasus, rasa kantuk bisa berlangsung selama beberapa hari. Hanya pada situasi yang terus menerus inilah Anda perlu bantuan dokter. Jika hanya berlangsung sehari saja dan hilang di hari selanjutnya, Anda tidak perlu panik.