Health

7 Cara agar Tidak Ngantuk Saat Beraktivitas

By Erwin |

Rasa kantuk umumnya diakibatkan kekurangan tidur. Rasa kantuk dapat muncul kapan pun, termasuk saat belajar, bekerja, dan berkendara. Untuk menghindari kantuk, ternyata ada beberapa cara agar tidak ngantuk yang dapat dipraktikkan dengan mudah. 

Cara menghilangkan rasa kantuk yang paling utama adalah mencukupi waktu tidur dan membatasi kafein. Namun, selain itu, masih ada aneka cara lain untuk menghilangkan rasa kantuk saat beraktivitas.   

7 Cara agar Tidak Ngantuk yang Mudah Dipraktikkan

Mengantuk adalah hal yang wajar bagi setiap orang. Namun, akan menjadi kendala apabila seseorang sudah mencukupi waktu tidur, tetapi masih mengantuk. Jika hal itu terjadi, maka lakukan cara agar tidak ngantuk berikut ini:   

1. Berjemur

Sinar matahari pagi sangat baik untuk tubuh. Kebaikan manfaatnya ini tidak hanya untuk menyehatkan, tetapi juga bisa menghilangkan rasa kantuk. Selain itu, sinar matahari pagi mampu merangsang produksi vitamin D yang bisa menguatkan tulang. Tak hanya itu, sinar matahari juga dapat meningkatkan dan memperbaiki suasana hati agar tidak mudah mengantuk. 

2. Minum air putih

Kekurangan air putih atau dehidrasi bisa membuat tubuh mudah lelah dan mengantuk. Oleh sebab itu, solusi untuk masalah ini adalah banyak-banyak minum air putih. Sebab, tubuh yang penuh akan kadar air bisa terhindar dari rasa kantuk pada waktu yang tidak tepat (saat belajar, bekerja, dan lain-lain). 

3. Konsumsi makanan berprotein

Makanan yang mengandung protein sangat dibutuhkan tubuh sebagai asupan energi. Apabila tubuh kekurangan asupan protein, maka tubuh itu akan mudah lelah dan mengantuk. Oleh karenanya, disarankan untuk mengonsumsi makanan berprotein secara rutin agar bisa menghilangkan rasa kantuk yang ada.

4. Aktif bergerak

Kurang bergerak bisa menyebabkan tubuh mudah lelah dan mengantuk. Hal ini dikarenakan sirkulasi darah yang tidak berjalan lancar akibat kurang bergerak. Solusinya adalah dengan rajin bergerak, setidaknya berdiri atau berjalan. Dengan aktif bergerak, maka rasa kantuk pun dapat dicegah.

5. Meregangkan otot

Rasa kantuk juga bisa diatasi dengan cara meregangkan otot. Regangkan otot selama 5-10 menit agar terasa rileks. Jika otot sudah tidak kaku, maka rasa kantuk pun akan menghilang.

6. Hirup udara segar

Cara lain agar tidak ngantuk adalah dengan menghirup udara segar. Udara segar tidak hanya baik untuk pernapasan, tetapi juga baik untuk menyegarkan diri agar tidak mudah mengantuk. Jika hati dan pikiran sudah terasa segar, maka rasa mengantuk pun akan turut hilang. 

7. Cuci muka

Jika ingin menghilangkan rasa kantuk, maka cucilah muka dengan bersih. Dengan begitu, muka akan terasa lebih segar dan rasa kantuk pun menghilang. Sebab, basuhan air yang mengenai wajah akan terasa menyegarkan dan meningkatkan semangat.

Mengantuk memang adalah hal yang wajar, terlebih bagi orang yang kurang tidur atau sering begadang. Namun, jika sudah tidur cukup dan masih mengantuk, maka perlu diatasi. Silakan lakukan cara agar tidak ngantuk di atas agar tidur Anda bisa beristirahat dengan baik dan cukup.   

Share

Trending Article

Mengenai Nutrisi Whey Protein, Manfaat & Efek Samping untuk Kesehatan Tubuh

Mengenal Perbedaan Kasein dan Whey Protein untuk Kesehatan Otot

Apa Itu Bulking? Ini Definisi, Manfaat dan Cara Bulking yang Tepat

Apa Itu Cutting? Ini Penjelasan Pola Latihan Cutting dan Rekomendasi Suplemennya

Suplemen Pembentuk Otot: Jenis, Tips & Rekomendasi Suplemen Terbaik

Suplemen Gym: Jenis, Manfaat, & Rekomendasi Suplemen Terbaik

Article Category