Health

3 Cara Meluruskan Rambut secara Alami dan Aman

By Erwin |

Cara meluruskan rambut secara alami lebih banyak diminati masyarakat, karena dirasa lebih aman daripada menggunakan bahan-bahan kimia atau alat catok yang bersuhu tinggi, seperti rebonding atau smoothing.  

Rambut lurus merupakan dambaan banyak kaum perempuan. Sebab, rambut yang lurus akan lebih mudah diatur daripada tipe rambut yang bergelombang atau keriting. Jadi, masyarakat akan mencoba berbagai cara untuk mendapatkan rambut yang lurus, sehat, dan berkilau.

Cara Meluruskan Rambut secara Alami Antigagal

Berikut adalah cara meluruskan rambut secara alami dengan bahan-bahan yang mudah ditemukan: 

1. Meluruskan Rambut dengan Lidah Buaya

Lidah buaya atau aloe vera merupakan salah satu bahan alami yang dapat meluruskan rambut dengan aman. Selain itu, kandungan collagen dan antioksidan di lidah buaya juga dapat membantu menjaga kerusakan rambut dan memberikan kelembapan di kulit kepala. 

Untuk mendapatkan rambut yang lurus, buatlah masker rambut dari lidah buaya. Masker ini dapat dibuat dengan cara mencampurkan setengah cangkir minyak kelapa hangat dengan setengah cangkir gel lidah buaya. Sebagai tambahan, bisa juga mencampurkan beberapa tetes minyak esensial. Lalu aduk semua bahan hingga merata. 

Setelah membuatnya, aplikasikan masker aloe vera sebagai masker rambut dengan langkah berikut: 

  1. Oleskan masker secara merata di rambut dan pijat kulit kepala dengan lembut.
  2. Setelah masker telah menutupi rambut secara merata, diamkan masker selama 1 – 2 jam untuk mendapatkan hasil yang optimal.
  3. Selanjutnya, cuci rambut dengan shampoo dan conditioner
  4. Bilas menggunakan air hangat dan bersih. 
  5. Terakhir, keringkan rambut menggunakan handuk bersih dan kipas angin. Hindari menggunakan hair dryer karena dapat menghilangkan kelembapan kulit secara alami.

Penggunaan lidah buaya sebagai bahan untuk meluruskan rambut sangat direkomendasikan. Selain karena aman dan kandungannya yang bagus untuk rambut, bahannya juga mudah ditemukan.

2. Meluruskan Rambut dengan Susu Murni dan Madu

Susu dan madu memiliki kandungan protein tinggi yang dapat menambah kekuatan dan menghaluskan rambut. Susu dan madu adalah dua bahan yang bisa digabungkan dan digunakan untuk meluruskan rambut. Kandungan lemak yang tinggi pada susu dapat melembutkan rambut. Sementara madu mengandung glukosa dan fruktosa yang dapat menghidrasi rambut hingga akarnya.

Cara pemakaian susu murni dan madu untuk meluruskan rambut adalah dengan mencampurkan susu murni dan satu sendok madu, lalu aduk hingga merata. Kemudian, masukkan ke dalam botol semprot. Aplikasikan di rambut setelah keramas, diamkan sebentar hingga meresap, dan terakhir, bilas menggunakan air bersih.  

3. Meluruskan Rambut dengan Seledri  

Seledri memiliki kandungan yang sangat baik untuk kesehatan rambu, yakni: antioksidan, mineral, protein, dan poliasetinela. Kandungan-kandungan tersebut yang menjadikan seledri sebagai bahan yang dapat meluruskan rambut secara alami.  

Untuk menggunakan seledri sebagai bahan yang dapat meluruskan rambut, haluskan daun dan batang seledri secukupnya dan tambahkan minyak zaitun sesuai selera. Lalu aplikasikan di rambut saat keramas, diamkan selama kurang lebih 20-30 menit, dan bilas menggunakan air bersih.  

Demikianlah beberapa cara meluruskan rambut secara alami dan aman yang tentunya dapat dilakukan dengan mudah. Perlu diingat bahwa meluruskan rambut menggunakan bahan alami memerlukan usaha yang konsisten. Selamat mencoba! 

Share

Latest Articles

7 Penyebab dan Cara Mengatasi Anak Susah Makan

Kenali 10 Penyebab Sering Lupa yang Sering Dialami Generasi Muda

Kenali Ciri Ciri Depresi dari Aspek Psikologi dan Fisik

Begini Cara Cepat Hamil Setelah Menikah Bersama Pasangan

10 Rekomendasi Body Lotion untuk Bayi yang Aman dan Bebas Bahan Berbahaya untuk Bayi

Rekomendasi Vitamin untuk Ibu Hamil dan Pertumbuhan Janin

Article Category