Health

5 Buah yang Dilarang untuk Ibu Hamil

Saat hamil ada banyak hal yang perlu diperhatikan oleh ibu hamil, salah satunya adalah makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Orang normal biasanya akan makan-makanan yang mengandung gizi berimbang termasuk di dalamnya buah-buahan. Tapi tahukah Anda ketika sedang hamil ternyata ada beberapa buah yang dilarang untuk ibu hamil. 

Buah yang dapat dikonsumsi tentu akan membawa manfaat salah satunya sebagai sumber makanan, sumber nutrisi tertentu. Banyak sekali jenis-jenis buah yang kaya akan vitamin, namun pada saat kehamilan terdapat beberapa buah yang tidak disarankan untuk dikonsumsi. Dari pada Anda penasaran mari Kita simak buah apa saja yang dilarang untuk ibu hamil.

Buah-Buah yang dilarang

Meskipun selama kehamilan ibu dan janin membutuhkan banyak konsumsi buah dan sayur yang mengandung vitamin untuk tumbuh kembang janin ada buah yang sebaiknya dihindari seperti:

1. Nanas 

Mungkin sudah tidak asing lagi jika buah nanas yang segar ini dilarang dikonsumsi untuk ibu hamil. Kandungan bromelain pada nanas dapat memecah protein dan melunakkan leher rahim. Bahkan ditakutkan jika ibu hamil mengkonsumsi nanas dapat menyebabkan keguguran karena pemanasan pada tubuh oleh pendarahan rahim.

Karena rahim adalah jalannya keluar bayi, mungkin saja nanas yang melunakkan leher rahim bisa mengakibatkan persalinan dini atau keguguran.

2. Durian 

Durian dianggap sebagai buah panas meskipun terlihat enak buah ini harus dihindari ya.. oleh ibu hamil. Kandungan alkohol dan asam akan berbahaya untuk ibu hamil. Selain itu durian mengandung karbohidrat dan gula yang tinggi bisa jadi jika mengkonsumsinya janin akan kelebihan berat badan dan sulit proses persalinannya.

3. Nangka 

Selain warnanya yang menggoda dari baunya saja siapa sih yang tidak ingin makan buah Nangka. Namun, ibu hamil harus menghindarinya karena nanas mengandung senyawa yang dapat membuat perut Anda terasa panas. Terlebih lagi ibu hamil memiliki Riwayat maag atau diabetes sangat dilarang makan buah Nangka sebab seratnya yang tinggi dapat memacu organ lambung bekerja lebih berat dalam menghasilkan asam lambung untuk mencerna.

4. Persik 

Sama halnya dengan durian buah ini dianggap sebagai buah panas, jika dikonsumsi berlebih oleh ibu hamil bisa menyebabkan pendarahan sampai keguguran.

5. Buah yang dicuci tidak bersih

Buah-buah ini bisa saja tercemar di luar atau ditempeli parasit-parasit yang Kita sendiri tidak tahu bentuknya dan tidak melihatnya. Jika dikonsumsi secara sembarangan bisa berbahaya untuk tubuh. Maka dari itu cucilah buah dengan air mengalir dan gosok-gosok permukaannya sampai benar-benar bersih.

Kurang lebih itulah beberapa buah yang dilarang untuk ibu hamil, lebih baik mencegah daripada harus menanggung resiko kesehatan untuk ibu dan calon bayi. Konsumsi buah yang aman untuk pertumbuhan janin dan sesuai dengan takaran atau saran dokter.